Indonetwork, Tips dan TrikCara memperbaiki printer Bluetooth error dapat dilakukan secara mandiri dan mudah. Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah saja. Namun sebelum mengatasi printer bluetooth yang error maka ketahuilah terlebih dahulu beberapa jenis error yang sering dialami pengguna.

Ada kalanya printer error saat sedang digunakan. Hal ini tentunya dapat mengganggu pekerjaan kasir dan memperlambat pelayanan. Maka dari itu, untuk meminimalisir hal ini, Anda bisa membaca ulasan di bawah ini.

Jenis-jenis error pada printer Bluetooth

Beberapa pengguna sering kali mengalami beragam error di printer Bluetooth. Beberapa di antaranya yang sering ditemui adalah:

  • Kertas printer yang tidak keluar,
  • Kertas tidak mencetak data yang sesuai alias keluar kode-kode,
  • Printer Bluetooth tidak terbaca di HP,
  • Baterai printer rusak,
  • Printer Bluetooth failed,
  • Kertas macet, dan
  • Hingga printer mati total.

Cara memperbaiki printer Bluetooth error

Merek mini printer bluetooh terbaik
Sumber: Natipn’s Restaurant News

Dihimpun dari berbagai sumber, terdapat beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan secara mandiri untuk mengatasi printer Bluetooth yang error.

1. Printer Bluetooth Failed

Printer Bluetooth dengan keterangan failed umumnya disebabkan karena sambungan atau koneksi yang terputus. Langkah sederhana yang bisa dilakukan adalah memutuskan sambungan Bluetooth HP Anda terlebih dahulu.

Setelah koneksi terputus silakan mencoba untuk melakukan restart ponsel Anda. Usai merestart, sambungkan kembali koneksi printer Bluetooth dan coba lakukan print kembali. Apabila masih failed, cobalah untuk uninstal aplikasi printer Bluetoth atau memperbaruinya.

2. UniNstaLL aplikasi printer Bluetooth

Seperti yang disinggung sebelumnya, bahwa error printer yang terjadi bisa jadi dikarenakan aplikasi printer Bluetooth yang mengalami bug. Untuk mengatasinya Anda dapat melakukan uninstal aplikasi dan mengunduhnya kembali di toko aplikasi, seperti Play Store.

3. Memperbarui aplikasi

Sama seperti poin sebelumnya. Printer Bluetooth yang error bisa jadi dikarenakan aplikasi yang bug atau error. Untuk mengatasinya cukup mudah Anda perlu memperbarui aplikasi atau software printer Bluetooth tersebut di toko aplikasi, Play Store atau App Store.

Baca Juga: 6 Merek Mini Printer Bluetooth Terbaik untuk Usaha

4. Mengotak-atik tombol power printer

Salah satu bentuk error printer Bluetooth adalah kertas print atau struk yang mengeluarkan tulisan aneka kode angka acak. Struk printer tidak mengeluarkan hasil data yang tercetak seperti semestinya. Dilansir dari channel YouTube Kassen Indonesia, cara ini dapat diatasi secara mandiri dengan mengotak-atik tombol power.

Pertama dengan matikan printer dengan menekan tombol powernya, selanjutnya tekan tombol fit dan power bersamaan. Hingga muncul kedip merah satu kali. Selanjutnya lepaskan tombol fitnya. Printer kemudian akan melakukan print tes. Selanjutnya lakukan dari aplikasi Anda. Printer akan mencetak struk secara normal lagi.

5. Printer Bluetooth tiba-tiba berbunyi beep

Biasanya error jenis ini juga disertai dengan notifikasi lampu merah yang menyala. Padahal jika dilihat sekilas printer normal. Dari segi konektivitas, aplikasi, dan lainnya. Hal ini bisa jadi dikarenakan posisi kertas printer yang tak stabil atau posisinya yang tidak pas. Maka dari itu cobalah mengatur posisi kertas printer sebaik mungkin agar tidak muncul lagi notifikasi merah dan suara beep.

6. Cek kertas roll printer

Beberapa kasus terjadi adalah printer tidak keluar tulisan. Untuk mengatasinya Anda dapat melakukan beberapa cara. Misalnya mengecek kertas roll. Apakah sudah terpsang dengan baik dan tidak terbalik. Beberapa pengguna terkadang terbalik memasang kertas roll printer.

Kedua, cek kabel port printer. Pastikan port sudah terpasang dengan baik. Selain itu Anda juga dapat membersihkan cadrige printer jika kotor.

7. Mengunjungi service center

Apabila masih terjadi beragam error yang tak bisa diatasi secara mandiri maka Anda dapat mengunjungi service center resmi brand printer Bluetooth Anda.

Tips memilih printer bluetooth terbaik

cara Memperbaiki Printer Bluetooth Error
Sumber: Pexels.com

Agar menghindari printer Bluetooth yang error maka Anda dapat memilih printer Bluetooth terbaik dan memperhatikan beberapa tips berikut ini.

1. Pilih kualitas terbaik

Anda bisa memperhatikan beragam kualitas printer Bluetooth terbaik. Cek spesifikasi lengkapnya. Bila perlu tanyakan garansi dan service center printer Bluetooth Anda. Hal ini menghindari beberapa hal yang tidak diinginkan seperti bentuk-bentuk error di atas.

Baca Juga: 6 Merek Mini Printer Bluetooth Terbaik untuk Usaha

2. Pilih jenis printer sesuai kebutuhan

Pilihlah jenis printer sesuai kebutuhan bisnis Anda. Memilih printer sesuai kebutuhan bisnis akan membuahkan jenis printer yang tepat dan berkualitas sesuai dengan jenis usaha yang dimiliki.

3. Harga

Banyak berbagai printer Bluetooth yang menawarkan harga terjangkau, Sebaiknya Anda tetap mempertimbangkan hal ini. Harga akan menentukan kualitas printer yang dibutuhkan. Maka dari itu Anda harus melakukan riset produk terlebih dahulu.

4. Toko terpercaya

Pilihlah toko terpercaya. Jika memungkinkan cobalah untuk membeli produk di situs resmi brand printer Bluetooth Anda. Maka dari itu cobalah meriset produk sebaik mungkin.

5. Cek review produk di berbagai media sosial

Agar lebih terpercaya Anda dapat mengecek beragam review produk printer Bluetooth yang ingin dibeli. Melalui cara ini pengguna bisa mengetahui kelebihan, kekurangan, serta cara menggunakan printer. Hal ini yang bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum membeli printer Bluetooth.

Rekomendasi printer Bluetooh untuk usaha

Terdapat beberapa rekomendasi aneka printer Bluetooth yang bisa Anda pertimbangkan untuk kelancaran usaha Anda. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. DeFelsko Printer Bluetooth

DeFelsko Printer Bluetooth
SumberL DeFelsko

DeFelsko memiliki spesifikasi ukuran 1,75 x 3,25 x 4,375 (4,5 cm x 8 cm x 11 cm). Isi ulang baterai Lithium Ion dengan adaptor AC universal. Berteknologi nirkabel Bluetooth dengan kecepatan cetak 6mm/s.

2. Mobile Printer Bluetooth HP M200

Mobile Printer Thermal Codesoft HPM 200
Sumber: Google

Memiliki ukuran dimensi 103 x 75 x 46 mm dengan kapasitas baterai 1500 mAH, 7.4V rechargeable li-ion battery, fast charging. Daya tahan hingga lima jam. Kecepatan cetak struk 80mm/s.

3. Seuic Portable Printer MP2

Seuic Portable Printer MP2
Sumber: Google

Dilengkapi dengan kapasitas baterai hingga 2.600 mAH. Memiliki ukuran dimensi 127 x 108 x 65 mm. Diameter kertas 50 mm. Printing speed 50mm/s. Berat 410g. Anti-water IP54.


Nah itulah beberapa informasi seputar cara memperbaiki printer bluetooth yang error yang bisa Anda coba. Tertarik mengulik lebih lanjut perangkat pendukung bisnis ini? Anda dapat menelusurinya di sini.

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks