Indonetwork, Tips & TrikPada saat menjalankan sebuah bisnis, ada banyak hal dan faktor yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk take action. Strategi yang harus dipertimbangkan antara lain yaitu: strategi pemasaran, memilih kualitas produk, sampai bagaimana cara mengelola stok barang yang harus disusun dengan sistematis. Tujuan dari strategi ini adalah agar bisnis berjalan dengan lancar.

Anda juga perlu memahami metode atau cara restock untuk mengoptimalkan bisnis Anda. Contoh, jika Anda menjalankan sebuah toko kue dan toko Anda biasanya hanya menjual 2.000 unit kue dalam sebulan. Tanpa disangka jumlah pesanan meningkat dan saat itu Anda kehabisan stok bahan-bahan untuk kue. Jika itu terus terjadi, Anda bisa kehilangan kepercayaan dari pelanggan.

Maka dari itu, restock atau disebut juga dengan mengisi ulang stok yang diperlukan. Tetapi, Anda harus tetap membutuhkan dengan cara yang tetap untuk memenuhi dan juga menjaga biaya pengeluaran bisnis yang rendah.

Pengertian Stok Barang

restock barang
Sumber: Pixabay

Stok barang merupakan penghitungan jumlah ketersediaan barang yang berada di gudang secara fisik. Tujuan dari mencantumkan jumlah stok barang di toko online Anda adalah agar pencatatan dan pembukuan jumlah dari barang menjadi akurat. 

Biasanya, stok barang dilakukan oleh karyawan untuk melakukan pendataan barang. Kegiatan ini sangat membutuhkan ketelitian dan ketelatenan. Stok barang juga dapat dilakukan untuk menemukan barang yang tidak sesuai atau rusak agar dapat ditindaklanjuti dengan cepat, sehingga bisa meminimalisir kerugiannya.

Barang Habis? Restock Jumlah Barang!

Melakukan pemeriksaan pada jumlah stok barang juga menjadi salah satu kegiatan yang dapat membantu manajemen persediaan perusahaan. Memeriksa stok barang dapat dilakukan setiap hari untuk memeriksa sudah berapa banyak barang yang terjual dan berapa jumlah barang yang masih tersisa.

Hal tersebut dapat sangat membantu manajemen persediaan agar selalu update jumlah barang yang dimiliki perusahaan dan penjualan pun semakin lancar.

BACA JUGA: Tips Jualan Online di Indonetwork, Bisnis Makin Cuan!

cara Restock Barang

mengelola stok barang di gudang

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan saat ingin melakukan restock barang yang dicantumkan di toko online Anda.

1. Buat dan Catat Daftar Stok

Sebelum memulai, pastikan Anda sudah terlebih dahulu menugaskan paling tidak satu orang/karyawan untuk yang bertanggung jawab dalam melakukan pencatatan, seperti mencatat stok barang yang masuk dan keluar. 

Kini, sudah banyak software atau program pendukung agar pencatatan stok barang ini bisa dihasilkan lebih akurat. Catatlah data secara lengkap dan akurat, baik menggunakan cara yang konvensional melalui formulir atau juga dengan cara digital yang menggunakan sebuah aplikasi khusus.

2. Membuat Forecast Persediaan Barang dan Jadwal Stok 

Sesudah mengumpulkan data input dan juga output barang, maka selanjutnya yaitu membuat forecast atau perkiraan persediaan stok barang. Anda bisa memulai dari jumlah persediaan yang akan dibutuhkan pada waktu ini.

3. Membuat Kode Pada Setiap Produk

Anda juga perlu cantumkan kode di setiap barang. Terlebih lagi jika jumlah barang memiliki banyak variasi, seperti warna, jenis, ataupun model yang bermacam. Kode ini sangat membantu sekali untuk Anda mengenali dan menyebutkan jenis barang dengan waktu yang begitu singkat. Kode ini juga memudahkan Anda untuk mengelompokkan peletakan barang di sebuah gudang.

4. Pisahkan Stok Lama dan Baru

Jika Anda mencampur adukan stok barang, itu akan memakan waktu dalam pencatatan dan perhitungan. Anda dapat memisahkan terlebih dahulu  mana stok lama dan stok baru agar mempermudah dalam sebuah perhitungan jumlah stok lama yang terjual dan juga belum terjual. Sebaiknya Anda keluarkan stok lama terlebih dahulu untuk mengurangi risiko kerugian karena barang yang rusak seiring berjalannya waktu. 

5. Lakukan Pengecekan Sebelum Barang Disimpan

Selanjutnya, Anda perlu memastikan bahwa Anda akan selalu melakukan pengecekan barang sebelum memasukkannya ke dalam gudang. Metode ini biasanya dilakukan saat sebelum memberikan kode pada barang, agar bisa mengetahui ada atau tidaknya barang yang dicatat pada tumpukan stok barang.

Selain itu, melakukan pengecekan juga bisa bertindak sebagai quality control barang dan memastikan kualitas barang mentah diterima dengan baik sebelum diproses ke tahap selanjutnya.

BACA JUGA: Cara Packing Barang yang Aman dan Anti Rusak

Tips Mengatur Jumlah Barang di Toko Online

cardboard box lot

Agar lebih mudah mengatur jumlah stok barang, tetapkanlah terlebih dahulu jumlah minimum pada stok barang yang harus selalu ada di dalam gudang. Saat barang sudah mendekati jumlah minimal baru Anda bisa langsung segera memesannya lagi. Tetapi sesuaikanlah jumlah minimal dengan kecepatan pada penjualan barang serta juga waktu yang Anda butuhkan untuk mengembalikan stok barang ke jumlah minimum


Itulah informasi singkat mengenai cara restock barang untuk toko online Anda. Berjualan secara online kini bisa lebih mudah bersama Indonetwork. Sebagai platform marketplace B2B, Indonetwork bisa membuat usaha Anda semakin dikenal oleh banyak orang.

Setiap bulannya, Indonetwork dikunjungi oleh lebih dari 500.000 pengunjung, sehingga bisnis Anda dapat dengan mudah ditemukan oleh para pencari. Yuk, bergabung bersama Indonetwork dan dapatkan manfaatnya!

Penulis: Najmia Chaerunnisa

Editor: Nafila Chaerunnisa

Enable Notifications OK No thanks