Indonetwork, Perlengkapan Kantor – Printer merupakan mesin atau perangkat eksternal komputer yang dapat mencetak atau menampilkan data output dalam bentuk cetakan entah data yang dihasilkan dapat berupa tulisan, gambar, grafik, kolom database dan lain sebagainya.

Pada mesin printer biasanya Anda akan mendapati beberapa komponen utama yang penting pada printer. Seperti cartridge yang merupakan komponen printer yang berguna sebagai tempat menyimpan dan mengatur keluarnya tinta ketika hendak diproses pencetakkan. Serta juga terdapat carriage unit atau tempat atau rumah cartridge.

Anda juga akan menemui komponen printer yaitu head yang menjadi tempat keluarnya tinta atau toner. Dan pada kesempatan kali ini,  kami akan membahas mengenai cara mengisi tinta printer Epson L3210 yang dapat menjadi referensi Anda nanti karena salah satu mesin printer yang hemat tinta, lho!

Fitur dan Keunggulan Printer Epson L3210

cara mengisi tinta printer epson l3210
Sumber: Freepik

Tapi, pertama-tama mari berkenalan terlebih dulu dengan berbagai fitur dan keunggulan yang ada pada printer Epson L3210, di antaranya:

Body Printer yang Kompak

Printer ini begitu cocok untuk ditempatkan di kantor atau rumah Anda karena memiliki design kompak, menawan, dan warna yang gelap (hitam). Dengan ukuran 375 x 347 x 179 mm dan berat 3,7 kg yang begitu minimalis dan fleksibel sehingga tidak terlalu banyak memakan tempat atau ruang penyimpanan dan dapat ditempatkan pada meja bekerja Anda.

Support Sistem Operasi dan Ukuran Kertas

Printer jenis ini juga telah didukung OS Windows XP, 7, 8 10, hingga yang terbaru yaitu 11. Windows server dan pengguna Mac OS juga dapat kompatibel dengan printer Epson ini. Didukung pula ukuran kertas pada printer Epson ini telah didukung hampir pada semua jenis ukuran kertas legal, letter, A4, B5, A5, A6, C6, dan lain sebagainya.

Kecepatan pencetakan printer ini tercepat sekitar 11 detik, untuk scan A4 juga telah didukung oleh flatbed. Dengan ketentuan ukuran scan area yaitu sekitar 216 mm x 297 mm.

Printer ini juga dapat digunakan untuk input kertas photo premium glossy untuk ukuran A4, dengan kapasitas 20 lembar. L3210 juga mendukung pencetakan tanpa tepi dengan ketentuan ukuran print sekitar 215,9mm x 1.200mm untuk kertas ukuran A4.

Multifungsi untuk Print, Scanning, dan Copy

Printer ini juga telah dilengkapi dengan fasilitas untuk dapat melakukan 3 kegiatan sekaligus yaitu mencetak, fotokopi serta scan file. Begitu sangat bermanfaat dan mendukung untuk kegiatan berbisnis dan mobile networking.

Baca Juga: Cara Memilih Printer Laserjet Terbaik dan Termurah

Kecepatan, Jumlah, dan Resolusi Hasil Cetakan yang Bagus

Printer ini telah dilengkapi fitur cetak dengan kecepatan tinggi sekitar 10 lpm dengan kapasitas sekitar 10 lembar per menit untuk pencetakkan warna hitam. Untuk berwarna memiliki kecepatan sekitar 5 ipm atau 5 lembar per menitnya.

Printer Epson L3210 juga mampu mencetak dokumen hingga 4.500 lembar untuk tinta hitam dan 7.500 lembar untuk yang berwarna. Resolusi hasil pencetakkan yang dimiliki juga terbilang cukup tinggi dengan kualitas gambar yang dihasilkan terkesan dan terlihat nyata. Resolusi yang dimiliki printer ini sekitar 5.760 x 1.440 dpi.

Dilengkapi dengan Sistem Ecofit/Ecotank

Tangki tinta terintegrasi dengan baik untuk memastikan nozel bisa bebas dari tumpahan, jadi pengisian bisa secara praktis, lancar dan cepat. Anda bisa mengetahui status isi tangki dari keempat tinta kapan saja karena memang sudah didesain transparan dan dapat terlihat dari luar. Jika ingin mengisinya, hanya perlu membuka bagian pojok kanan atas printer dan lalu bisa melakukan pengisian secara mudah.

Cara Mengisi Tinta Printer Epson L3210

cara mengisi tinta printer epson
Sumber: YouTube

Selanjutnya yaitu proses pengisian tinta printer Epson L3210 hanya memakan waktu sekitar 10 menitan dan berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama pastikan warna tangki tinta sudah sama dengan warna tinta yang ingin Anda refill atau isi pada dalam tangki pengisian. Anda juga harus membuka tutup botol tinta dengan posisi tegak supaya tidak bocor.
  2. Periksalah terlebih dahulu garis atas tinta pada tangki, masukkan perlahan botol tinta langsung ke dalam lubang tangki pengisian hingga cukup pada garis atas tangki. Dan Anda harus memastikan tinta telah mengalir ke dalam port pengisian dengan warna yang sudah tepat.
  3. Lalu setelah tangki terisi penuh oleh tinta, selanjutnya Anda tekan tombol stop yang tersedia selama 5 detik untuk memulai pengoperasian dan pengisian tinta akan memerlukan waktu sekitar 10 menit. Setelahnya Anda harus memasukkan kertas polos berukuran A4 pada tengah penopang kertas dengan sisi yang akan dicetak menghadap ke atas.
  4. Kemudian tekanlah tombol power untuk memulai pengoperasian kembali mesin printer, lalu cetak pola pemeriksaan nozel dan memeriksa kepala cetak tersumbat atau tidak. Tekan tombol holding down sambil menekan tombol power, ya!
  5. Pola pemeriksaan nozel pun akan tercetak dan periksa kembali apakah terdapat hal yang tersumbat atau tidak. Jalankan pembersihan kepala cetak dengan menggunakan sebagian tinta dari semua tinta pada tangki pengisian.
  6. Dan bila terdapat sisa tinta dari pengisian awal, isi ulang tinta atau refill pada tangki tinta printer Epson L3210. Anda juga dapat melihat dan mengunjungi website pada Epson untuk menginstall perangkat lunak printer epson.

Baca Juga: Rekomendasi Printer Epson Foto Terbaik

Demikian informasi mengenai fitur yang dimiliki printer epson jenis L3210 beserta dengan langkah pengisian tintanya. Dan apabila Anda sedang mencari tinta pengisian printer Anda dapat menghubungi PT. Indoprima Manokwari Perkasa yang jual tinta printer epson terdekat. Mereka juga menjual berbagai macam kebutuhan alat tulis kantor yang terpercaya dan dapat menjadi referensi Anda nantinya.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks