Indonetwork, Elektronik Banyak bisnis maupun instansi pemerintah atau swasta yang menggunakan printer laser karena printer laser memiliki keunggulan hasil cetak yang lebih cepat dan jarang rusak. Namun tidak menutup kemungkinan printer laser juga bisa rusak karena kesalahan pengguna atau voltase yang tidak stabil. Belum lagi kerusakan elemen lain seperti dapat terjadi pada heater, roller, fusing unit, dan sensor.

Tentunya masalah-masalah tersebut dapat diatasi dengan cara memperbaiki printer HP Laserjet 1020 yang akan diterangkan di bawah ini. Anda dapat mencoba menggunakan langkah-langkah ini agar proses pencetakan lebih cocok untuk printer.

Anda masih bisa memperbaikinya sendiri jika kerusakannya tidak terlalu parah sehingga tidak perlu mengganti dengan yang baru. Dengan cara ini, Anda dapat menghemat anggaran untuk memperbaiki kerusakan atau kesalahan dalam proses pencetakan saat digunakan nanti. Berikut adalah informasi lengkapnya.

Cara Memperbaiki Printer HP Laserjet 1020

Langkah pertama cara memperbaiki printer HP Laserjet 1020 yang tidak bisa mencetak atau printing disebabkan ada masalah di bagian cartridge, toner, heating, roller, dan konektornya yaitu dengan membuka printernya dan periksa kerusakan yang mungkin terjadi disebabkan seperti asumsi kerusakan di atas. Pada printer laserjet 1020 tidak terlalu banyak baut yang harus dibuka sehingga cukup mudah untuk membukanya.

Printer HP Laserjet 1020
Sumber: Pinterest.com

1. Masalah pada Cartridge

Saat cartridge toner HP Laserjet 1020 tidak dapat dibaca di bagian memori printer, hal ini tentunya akan mempersulit proses pencetakan. Untuk mengatasi masalah ini, matikan printer kemudian hidupkan kembali. Jika situasinya tidak membaik, Anda dapat mencoba melepas dan memasang kembali cartridge, atau menggantinya dengan yang baru jika perlu.

2. Toner yang habis

Ada dua kemungkinan untuk masalah ini, bisa jadi toner sudah habis atau ada sisa namun tidak diterapkan secara optimal dan merata. Pemeriksaan rutin tentu saja menjadi salah satu cara untuk mencegah hal tersebut.

Langkah yang perlu Anda lakukan adalah melepas toner katrid dan mengocoknya perlahan. Hal ini mendistribusikan toner yang tersisa secara lebih merata. Namun jika habis, tambahkan toner sesaat sebelum mengering.

3. Kelebihan beban pada printer

Overflow printer terjadi ketika proses pencetakan melebihi memori printer. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan penggunaan memori sebelum mencetak agar pencetakan lebih lancar saat menggunakan HP Laserjet 1020 ini.

Kurangi ukuran dan kapasitas pekerjaan dalam proses pencetakan. Anda dapat melakukan ini dengan mematikan opsi batch pada driver printer. Oleh karena itu, lakukan pencetakan secara rutin sesuai kapasitas masing-masing printer agar lebih aman tentunya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Printer Epson Habis Tinta Tanpa Ribet

4. Konektivitas

Masalah printer dengan perangkat Anda juga dapat disebabkan oleh koneksi USB yang rusak. Pastikan koneksi terpasang dengan benar agar koneksi keduanya berjalan dengan baik dan optimal saat dibutuhkan. Periksa juga bagian manajemen perangkat untuk memastikan USB dikenali dengan benar.

Tentu saja, karena kesalahan pencetakan ini, komputer atau laptop Anda mungkin terpengaruh saat digunakan dalam proses pencetakan. Jadi jangan abaikan dia.

5. Bagian Pemanas (Heater)

Heating yaitu batangan untuk menempatkan “heating element” yang berisi Resistor pengatur panas pada heater. Jika R nya rusak atau putus, maka printer tidak bisa melakukan warming up pada saat printer dinyalakan. Heating Element berupa keramik tipis panjang untuk mengalirkan panas yang digunakan untuk menempelkan serbuk toner pada kertas.

Jika heating element ini rusak, serbuk toner tidak mau lengket pada kertas. Film atau fuser film yaitu lapisan teflon yang melapisi heating. Jika film ini rusak biasanya kertas tidak akan ditarik keluar jika keluar juga biasanya hasil cetakan tidak normal atau bahkan berkerut.

Lower pressure untuk laser 1000s warna hitam dan untuk 1010s warna merah. Roll bantalan dari spon berlapiskan plastik tahan panas. Jika bagian tersebut rusak biasanya kertas tidak akan keluar, setengah jalan kertas berhenti dan printer tidak akan bisa mencetak lagi seperti paper jam.

LANGKAH LANGKAH CLEANING PRINTER HP LASERJET 1020

Berikut adalah langkah mudah dalam melakukan proses cleaning pada printer hp laserjet 1020.

1. Membersihkan Roller

Cabut koneksi apabila masih tersambung dengan komputer. Pastikan juga kabel daya atau adaptor printer tidak terhubung dengan sumber listrik. Menyiapkan kain halus kemudian gunakan kain halus yang dicelupkan ke dalam alkohol untuk membersihkan roll printer.

2. Head Clean

Head clean bertujuan untuk mengecek dan memperbaiki hasil cetakan yang tidak rata. Untuk memulai langkah ini, awali dengan menyambungkan printer pada sumber listrik dan sambungkan pada perangkat printer. Kemudian setelah membuka menu printer pilih pada menu properties lalu pilih “device menu”. Langkah selanjutnya adalah pilih “cleaning page” dan klik menu “start” kemudian tunggu.

Baca Juga: Printer Epson Lampu Tinta Kertas Berkedip

3. Membersihkan Cartridge

Cartridge printer laserjet berada di bagian dalam printer sehingga harus berhati-hati dalam melepas catridgenya. Cartridge printer laserjet tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung sehingga harus berhati hati ketika telah berhasil melepas cartridge printer. Bersihkan cartridge menggunakan kain kering. Dilarang membersihkan menggunakan alkohol atau cairan apapun. Setelah bersih, pasang kembali cartridge ke dalam printer.


Itulah cara memperbaiki printer HP Laserjet 1020 yang bisa Anda terapkan di rumah atau tempat Anda bekerja. Semoga bermanfaat. Temukan printer HP laserjet 1020 atau perlengkapan kantor lainnya hanya di Indonetwork.

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks