DVR merupakan komponen yang sangat penting dalam perangkat kamera CCTV karena berperan untuk menyimpan rekamannya. Namun sekarang juga bisa memasang CCTV tanpa DVR. Cara Pasang CCTV tanpa DVR bisa dilakukan dengan mudah.

Perlu diketahui bahwa saat ini telah banyak kamera CCTV yang sudah memakai wireless dan microSD sebagai pendukungnya. Jadi Anda tentu saja bisa memakai kamera CCTV tanpa memerlukan komponen DVR.

Untuk saat ini sudah banyak kamera CCTV yang sudah support dengan perangkat lain. Bahkan Anda tidak perlu menggunakan perangkat DVR yang sudah terkesan jadul. Bahkan perangkat ini memiliki kekurangan dibandingkan dengan perangkat penyimpanan lainnya.

Cara Pasang CCTV Tanpa DVR

Memasang Kamera CCTV yang tidak terhubung langsung dengan DVR tentu saja akan mempermudah Anda. Karena Anda bisa mengolah dan menyimpan hasil rekamannya ke perangkat lain seperti MicroSD yang punya kapasitas yang sangat besar.

Berikut ini kami rangkum cara pasang CCTV Tanpa DVR dengan menggunakan microSD.

1. Memakai Kamera CCTV Tertentu

Tidak semua perangkat kamera CCTV itu support dengan penyimpanan lokal seperti microSD. Biasanya perangkat CCTV yang lama tetap harus menggunakan DVR atau NVR dan tidak bisa pakai MicroSD.

Namun untuk CCTV keluaran terbaru sudah support dengan penyimpanan lokal termasuk microSD. Tentu saja hal ini bisa memberikan keuntungan bagi Anda sebagai pengguna.

Dengan memakai microSD, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan masalah penyimpanan hasil rekaman. Karena kapasitas memori yang dimiliki oleh microSD itu sangat besar. Anda bisa menyimpan hasil rekamannnya berhari-hari tanpa harus mencadangkannya secara rutin.

Bahkan jika memungkinkan Anda bisa memakai jenis kamera CCTV wireless supaya bisa diakses dengan mudah oleh perangkat lain seperti HP atau laptop.

Baca juga: CARA CONNECT CCTV KE HP DENGAN MUDAH

2. Merekam Pakai MicroSD

Ada beberapa MicroSD yang sudah memiliki kecepatan penyimpanan dan akses yang sangat cepat. MicroSD kelas 4 ke atas kecepatan akses dan penyimpanannya relatif sudah besar.

Pada umumnya kamera CCTV yang dipasang memerlukan microSD dengan kapasitas 32 GB. Dengan kapasitas sebesar itu, Anda bisa menyimpan gambar hingga 3-4 minggu. Jika ingin mencadangkannya, Anda tinggal ambil microSD dan pindahkan ke perangkat lain seperti laptop.

3. IP Camera Wireless

IP Camera Wireless mempunyai banyak sekali keunggulannya dibandingkan dengan jenis kamera CCTV lainnya. Salah satunya adalah sangat mudah dipasang dan mudah diakses dengan memakai perangkat apapun.

Untuk pemasangannya bisa dilakukan dengan mudah dan praktis karena hanya perlu menyalurkannya dengan alur listrik. Bahkan kamera ini tidak memerlukan sumber daya listrik yang besar sehingga bisa menghemat penggunaan listrik.

Kamera CCTV jenis ini tidak memerlukan DVR untuk menyimpan dan mengolah gambarnya. Anda bisa langsung menghubungkannya dengan MicroSD lain yang sudah support dengan IP Camera Anda.

Sebelum mengkoneksikannya, pastikan bahwa kamera CCTV yang Anda pasang berjalan dengan normal. Sebaiknya uji coba terlebih dahulu apakah kameranya berjalan normal atau tidak. Jika tidak ada masalah Anda bisa mengkoneksikannya dengan perangkat lain.

Baca juga: 6 TIPS PASANG CCTV UNTUK KEAMANAN TOKO

Cara pasang CCTV tanpa DVR bisa Anda lakukan dengan sangat mudah. Namun harus dipastikan bahwa kamera CCTV yang Anda gunakan harus keluaran terbaru yang sudah support dengan media penyimpanan lainnya. Akan lebih baik jika menggunakan jenis Kamera CCTV IP supaya mudah diakses.

Demikianlah cara pasang CCTV tanpa DVR yang dapat Anda coba. Jika tidak ingin memakai DVR, Anda dapat memakai media penyimpanan lainnya seperti DVR. Semoga bermanfaat.


Author

%d bloggers like this: