Indonetwork, Bahan Bangunan – Di dalam pembuatan bangunan baik rumah, kantor, tempat usaha, kos-kosan dan sebagainya pasti pemiliknya menginginkan agar proses pembuatannya berjalan dengan cepat dan rapi. Kadang kala yang membuat lamanya proses dalam membangun adalah pemasangan batako. Selain pemasangannya yang lama, terkadang proses untuk merekatkan bata menggunakan semen, tidak rapi karena harus direkatkan secara manual, bahkan semen sering terbuang sia- sia begitu saja adonan semennya. Bagi Anda yang tentunya tidak mau ribet dan ingin hasilnya cepat, tentu memerlukan alat bantu. Tenang saja, kini ada alat untuk memasang batako dengan rapi dan juga cepat dengan kisaran harga yang tentunya juga terjangkau. Artikel ini akan membahas bagaimana cara menggunakan alat untuk memasang batako dengan mudah.

Baca Juga : 5 JENIS BATU BATA YANG BANYAK DIPAKAI MASYARAKAT INDONESIA

Alat Untuk Memasang Batako

Jual alat pasang batako
Sumber: Shutterstock.com

Alat untuk memasang batako terbuat dari kayu, sehingga kisaran harga untuk alat ini tentunya terjangkau. Kayu yang digunakan sebagai bahan baku utama pembuatan alat ini adalah kayu yang awet dan kokoh. Kisaran harga yang dijual di pasaran mulai dari 40 hingga 70 ribu. Harga tersebut bergantung pada lebar yang diminta, berikut juga dengan ketebalan semen yang Anda butuhkan. Kisaran lebar yang ditawarkan mulai dari ukuran 9 cm, 10 cm, 11 cm, dan 12 cm. Untuk rata-rata biasanya menggunakan lebar 10 cm dengan ketebalan adonan sekitar 2 cm – 2,5 cm. Bentuk dari alat ini adalah kotak persegi panjang dengan tinggi sekitar 10 cm dan memiliki lubang di bagian atas dan bawahnya guna memasukkan adonan semen untuk merekatkan batako. Alat ini terdiri dari dua jenis, ada yang full menggunakan kayu, ada pula yang terdapat besi bergerigi di bagian depannya yang berfungsi untuk membuat garis rapi ketika nantinya ditarik, biasanya jenis ini digunakan untuk memasang hebel atau bata ringan.

Baca Juga : MENGENAL UKURAN BATA RINGAN UNTUK KEBUTUHAN KONSTRUKSI BANGUNAN

Cara Menggunakan Alat Untuk Memasang Batako

alat pasang batako
Sumber: Bricky.com

Bagi Anda yang memutuskan untuk membeli alat memasang batako untuk mempermudah pekerjaan proyek Anda, hal itu adalah pilihan yang sangat tepat. Kami apresiasi keputusan Anda dengan memberikan tips agar Anda bisa menggunakan alat untuk memasang batako dengan mudah:

  1. Pilih batako yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan dan ketahanan bangunan yang Anda inginkan. Pastikan ketika membeli batako, beli yang permukaanya masih mulus dan tidak pecah- pecah. Hal ini untuk meminimalisir kekuatan dari batako yang kita pilih apakah kuat atau tidak
  2. Siapkan bahan- bahan terlebih dahulu sebagai berikut dib bawah ini :
  • Air (Selang)
  • Ayakan untuk pasir
  • Cetok cangkul
  • Meteran
  • Palu
  • Waterpass
  • Benang
  • Jidar
  1. Buat adonan untuk semen terlebih dahulu dengan mencampurkan air, semen, dan juga pasir yang sebelumnya sudah diayak terlebih dahulu agar halus.
  2. Siapkan acuan pasangan untuk batako menggunakan jidar baik yang berbahan kayu ataupun alumunium untuk mengukur kelurusan batako yang akan dipasang secara vertikal. Sedangkan untuk pengukuran secara horizontal bisa menggunakan benang kasur yang diberikan pemberat.
  3. Setelah sudah memiliki acuan pengukuran, mulai pasang batako sesuai dengan pengukuran yang telah dibuat secara horizontal terlebih dahulu, kemudian letakkan alat untuk memasang batako di atas beberapa batako yang telah disusun
  4. Isi alat tersebut dengan adonan semen mengunakan cetok yang Anda miliki yang sudah disiapkan dengan tinggi sesuai dengan tinggi yang ada pada alat supaya rapi
  5. Lakukan berulang sesuai dengan panjang alat, kemudian timpa atasnya menggunakan batako, berikut seterusnya hingga selesai. Jangan lupa pasang batako dengan bentuk zigzag.
  6. Apabila Anda menggunakan alat untuk memasang bata ringan, cara penggunaanya bukan diletakkan terus menerus, tetapi di tarik.

Cara di atas bisa membantu Anda mempermudah dalam pemasangan batako. Yang terpenting jangan lupa ukur dan buat garis terlebih dahulu pada bagian yang akan dipasangi batako supaya terlihat rapi dan sejajar. Jangan masukkan adonan semen berlebihan, sesuaikan saja dengan alat yang pemasang batako supaya hasil ketebalan rekatan antara satu batako dan lainnya sama.

Kenapa Harus Menggunakan Alat Untuk Memasang Batako ?

Mesin cetak batako sangat mudah untuk didapatkan dimana saja, di toko bangunan, e-commerce bahkan jika Anda memiliki waktu bisa membuatnya sendiri di rumah. Dengan kemudahan mencari alat ini dan harga yang terjangkau membuat Anda tidak perlu lagi pusing-pusing untuk memikirkannya. Bangunan Anda dijamin rapi dan cepat selesai. Anda juga tidak perlu khawatir tentang keawetan alat ini karena bisa disimpan dan digunakan berulang kali. Jadi, untuk membuat bangunan yang rapi dan cepat tanpa harus membuang-buang adonan semen, alat untuk memasang batako adalah solusi terbaik untuk Anda. Peralatan semacam ini dapat menjadi investasi mudah bagi Anda, terlebih lagi jika Anda suka membuat bangunan sendiri tanpa bantuan dari tukang atau profesional.

 

Author

Enable Notifications OK No thanks