Indonetwork, ElektronikPrinter yang sudah lama tidak terpakai dalam jangka waktu yang cukup lama dapat menyebabkan tinta mengering dan akhirnya tinta tidak dapat keluar untuk mencetak dokumen. Terdapat beberapa cara mengatasi printer Epson L3110 tidak keluar tinta yang bisa dilakukan.

Anda bisa mencoba secara berurutan cara-cara dalam artikel ini untuk mengetahui seberapa parah penyumbatan dalam kepala tinta. Penyumbatan tersebut bisa terjadi pada bagian kepala cetak kartrid atau pada titik di mana kartrid terhubung ke tabung tinta printer. Biasanya, penyumbatan ini disebabkan karena ada tinta yang mengering dalam printer, sehingga tinta tidak keluar ketika Anda melakukan print.

Oleh karena itu, Anda perlu melakukan beberapa cara untuk menghilangkan penyumbatan tersebut agar bisa kembali menggunakan printer yang Anda miliki.

Tips Menyimpan Printer yang Benar

Tips Menyimpan Printer yang Benar
Sumber: Unsplash

Penyebab paling umum tinta tidak keluar ketika mencetak sebuah dokumen adalah penggunaan printer yang jarang, sehingga tinta menjadi kering dan printer tidak disimpan dengan benar. Berikut beberapa tips menyimpan printer yang bisa Anda jadikan sebagai panduan.

1. Simpan Printer di Tempat yang Sejuk dan Kering

Simpan printer di tempat yang sejuk dan kering, karena suhu dan kelembaban yang ekstrim dapat merusak komponen printer yang halus. Selain itu, penyimpanan yang tidak layak juga membuat debu menempel serta menyebabkan masalah pada kualitas pencetakan.

2. Bersihkan Kepala Cetak Secara Teratur

Seiring waktu, kepala cetak atau print head dapat tersumbat oleh tinta dan kotoran. Hal ini menyebabkan hasil cetak menjadi buram dan warna hilang. Oleh karena itu, Anda perlu membersihkan kepala cetak secara teratur untuk mendapatkan kualitas cetak yang bagus.

Baca juga: Cara Mengatasi Printer Canon IP2770 Tinta Hitam Tidak Keluar

3. Ganti Kartrid Tinta Jika Habis

Segera ganti katrid tinta jika Anda kehabisan tinta. Kartrid tinta yang tidak diganti dapat menurunkan kualitas cetak dan merusak printer. Oleh karena itu, segera ganti kartrid ketika tinta sudah menunjukkan tanda-tanda habis.

4. Matikan Printer dengan Benar

Jika printer tidak digunakan, pastikan Anda mematikannya dengan benar untuk memperpanjang masa pakai printer.
Ketika printer dimatikan dengan benar, printer akan berada dalam mode siaga daya rendah. Hal ini dapat mengurangi keausan pada komponen internal dan menantu menghemat energi.

5. Jauhkan Debu dan Kotoran dari Ventilasi dan Kipas Printer

Debu yang menumpuk di dalam printer, menyebabkan printer cepat menjadi panas. Selain itu, debu juga menghalangi aliran udara melalui ventilasi, sehingga menurunkan kualitas cetak.

Bersihkan printer secara teratur dengan kain lembut dan sedot area di sekitar printer untuk menghilangkan debu yang menempel.

Baca juga: Cara Mengatasi Printer Epson Habis Tinta Tanpa Ribet

Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Tidak Keluar Tinta

cara mengatasi printer epson l3110 tidak keluar tinta
Sumber: Pinterest

Berikut cara mengatasi printer Epson L3110 tidak keluar tinta.

1. Menggunakan Program Pembersihan Mandiri

Setiap printer memiliki kemampuan untuk membersihkan printer head dengan cara menyiram tinta melalui sistem. Ini dilakukan melalui perangkat lunak printer yang ada dalam komputer atau yang terdapat dalam printer.

Caranya adalah dengan membuka printer setting – maintenance – head cleaning.

Dengan menggunakan program pembersihan mandiri yang dilakukan oleh perangkat lunak, bisa memperbaiki semua permasalahan yang berhubungan dengan tinta, bahkan yang paling parah sekali pun.

Apabila pembersihan sekali masih belum mengatasi permasalahan tinta tidak keluar, Anda bisa melakukannya 2 kali. Akan tetapi jika masih tidak keluar juga, jalankan utilitas penyelarasan.

2. Pembersihan Manual

Pembersihan manual dilakukan dengan menyeka kepala kartrid dengan handuk yang sudah dibasahi sampai kepala kartrid mencair. Berikut langkah-langkah yang bisa diikuti.

  1. Keluarkan kartrid tinta dari tangki printer,
  2. Rendam handuk kertas atau kapas dalam air panas atau alcohol isopropyl,
  3. Pada katrid dengan print head built-in, seka print head sampai handuk atau swab mengering atau sampai penyumbatan dalam kepala tinta menghilang. Pada printer yang menghubungkan kartrid ke tabung tinta internal, bersihkan titik sambungan pada kartrid dan sisi printer,
  4. Biarkan semua badan kartrid mengering sebelum Anda memasukkan kembali kartrid pada tangki.

3. Merendam Kepala Cartridge

Apabila kepala kartrid memiliki penyumbatan yang membandel, Anda bisa melakukan perendaman.

  1. Rendam kepala kartrid dalam mangkuk berisi air hangat,
  2. Pastikan bahwa kepala kartrid menghadap ke bawah, sehingga kepala kartrid benar-benar terendam,
  3. Tunggu beberapa menit dan lihat apakah tinta mengalir ke dalam air atau tidak,
  4. Apabila tinta sudah mengalir ke dalam air, angkat kartrid dan seka kepala serta badan kartrid dari air dan tinta yang keluar,
  5. Cobalah untuk menggunakannya pada printer,
  6. Jika tinta masih tidak bisa keluar, gunakan cotton bud yang sudah dibasahi dengan air hangat,
  7. Gosokkan dengan lembut cotton bud di sepanjang print head untuk membantu membuka nozzle yang tersumbat.

4. Mengganti Kartrid

Jika ketiga cara di atas tidak ada yang berhasil, Anda bisa mengganti kartrid untuk menyelesaikan masalah tinta yang tidak keluar. Dengan mengganti kartrid, Anda sudah tidak memiliki masalah dengan penyumbatan atau tinta kering.

Apabila mengganti kartrid tidak dapat mengatasi masalah Anda, segera hubungi produsen printer untuk mendapatkan layanan perbaikan.

Baca juga: Printer Epson Lampu Tinta Kertas Berkedip

Anda bisa mendapatkan printer Epson dengan kualitas dan harga terbaik di PT. Visindo Global Teknologi. PT. Visindo Global Teknologi adalah reseller untuk printer dan aksesorisnya. Mereka menyediakan berbagai macam merek. Mulai dari Epson, HP, Canon, Fujixerox, Samsung, Brother, Fujitsu, Panasonic, dan Hitachi. Segera kunjungi website yang tersedia untuk mendapatkan penawaran hari ini!

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks