Indonetwork, Mesin Alat Berat – AVR merupakan komponen dalam sebuah genset yang fungsinya untuk mengatur tegangan yang keluar atau output. Oleh sebab itu Anda harus tahu cara mengetahui AVR genset rusak atau tidak.

AVR ini harus tetap stabil sesuai dengan listrik yang diperlukan setiap hari, apalagi situasinya benar-benar darurat. Jika tegangannya tidak seimbang, maka akan ada pengaruh pada alat elektronik yang digunakan. Dan peralatan elektronik tersebut akan sangat mudah mengalami kerusakan.

Penyebab AVR Genset Rusak

AVR Genset
Sumber: hartech.co.id

Ada berbagai faktor yang menyebabkan AVR genset mengalami kerusakan. Bisa saja kerusakan tersebut disebabkan oleh lonjakan daya yang sangat besar yang terjadi secara tiba-tiba. Hal ini terjadi karena adanya daya kejut yang sangat besar.

Komponen AVR tidak dapat menstabilkan secara tiba-tiba dan butuh waktu yang lebih lama untuk menstabilkannya. AVR genset yang mengalami kerusakan fatal akan menyebabkan arus pendek.

Kejadian tersebut bisa terjadi disebabkan oleh instalasi arus listrik yang tidak mempunyai ketahanan isolasi yang bagus. Selain itu kondisi di dalamnya juga kurang bagus.

Selain faktor di atas, masih ada lagi beberapa faktor lain yang menyebabkan AVR Genset mengalami kerusakan.

Baca Juga: Rekomendasi Genset Terbaik untuk Industri

Cara Mengetahui AVR Genset Rusak

Dari penjelasan di atas Anda sudah tahu sekilas tentang penyebab genset mengalami kerusakan. Selanjutnya Anda bisa tahu cara mengetahui AVR genset rusak atau tidak. Simak ulasan kami berikut ini.

1. Memakai Multitester

Multitester

Multitester adalah alat bantu yang bisa kamu pakai untuk mengetahui apakah AVR Genset rusak atau tidak. Cara mengatasinya yaitu dengan mengatur hambatannya.

Anda bisa cek seluruh jalur kabel yang ada di bagian AVR. Bila ada kabel yang terputus, maka AVR sudah pasti bermasalah.

2. Tegangan Mesin Genset Tidak Keluar

Cara lain yang dapat Anda terapkan untuk mengetahui apakah AVR genset rusak atau tidak yaitu dengan mengetahui tegangannya. Cek apakah tegangannya keluar atau tidak.

Tapi perlu diperhatikan bahwa tegangan yang tidak keluar bukan berarti AVR mengalami kerusakan. Faktor yang menyebabkan tegangan yang tidak muncul itu dipengaruhi oleh berbagai faktor, bukan hanya AVR saja. Bisa saja disebabkan oleh sinyal, switch, atau bisa juga oleh breaker yang terbakar.

AVR genset mempunyai sekring atau fuse di dalamnya. Putusnya bagian ini akan membuat tegangan tidak keluar. Hal itu karena kelebihan beban yang disebabkan oleh generator itu sendiri.

Akibatnya akan menimbulkan arus pendek pada peralatan elektronik yang tersambung dengan genset. Untuk mengetahuinya, cek apakah timbul percikan api atau tidak dalam gulungan gensetnya.

Jika ada percikan api, segera bawa ke bengkel untuk diperbaiki. Karena kebakaran pada genset juga bisa dipengaruhi oleh faktor ini.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa memakai kuas yang bersih dan baru. Bersihkan area carbon brush dan menggantinya jika dirasa sudah cukup halus. Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian kawat dengan cutter hingga terlihat mengkilap dan bersih.

Baca juga: 7 Tips Memilih Genset Bekas Namun Berkualitas di Jakarta

3. Melihat Bentuk Fisiknya

Cara yang terakhir yaitu dengan melihat bentuk fisiknya. Karena efek dari kebakaran yang terjadi pada AVR bisa dilihat dengan jelas. Anda akan melihat beberapa bagian yang pecah dan meleleh karena terbakar.

Jika hal ini terjadi, maka AVR Anda situasinya sedang tidak baik-baik saja dan harus ditangani secara serius.

Cara di atas perlu Anda ketahui apalagi jika ingin membeli genset bekas. Anda harus membeli genset bekas bagus meskipun dengan harga yang relatif murah. Apalagi sekarang telah banyak perusahaan yang jual genset bekas Jakarta dengan harga murah.

Itulah beberapa cara mengetahui AVR genset rusak atau tidak. Cara ini perlu ketahui karena bisa saja komponen AVR ini mengalami kerusakan secara tiba-tiba. Anda harus tahu cara mengetahuinya, apalagi jika sedang digunakan dalam keadaan penting.

Editor: Muhammad Arsyah Al Bassam

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks