Indonetwork, Perlengkapan Kantor – Masa kini printer pastilah menjadi salah satu alat yang sangat dibutuhkan untuk mencukupi beberapa kebutuhan terutama percetakan. Usaha digital printing saat ini juga sedang pesat. Kebutuhan manusia akan mencetak dokumen dalam jumlah besar dan banyak tentunya semakin melunjak. Printer yang dapat membantu percetakan untuk menyelesaikan permasalahan Anda adalah printer laserjet.

Printer laserjet mampu mencetak dalam jumlah yang banyak dan besar. Lantas sebagai pemula dalam bisnis percetakan ataupun ingin memiliki sendiri di rumah maupun kantor, pastilah Anda membutuhkan tips dalam memilih printer laserjet terbaik dan murah.

Apa Itu Printer Laserjet?

printer laserjet
Sumber: The New York Times

Printer laserjet adalah printer yang memanfaatkan teknologi inframerah untuk mencetak dokumen Anda. Dokumen yang bisa dicetak oleh printer ini berskala banyak dan besar. Kecepatannya dengan printer inkjet tentunya sangat berbeda, jauh lebih cepat mengingat skala dokumen yang bisa dicetak dalam jumlah besar.

Secara ukuran printer ini lebih besar daripada printer inkjet dan memiliki hasil kualitas print yang lebih bagus. Jenis tinta printer yang digunakan dengan printer rumahan tentunya berbeda, printer laserjet menggunakan tinta serbuk karena memanfaatkan teknologi inframerah. Hasil dari cetakan printer ini juga jauh lebih tahan lama.

Baca Juga: Rekomendasi Printer Epson Foto Terbaik

Tips Memilih Printer Laserjet Terbaik dan Murah

printer laserjet murah
Sumber: Tom’s Guide

1. Pilih Sesuai dengan Kebutuhan

Printer laserjet memiliki banyak fungsi, selain bisa mencetak dokumen Anda, printer laserjet juga berfungsi sebagai scanner, alat fotocopy, bahkan ada juga yang bisa digunakan untuk faksimile. Tentunya fungsi yang beragam sangat membantu Anda, tetapi perlu diingat, sesuaikan dengan kebutuhan Anda agar semua keperluan bisa tercover dengan baik melalui printer laserjet ini. Beberapa hal yang harus Anda perhatikan juga:

  • Kualitas gambar dan warna yang dihasilkan

Kualitas gambar yang dihasilkan bergantung pada resolusi pada printer Anda, rata-rata printer laserjet memiliki resolusi standar sekitar 600 dpi. Akan tetapi, bagi Anda yang memfokuskan untuk mencetak foto atau gambar, lebih baik memilih yang memiliki resolusi lebih tinggi untuk mendapatkan kualitas hasil gambar yang maksimal.

  • Fitur

Beberapa print laserjet memiliki banyak sekali fitur mulai dari kode pin keamanan, scanner, faksimile, dsb. hal tersebut harus Anda pertimbangkan sesuai kebutuhan agar Anda bisa mendapatkan printer laserjet terbaik. Apalagi saat ini banyak printer yang menawarkan fitur bisa terkoneksi dengan smartphone, USB , dan WiFi.

  • Jenis dokumen

Jenis dokumen yang akan dicetak menentukan model printer laserjet yang Anda butuhkan. Terutama bagi Anda yang membutuhkan untuk keperluan cetak gambar, pastilah harus memilih printer dengan kualitas resolusi tinggi, jika hanya dokumen bisa bisa menggunakan printer dengan kualitas standar.

  • Kapasitas mencetak

Printer laserjet meskipun memang memiliki fungsi mencetak dokumen dalam jumlah yang banyak, tentunya printer ini tetap memiliki kapasitas masing-masing sesuai dengan model. Ada yang mampu mencetak 15 hingga 1000 halaman per menit, ada yang bisa mencetak sebanyak banyaknya, bahkan ada juga yang memiliki kapasitas bulanan. Hal ini perlu dipertimbangkan agar saat pemakaian nantinya tidak overload.

2. Cari Merek yang Sudah Terpercaya

Saat ini banyak sekali merek printer yang bertebaran, mulai dari merek lama dan juga baru. Usahakan untuk mencari merek yang sudah terpercaya dan Anda juga bisa melihatnya melalui review di youtube maupun sosial media lainnya. Hal ini sangat berguna bagi penggunaan jangka panjang. Jangan sampai hanya karena merek baru memiliki fitur lengkap dengan harga yang miring membuat Anda tidak berpikir jauh.

3. Usahakan Membeli Printer Laserjet Baru dan Original

Hal ini bisa menjadi saran baik untuk Anda agar memilih printer baru saja, dikarenakan apabila Anda kurang teliti melihat barang second, terutama mesin di dalamnya, akan mengakibatkan kerugian bagi Anda. Pastikan juga cari printer yang benar-benar original.

4. Pilih Penjual atau Distributor yang Terpercaya

Pilih tempat penjualan yang terpercaya dengan melihat ulasan dan rating melalui Google, maupun social media yang Anda. Bisa juga minta rekomendasi printer kepada kerabat Anda. Setelah mendapatkan beberapa rekomendasi, tentunya nanti sesuaikan dengan model printer laserjet yang Anda inginkan.

5. Sesuaikan dengan Budget

Harga printer laserjet jika dibandingkan dengan printer inkjet tentunya jauh. Hal ini berkaitan dengan fungsi yang dimiliki oleh laserjet sendiri. Tetapi, sebenarnya jika dilihat dari kebermanfaatan printer laserjet ini sebagai salah satu investasi, secara harga saat pembelian awal terlihat mahal. Akan tetapi jika dibandingkan dengan manfaat tentunya laserjet ini tergolong cukup wajar.

Apalagi printer inkjet yang kita anggap murah saat pembelian awal, sebenarnya biaya yang dikeluarkan setelahnya juga banyak karena harus mengisi tinta dan toner setiap habis.

Pada intinya sesuaikan dengan kebutuhan dan juga budget, tetapi jangan lupa juga untuk memikirkan jangka panjang penggunaan. Jangan sampai Anda menyesal memberi printer laserjet yang standar, tetapi ternyata kedepan banyak fitur yang masih Anda butuhkan.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Printer Bluetooth Error Mudah dan Cepat

Beberapa tips di atas bisa Anda lakukan guna mendapatkan printer murah dan terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda. Ingat pikirkan jangka panjang kegunaan dan kemudahan dalam mengoperasikan.

Pilih yang terbaik dengan harga yang terbaik juga menurut budget Anda agar uang aman keperluan pun aman. Beberapa merek yang bisa kami rekomendasikan untuk Anda adalah HP, Canon, Fuji Xerox, Epson, dan juga Brother Laser.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks