Indonetwork, ElektronikBukti pembayaran merupakan bagian penting dari sebuah bisnis. Setiap transaksi yang berlangsung mulai dari item produk hingga detail harga hingga diskon akan tercatat di struk pembayaran. Maka dari itu setiap pelaku bisnis mengupayakan untuk memiliki printer bisnis. Salah satunya yang diperhatikan adalah memilih merek mini printer Bluetooth terbaik.

Mini printer Bluetooth terbaik tentu menjadi salah satu prioritas utama pelaku usaha kecil hingga menengah. Pasalnya bentuknya yang kecil dan praktis menjadi salah satu pertimbangan utama. Salah satu kelebihan menggunakan printer mini adalah ringan dan mudah dipindahkan ke mana-mana.

Untuk memudahkan Anda mendapatkan merek mini printer Bluetooth terbaik dan berkualitas, berikut ini beberapa rekomendasi produk printer mini yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Baca Juga: 5 Merk Printer Bluetooth Terbaik untuk UMKM

Rekomendasi Merek Printer Bluetooth Terbaik

Berikut ini daftar enam printer mini untuk kebutuhan mencetak bukti pembayaran dalam bisnis Anda

1. EPOS MP-7650 Mini Printer Dot Matrix

EPOS MP-7650 Mini Printer Dot Matrix
Sumber: newtech-pos.com

Mini printer ini dibekali dengan spesifikasi kecepatan cetak 4.5 baris per detik, printer buffer 4 KB, dan keunggulan Low Noise Printing. Mendukung sistem operasi win 2000/ XP/ Vista/ win 7. Serta dapat digunakan dengan kertas HVS paper rol dengan diameter 80 mm.

2. MATRIX POINT TM-P58ii MINI PRINTER KASIR THERMAL

PC-KASIR MINI PRINTER MATRIX POINT T-MP58II
Sumber: Google

Matrix Point dibekali dengan metode cetak Direct Thermal Printing dan memiliki lebar cetakan maksimal 48 mm. Dari segi kecepatan mini printer ini memiliki spesifikasi 90 mm/ss. Data buffer 4 KB (45 bytes). Lebar kertas 58 mm dan mendukung sistem operasi Support Windows XP/Win 7/ Win 8/LINUX.

3. Mini Printer Epson TM-U220

Printer Kasir Epson TM-U220B
Sumber: Google

Printer mini Epson U220 memiliki dimensi 16 x 28.6 × 15.75 cm. Kecepatan mencetak 4.6lps. Resolusi 4800×1200 dpi, 4.70 lps, 4 katrid. Sisi konektivitas yaitu USB 2.0, tidak bisa Wi-Fi dan wireless, serta mengonsumsi daya 31 watt, 2 watt, 0.10 watt.

4. Thermal MINIPOS MP-RP80

POS | Printer Struk | Printer Kasir | Thermal MINIPOS MP-RP80
Sumber: Google

Thermal Minipos MP-RP80 memliki kecepatan 250 mm/detik dan dilengkapi dengan Interface RJ-11 untuk cash drawer. Printer Buffer 4 KB. Bisa digunakan denga jenis kerta Thermal paper rol dengan diameter 80. Dari segi sistem operasi mendukung sistem operasi win 2000/ XP/ Vista/ win 7. Merek mini printer ini memiliki dimensi 145w x 195d x 148h mm.

5. MINI-POS MP-RP58 Direct Thermal Printer POS USB/ Paralel/ LAN Port

MINI-POS MP-RP58 Direct Thermal Printer POS USB/ Paralel/ LAN Port
Sumber: Google

Printer mini ini menggunakan jenis direct thermal printer POS MP-80 dengan kecepatan tinggi 250mm/s. Dibekali dengan Interface RJ-11 untuk cash drawer. Bisa menggunakan jenis kertas Thermal paper rol dengan diameter max. 80mm. Printer Buffer 4 KB dan mendukung sistem operasi win 2000/ XP/ Vista/ win 7 serta menggunakan adaptor jenis DC 24V-2A.

6. Dot Matric MINIPOS MP-GP7645

POS | Printer Struk | Printer Kasir | Dot Matric MINIPOS MP-GP7645
Sumber: Google

Dot Matric Minipos memiliki metode cetak Impact DOT Matrix 9 pin dengan kecepatan 4.5 baris per derik. Dapat menggunakan kertas HVS paper rol dnegan diameter 80 mm. Dibekali dengan teknologi Low Noise dan mendukung sistem operasi win 2000/ XP/ Vista/ win 7. Dari segi dimensi yaitu: 140w x 225d x 135h mm. Serta menggunakan Adaptor DC 12-24V, 2A.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Printer Thermal Bluetooth Terbaik

Tips memilih Merek mini printer Bluetooth terbaik

Selain mempertimbangkan merek dan harga terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli printer mini.

1. Jenis printer dan tujuan kegunaan

Kenali jenis printer mini Bluetooth dan tujuan penggunaannya. Apabila tujuan Anda untuk mencetak bukti pembayaran maka cukup memilih jenis printer dengan metode direct thermal printer seperti rekomendasi di atas. Hal tersebut karena jenis printer ini lebih praktis portabel serta lebih efisien digunakan dengan beragam kategori bisnis.

2. Memperhatikan spesifikasi dengan detail

Sebelum membeli printer mini Bluetooh cobalah mempertimbangkan spesifikasi detailnya. Mulai dari kecepatan mencetak, jenis kertas yang digunakan, kapasitas baterai, dan lain sebagainya. Jika perlu tanyakan secara mendalam spesifikasi lengkap printer kepada penjual agar lebih mengerti. Tanyakan juga garansi dan service center yang dimiliki.

3. Resolusi cetak

Pilihlah printer mini Bluetooth dengan resolusi cetak yang terbaik. Hal ini memungkinkan agar bukti pembayaran yang dicetak akan terbaca dengan jelas oleh pelanggan.

Alasan menggunakan merek mini printer Bluetooth terbaik

Bukti pembayaran atau struk pembayaran merupakan bagian penting dari sebuah pelayanan. Maka dari itu memiliki printer untuk mencetak transaksi sangat penting. Berikut ini alasan mengapa bisnis Anda membutuhkan mini printer Bluetooth.

1. Menambah kepercayaan customer

Adanya bukti pembayaran dalam bukti transkasi menambah kepercayaan pelanggan. Hal ini dibuktikan dengan rincian item produk dan harga yang tertera jelas di secarik struk kertas tersebut. Pelanggan dapat melakukan pengecekan kembali item apa saja yang telah dibeli. Bahkan nominal diskon umumnya otomatis tercatat dalam struk.

2. Bukti memberikan pelayanan prima

Dalam bukti pembayaran umumnya akan dibekali dengan beragam informasi produk hingga identitas toko, seperti nomor telepon, situs resminya, hingga media sosial. Beberapa kontak tersebut dapat digunakan sebagai feedback pelanggan kepada bisnis Anda. Mulai dari review, komplain produk, dan lain sebagainya.

3. Praktis dan efisien

Menggunakan merek mini printer Bluetooth sangat disarankan bagi Anda yang baru saja merintis usaha. Tak hanya harganya yang terjangkau dibanding mesin kasir umumnya, mini printer memiliki dimensi dan berat yang ringan. Sehingga sangat praktis dan mudah dibawa kemana-mana apabila jenis bisnis Anda cukup dinamis dari segi lokasi.

Baca Juga: Cara Manfaatkan Teknologi Untuk Meningkatkan Bisnis UMKM

Nah itulah beberapa rekomendasi merek printer mini Bluetooth terbaik yang bisa Anda pilih. Tertarik mengulik lebih lanjut perangkat pendukung bisnis ini? Anda dapat menelusurinya di sini.

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks