Cara kerja mesin absensi berbeda-beda. Hal ini tergantung pada jenis mesin absensi yang Anda gunakan. Apakah itu mesin absensi sidik jari, kartu, atau menggunakan anggota badan lainnya untuk proses identifikasi.

Akan tetapi, yang pasti bekerja dalam mesin absensi adalah sistem membaca setiap teknik yang digunakan untuk proses identifikasi. Kemudian mesin melakukan pencocokan dengan kode unik yang telah tersimpan dalam database dan memberikan hasil verifikasinya.

Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai cara kerja mesin absensi sidik jari dan jenis-jenis mesin absensi yang beredar di pasaran.

Baca juga: 5 Fungsi Mesin Absensi yang Harus Kamu Ketahui!

Cara kerja Mesin Absensi

cara kerja mesin absensi
Sumber: Pinterest

Setiap mesin absensi sidik jari menggunakan garis tangan yang ada di jari untuk memverifikasi identitas karyawan yang masuk dan keluar. Mesin absensi yang menggunakan verifikasi sidik jari, bekerja sangat efisien dan cepat.

Sebenarnya, mesin absensi sidik jari tidak benar-benar menyimpan gambar jari Anda. Akan tetapi, mesin tersebut mesin tersebut hanya menyimpan serangkaian kode biner dalam bentuk kunci enkripsi yang digunakan pada setiap verifikasi. Oleh karena itu, setiap sidik jari yang didaftarkan tidak mungkin tertukar.

Mesin absensi sidik jari, mulai bekerja ketika jari Anda bertumpu pada bagian pemindai. Mesin absensi menandai setiap lekuk jari yang terbaca. Selain itu, sistem juga akan membaca bagian tengah berongga pada setiap garis tangan jari Anda.

Pemindai menempatkan grafik pada gambar yang dipindai dan mengukur jarak antara garis tangan jari dan titik-titik yang tercetak, sehingga membentuk kode unik yang berbeda-beda.

Kemudian mesin absensi melakukan proses pemindaian garis tangan yang ada di jari dan dicocokkan dengan kode unik yang telah tersimpan dalam database.

Apabila dalam proses verifikasi terdapat kecocokan, maka sistem akan memberikan aksesnya kepada pengguna. Akan tetapi, apabila tidak ada kecocokan, sistem akan memberi tahu bahwa tidak ada akses yang dibuka.

Cara kerja tersebut, biasa terjadi pada karyawan atau pengguna yang sidik jarinya sudah terdaftar dalam sistem. Untuk karyawan baru, harus menambahkan atau mendaftarkan sidik jari kepada admin yang memiliki akses ke mesin absensi. Karena hanya dengan mendaftarkan sidik jari terlebih dahulu, baru pengguna atau karyawan baru dapat menggunakan mesin absensi tersebut.

Baca juga: Cara Menggunakan Mesin Absensi Sidik Jari Solution dengan Mudah

Jenis-Jenis Mesin Absensi

cara kerja mesin absensi
Sumber: Pinterest

Setiap jenis mesin absensi, bekerja dengan cara yang berbeda-beda. Tergantung pada jenis mesin absensi yang digunakan. Mengingat mesin absensi tidak hanya terbatas pada proses pembacaan sidik jari saja, tetapi juga bisa membaca bentuk dan komposisi tubuh yang lain.

Berdasarkan jenis mesin absensi yang beredar di pasaran, terdapat mesin absensi dengan jenis fisiologis dan absensi perilaku.

Mesin Absensi Fisiologis

Jenis mesin absensi fisiologis bekerja dengan membaca karakteristik manusia atau bentuk dan komposisi tubuh. Proses verifikasi ini dapat dilakukan dengan mengandalkan bagian tubuh yang lain. Seperti melalui wajah, sidik jari, geometri tangan, retina, tanda tangan, vena, suara, dan DNA.

  1. Wajah
    Proses verifikasi yang menggunakan teknik verifikasi wajah, diproses melalui karakteristik dan pola wajah yang sudah terdaftar dalam sistem.
  2. Sidik jari
    Teknik verifikasi menggunakan sidik jari adalah teknik yang paling umum dalam mesin absensi. Mengingat tingkat akurasi pemindaian sidik jari juga terbilang tinggi.
  3. Geometri tangan
    Teknik verifikasi yang dilakukan menggunakan geometri tangan, diproses melalui pengukuran panjang jari, bentuk telapak tangan, dan geometri telapak tangan seseorang. Tentunya geometri tangan tersebut sudah terdaftar terlebih dahulu pada sistem, sehingga mesin bisa melakukan proses verifikasi.
  4. Retina
    Dalam teknik verifikasi menggunakan retina, dilakukan dengan memeriksa pembuluh darah yang ada di bagian belakang mata. Pembuluh darah tersebut diperiksa, apakah sesuai dengan salah satu retina seseorang yang terdaftar pada sistem atau tidak. Proses pemindaian dilakukan menggunakan sinar frekuensi rendah untuk memindai retina.
  5. Tanda tangan
    Dalam mesin absensi fisiologis, juga memungkinkan proses verifikasi menggunakan tanda tangan. Mesin akan merekam setiap gaya penulisan dan pola kata. Barulah kemudian dicocokkan dengan tanda tangan yang sebelumnya sudah terdaftar dalam sistem.
  6. Vena
    Teknik verifikasi menggunakan vena diproses dengan memeriksa pola vena di sisi belakang tangan atau pergelangan tangan untuk mengidentifikasi setiap pengguna.
  7. Suara
    Teknik verifikasi menggunakan suara, mengandalkan nada dan frekuensi suara setiap orang yang sudah terdaftar, karena suara setiap orang selalu memiliki warna yang berbeda, sehingga teknik ini dapat digunakan.
  8. DNA
    Seperti yang kita ketahui, setiap manusia memiliki DNA yang berbeda, oleh karena itu hal ini bisa dijadikan sebagai tolak ukur identifikasi pada mesin absensi. Mengingat tingkat akurasi identifikasi DNA juga sangat tinggi.

Mesin Absensi Perilaku

Jenis mesin absensi yang menggunakan teknik perilaku, dilakukan dengan mengidentifikasi karakteristik, seperti cara berjalan seseorang. Mesin absensi perilaku menggunakan teknik otentikasi perilaku, yakni memanfaatkan gelombang otak dan teknik tato.

Baca juga: Cara Manfaatkan teknologi untuk Meningkatkan Bisnis UMKM

Untuk mendapatkan mesin absensi termurah dan berkualitas, Anda bisa membelinya di PT. Trikomindo Kharis Utama. Trikomindo Kharis Utama adalah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi dan berperan sebagai sistem integrator.

Selain itu, PT. Trikomindo Kharis Utama merupakan authorized partner dari produk-produk teknologi informasi seperti mesin absensi, CCTV, camera, notebook, gadget, computer peripheral, hingga aksesoris.

PT. Trikomindo Kharis Utama juga menyediakan produk teknologi informasi dari merek-merek terkemuka. Seperti Solution, Dell, Acer, Fujitsu, Lenovo, Infinity, Avtech, dan berbagai merek lainnya.


Author

%d bloggers like this: