Indonetwork, Perlengkapan KantorAlat tulis merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mencatat atau menulis. Kebanyakan alat tulis kantor berjenis pulpen, pensil, atau bahkan bisa juga menggunakan spidol. 

Kebanyakan orang yang menggunakan alat tulis adalah anak sekolah, namun pekerja kantoran juga sering menggunakan alat tulis. 

Merawat alat tulis agar tahan lebih lama juga harus dilakukan agar terhindar dari pemborosan dalam membeli alat tulis. Oleh karena itu, berikut artikel dari Indonetwork ini akan membahas cara merawat dan menjaga alat tulis kantor agar tahan lama.

Cara Merawat Alat Alat Tulis

alat tulis kantor
Sumber: Pexels

Pastikan Anda merawat alat tulis Anda agar alat tulis dapat bertahan lebih lama. Berikut ini beberapa tips merawat alat tulis kantor yang bisa Anda coba.

1. Gunakan Tempat Untuk Meletakkan Alat tulis

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mempunyai tempat atau wadah untuk alat tulis Anda. Hal ini bertujuan agar alat tulis tidak mudah hilang setelah digunakan. Anda bisa menggunakan pencil case atau wadah tempat pensil yang terbuat dari plastik, kayu, atau pun bahan kontainer. 

2. Tutup Kembali Pulpen Setelah Digunakan

Hal yang paling sering diabaikan oleh kebanyakan orang adalah tidak menutup kembali pulpen setelah digunakan, padahal hal ini akan membuat pulpen lebih mudah rusak seperti tinta yang tidak keluar atau  kebocoran pada pulpen. 

3. Hindari Mengocok atau Menggigit pulpen

Bagi Anda yang memiliki kebiasaan menggigit ujung pulpen mulai sekarang harus dihentikan karena dapat mempercepat rusaknya pulpen, selain membuat pulpen rusak kebiasaan menggigit pulpen juga berbahaya bagi tubuh karena ada banyak kuman yang hinggap di pulpen. Selain menggigit pulpen Anda juga perlu menghindari mengocok pulpen hal ini akan membuat tinta mudah bocor. 

Manfaat Merawat ATK

ATK kantor
Sumber: Pexels

Merawat dan memelihara suatu barang merupakan faktor penting dalam membeli atau menyewa peralatan. Banyak peralatan yang harus digunakan setiap hari. Sehingga memelihara peralatan harus diperhatikan. Hal ini bertujuan agar alat yang digunakan tidak mudah rusak. Berikut manfaat jika Anda melakukan pemeliharaan alat alat kantor Anda. 

  • Barang-barang akan terhindar dari kerusakan.
  • Memperpanjang umur barang (perlengkapan) sehingga tidak perlu sering mengganti peralatan Anda.
  • Menghindari kehilangan barang  karena selalu terpantau dengan baik.
  • Menghindari penyimpanan yang tidak teratur.
  • Dengan melakukan pemeliharaan barang-barang, kantor akan menghasilkan pekerjaan yang baik.

Pemeliharaan atau perawatan barang dapat dilihat dari dua segi, yaitu: 

1. Menurut kurun waktu

  • Pemeliharaan sehari-hari, yaitu pemeliharaan yang dilakukan setiap hari, dan dikerjakan oleh orang yang bertanggung jawab menggunakan barang tersebut.
  • Pemeliharaan berkala, yaitu dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu, (misalnya satu bulan sekali, tiga bulan sekali) dan dikerjakan sendiri maupun meminta bantuan orang lain.

2. Menurut jenis barang

  • Barang bergerak, misalnya kendaraan bermotor, alat elektronik dan lain sebagainya. Pemeliharaannya dapat dilakukan setiap hari atau berkala.
  • Barang tidak bergerak, misalnya seperti menutup keran air, memadamkan listrik. Pemeliharaan ini dapat dilakukan tiap hari dengan tujuan untuk mencegah kerusakan, dan mencegah terjadinya pemborosan.

Itulah informasi seputar cara merawat dan menjaga alat tulis kantor agar tahan lama. Jika Anda sedang membutuhkan alat tulis kantor, Anda bisa mengunjungi toko atk sawojajar di sini.

Toko Agung Mas menyediakan segala kebutuhan alat tulis kantor Anda, mulai dari pulpen, kertas, buku, hingga printer. Semua kebutuhan tersedia lengkap dengan harga yang miring. Segera kunjungi Toko ATK Sawojajar.

Penulis: Adelia
Editor: Nafila Chaerunnisa

Enable Notifications OK No thanks