Indonetwork, Tips & Trik – Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah e-commerce atau toko online, tempat orang dapat bertransaksi dengan mudah secara online. Kini, Anda juga bisa berkesempatan untuk membuat toko online baru untuk bisnis Anda sendiri bersama Indonetwork. Pada pembahasan kali ini, kami akan membahas tentang tips jualan online bagi Anda para pelaku bisnis baru.

Sebelum membuka toko online, pastikan Anda sudah tahu apa yang ingin dijual. Di era sekarang ini, Anda bisa menjual hampir semua barang di internet. Namun, tentunya, karena mudahnya akses ke internet, pastinya persaingan pun juga semakin tinggi.

Namun, jangan khawatir. Anda tentunya masih bisa bersaing dan mendapatkan pelanggan di pasaran dengan produk yang Anda jual. Jika Anda sedang mencari tips jualan online agar bisnis makin cuan, berikut informasi lengkapnya !

Tips Mudah Jualan Online

Anda mungkin sudah banyak mendengar tentang tips berjualan secara offline. Tetapi, tahukah Anda kalau berjualan online tentunya berbeda dengan berjualan secara offline? Maka dari itu, berikut beberapa tips jualan online yang dapat Anda terapkan pada bisnis Anda.

1. miliki Website Sendiri

Meskipun marketplace seperti Shopee, Tokopedia, hingga Indonetwork sudah banyak beroperasi di Indonesia, Anda tetap perlu memiliki website untuk toko online Anda sendiri.

Dengan memiliki website sendiri, Anda bisa memegang kendali penuh atas website. Misalnya, Anda ingin mengambil data, membuat konten artikel untuk menunjang SEO website, memiliki desain website yang sesuai dengan branding produk atau bisnis, serta bisa beriklan di Google secara langsung.

Menggunakan marketplace yang sudah ada memang lebih praktis dan sudah memiliki pasarnya sendiri. Tapi, tingkat persaingannya juga pasti akan tinggi. Di sisi lain, jika Anda sudah memiliki website untuk bisnis Anda sendiri, Anda bisa meningkatkan brand awareness dari bisnis.

Memang, proses pembuatan suatu website merupakan suatu proses yang rumit dan sangat memakan waktu di awal. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, memiliki website untuk bisnis Anda sendiri dapat lebih menguntungkan.

2. Memahami Data Sebagai Bahan Evaluasi

person using macbook pro on black table

Jika Anda memiliki akses langsung ke website perusahaan Anda, maka tentunya Anda bisa melihat performa website melalui data-data yang tersedia di tools analytics yang terhubung langsung ke website.

Data tersebut dapat dijadikan sebagai insight dan evaluasi performa website kedepannya. Misalnya, Anda dapat mengetahui produk apa yang paling laris, produk yang banyak dilihat, waktu-waktu pada saat penjualan tinggi atau rendah, traffic yang didapat dari mesin pencari atau media sosial, serta jumlah pendapatan secara keseluruhan.

Selain penjualan, Anda juga dapat mengetahui siapa pelanggan Anda. Mulai dari demografi dan lokasi, perangkat yang digunakan, waktu pengunjung mengunjungi website, halaman mana yang banyak dikunjungi, dan sebagainya.

Selain itu, jika Anda membuat banyak konten yang berkaitan dengan produk, Anda juga bisa melihat berapa banyak orang yang melihat postingan tersebut dan berapa kali jumlah postingan tersebut dibagikan. Intinya, data-data yang sudah tersedia ini bisa membantu Anda untuk mengevaluasi performa website agar kedepannya, isi website Anda bisa lebih baik.

3. Membuat Konten yang Menarik

Selanjutnya, jika Anda bisa menambahkan konten di website, seperti video, blog, atau jenis konten lain, maka manfaatkanlah fitur tersebut. Membuat konten bisa membantu website Anda untuk muncul di halaman hasil mesin pencari, sehingga dapat meningkatkan traffic.

Salah satu kunci utama dalam membuat konten adalah dengan membuat konten menggunakan kata kunci yang banyak dicari orang. Dari sini, Anda bisa membuat konten yang menarik dan sesuai dengan produk yang Anda miliki. Ingatlah untuk membuat konten yang relevan, penting, bermanfaat, dan bisa menarik audiens dalam jangka panjang. 

BACA JUGA: MENGENAL SEO: MENGOPTIMALKAN WEBSITE DI MESIN PENCARIAN UNTUK BISNIS

4. Manfaatkan Media Sosial

Terakhir, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk bisnis. Seperti yang sudah diketahui, jumlah pengguna media sosial di Indonesia sangat besar. Beberapa media sosial yang populer, diantaranya adalah Facebook dan Instagram.

Ini lah yang menjadi alasan bagi Anda untuk aktif memulai media sosial untuk bisnis . Media sosial dapat menjadi langkah awal bagi para pelanggan untuk melihat produk yang Anda miliki. 

Media sosial merupakan sebuah platform yang sangat mengandalkan visual, maka Anda bisa menyajikan konten-konten yang menarik secara visual. Tipsnya adalah dengan mengambil foto produk yang jelas, detail, dan menarik. Anda bisa mengambil foto dengan latar belakang polos, agar pengunjung hanya fokus pada foto produk yang Anda sajikan.

Selain itu, banyak fitur-fitur menarik pada media sosial yang bisa Anda manfaatkan untuk menciptakan interaksi dengan followers di media sosial Anda. Kelebihan lainnya, media sosial juga memiliki tools analytics sendiri yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan insight terkait audiens atau perkembangan bisnis.

5. Tampilkan Produk yang Menarik

Tips terakhir adalah pada saat Anda mengupload produk di website, pastikan Anda mengupload produk yang menarik. Salah satu kelemahan dari berbelanja online yaitu para pengunjung tidak dapat melihat kondisi barang secara langsung. 

Hal ini tentunya akan mempengaruhi keputusan akhir pelanggan dalam membeli suatu produk. Maka dari itu, Anda pun perlu memaksimalkan tampilan produk yang disajikan di website Anda.

Beberapa cara untuk memaksimalkan tampilan produk di toko online, yaitu:

  • Upload produk berdasarkan spesifikasi dan merek yang sesuai,
  • Anda juga bisa menambahkan kata kunci lokasi pada produk, hal ini akan mempengaruhi traffic dari website,
  • Tampilkan harga yang bersaing, agar pelanggan bisa bertransaksi langsung,
  • Pastikan jumlah ketersediaan barang, agar pelanggan bisa membeli barang sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan,
  • Tampilkan ukuran dan berat barang yang pasti, agar memudahkan proses perhitungan biaya ongkos kirim, dan
  • Tampilkan foto produk yang menarik dengan deskripsi produk menggunakan copywriting yang ciamik.

Mengapa Indonetwork ?

Jika Anda sedang ingin mengembangkan bisnis Anda dan merambah ke digital marketing, Anda bisa menghubungi Indonetwork. Kami merupakan B2B marketplace di Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 2001, sehingga kami memiliki banyak pelanggan dan pengguna yang mengunjungi website kami.

Tidak hanya itu, kami juga menyediakan jasa layanan SEO dan website untuk perusahaan. Kami akan mengoptimalkan agar website yang Anda miliki berada di halaman pertama Google. Maka dari itu, mari bergabung dan kembangkan bisnis Anda bersama Indonetwork.

Kini, Indonetwork juga telah terintegrasi dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa (LKPP). Jika Anda bergabung menjadi member Indonetwork, maka Anda bisa berkesempatan untuk mendapatkan transaksi langsung dari pemerintah.

Jika ingin merasakan keuntungannya, maka Anda hanya perlu mendaftar dan mengupload produk Anda di halaman Indonetwork dengan mencantumkan harga, deskripsi barang, jumlah ketersediaan, ukuran, dan berat barang dengan lengkap. Jangan lupa pula untuk mencantumkan foto produk yang menarik, agar pelanggan tertarik.

Itulah dia beberapa tips jualan online yang bisa Anda praktekkan di bisnis Anda.


%d bloggers like this: