Cara setting mesin absensi kartu sangat berbeda ketika Anda melakukan setting pada mesin absensi fingerprint. Pasalnya, mesin absensi kartu bekerja dengan mencetak waktu kedatangan serta pulang pada kartu masing-masing karyawan.

Dalam artikel ini, Anda akan mendapatkan petunjuk tentang cara setting mesin absensi kartu pada mesin merek Kozure.

Tidak menutup kemungkinan, Anda juga bisa menerapkannya pada mesin absensi kartu merk lainnya. Perbedaan setiap mesin absensi kartu, biasanya terdapat pada tombol dan tampilannya saja. Lebih dari itu, cara setting bisa jadi sama.

Buka Mesin

cara setting mesin absensi kartu
Sumber: Pinterest

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka mesin absensi kartu menggunakan kunci yang ada. Kemudian, geser tombol yang ada di bawah “Set-/0” ke kanan untuk mulai setting.

Menyesuaikan Tahun

Kemudian, Anda bisa langsung setting tahun. Layar akan menampilkan angka yang dicetak kecil dan angka yang dicetak besar. Angka yang dicetak kecil merupakan nomor langkah setting, di mana nomor 01 diperuntukkan untuk setting tahun. Sementara angka yang dicetak besar dan terdiri dari 4 angka menunjukkan tahun yang bisa Anda ubah.

  • Klik tombol yang sejajar dengan simbol “+” untuk menaikkan angka pada tahun dan klik tombol yang sejajar dengan simbol “-“ untuk menurunkan angka
  • Klik tombol yang sejajar dengan symbol “enter” untuk beralih ke langkah selanjutnya.

Menyesuaikan Bulan dan Tanggal

Pada bagian ini, angka yang tercetak kecil menunjukkan angka 02, sedangkan angka yang tercetak besar dalam layar merupakan angka untuk bulan dan tanggal.

Dua angka pertama adalah angka yang menunjukkan bulan dan dua angka selanjutnya menunjukkan tanggal. Angka yang berkedip merupakan angka yang akan Anda ubah.

Maka, untuk menyesuaikan bulan dan tanggal adalah dengan menaikkan angka apabila Anda berada pada angka kecil dan menurunkan angka apabila Anda berada pada angka yang terlalu besar.

Klik “enter” untuk memindahkan angka yang berkedip atau ketika Anda selesai melakukan setting.

Apabila Anda merasa ada kesalahan pada apa yang Anda setting sebelumnya, tekan tombol yang sejajar dengan simbol “back” untuk kembali pada langkah sebelumnya.

Baca juga: Cara Reset Password Mesin Absensi Fingerprint Solution

Menyesuaikan Waktu

Pada bagian ini, ketika Anda menyesuaikan angka jam, maka angka yang tercetak kecil adalah 03 dan ketika Anda menyesuaikan menit, angka yang tercetak kecil adalah 04.

  • Klik tombol yang sejajar dengan simbol “+” untuk menaikkan angka dan klik tombol “-“ untuk menurunkan angka
  • Apabila angka jam sudah sesuai, klik tombol yang sejajar dengan simbol “enter”. Maka, angka yang berkedip akan bergeser pada dua angka terakhir untuk setting detik.
  • Ulangi langkah yang sama untuk menyesuaikan detik
  • Klik tombol yang sejajar dengan symbol “enter” untuk setting pada bagian selanjutnya
  • Geser dengan menekan tombol yang sejajar dengan simbol “enter” hingga angka yang tercetak kecil menunjukkan angka 06 untuk menyesuaikan alarm

Menyesuaikan Alarm

cara setting mesin absensi kartu
Sumber: Pinterest

Terdapat beberapa alarm yang bisa Anda setting pada mesin absensi kartu. Klik “enter” untuk melewati jika Anda tidak ingin setting alarm.

Alarm Pertama

Pada alarm pertama, digunakan untuk mengatur waktu masuk karyawan. Ketika Anda mengaturnya pada pukul 07:00, maka alarm akan berbunyi pada waktu tersebut.

Alarm Kedua

Pada alarm kedua, Anda bisa menggunakan untuk aktivitas yang akan dilakukan sebelum karyawan melakukan pekerjaannya.

Alarm Ketiga

Kemudian, alarm ketiga digunakan untuk merujuk pada waktu istirahat karyawan.

Alarm Keempat

Sementara alarm keempat untuk menunjukkan waktu kerja akan segera berakhir

Alarm Kelima

Baru pada alarm kelima untuk menunjukkan waktu kerja berakhir. Setelah itu, tekan tombol “enter” hingga angka yang tercetak kecil bergeser pada angka “12”.

Baca juga: Cara Kerja Mesin Absensi Sidik Jari

Menyesuaikan Waktu Shift Karyawan

Umumnya, waktu shift karyawan biasa dibagi menjadi 3 bagian, yakni pagi, sore, dan malam. Shift pagi berkisar antara pukul 07:00-14.00, shift sore berkisar antara 14:00-21:00, dan shift malam berkisar antara 21:00-07:00.

Untuk menyesuaikan waktu shift karyawan, bisa Anda lakukan seperti cara sebelumnya ketika mengatur alarm.
Apabila telah selesai, tekan enter hingga angka yang tercetak kecil bergeser ke angka “19”. Pada angka “19”, Anda bisa menyesuaikan waktu dispensasi yang Anda berikan pada karyawan.

Apabila waktu kerja pukul 07:00 dan Anda ingin memberikan dispensasi selama 5 menit, berarti Anda perlu mengatur waktu menjadi 07:05.

Menyesuaikan Margin

Pada angka 31-33 yang dicetak kecil, adalah bagian untuk mengatur margin. Bagian ini bertujuan, agar angka yang dicetak pada kertas, bisa sesuai dan pas pada kolom kertas, sehingga memungkinkan mesin mencetak waktu kedatangan dan pulang pada kartu setiap karyawan sesuai dengan shift yang telah dijadwalkan.

Apabila semua setting telah Anda lakukan dengan benar, jangan lupa untuk mencobanya terlebih dahulu sebelum digunakan secara profesional dalam perusahaan Anda. Pastikan semua pengaturan sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Baca juga: Cara Menggunakan Mesin Absensi Sidik Jari Solution dengan Mudah

Untuk mendapatkan mesin absensi termurah dan berkualitas, Anda bisa membelinya di PT. Trikomindo Kharis Utama. Trikomindo Kharis Utama adalah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi dan berperan sebagai system integrator. Menyediakan berbagai produk teknologi informasi dengan berbagai merek seperti mesin absensi, CCTV, camera, notebook, gadget, computer peripheral, hingga aksesoris. Merek-merek yang disediakan seperti Solution, Dell, Acer, Fujitsu, Lenovo, Infinity, Avtech, dan berbagai merek lainnya.


Author

%d bloggers like this: