Indonetwork, Tips & Trik – Apakah Anda terkadang masih merasa kesulitan untuk menerjemahkan bahasa Inggris ke Indonesia? Jika iya, maka ada cara translate Inggris ke Indonesia otomatis yang bisa Anda ikuti dengan metode dan langkah pada artikel ini.

Memang dengan perkembangan teknologi dan informatika yang begitu pesat dan cepat, berkomunikasi dua arah juga mengalami perkembangan yang begitu signifikan. Sehingga, pada kalangan pelajar, pembisnis, maupun tingkat pekerja diharapkan dapat menerjemahkan metode berbahasa Inggris yang baik dan tepat sesuai dengan artikulasi berbahasa pada kehidupan sehari-hari.

Dengan kata lain, berkomunikasi dua arah sangat diharuskan mampu memahami dan mengerti makna teks ataupun makna bahasa Inggris. Mulai dari pembelajaran bahasa Inggris yang mendasar sampai pada tingkat standar berkomunikasi sehari-hari. Dan Anda juga pastinya diharapkan dapat dengan mudah menerjemahkan bahasa Inggris kedalam bahasa Indonesia begitupula sebaliknya.

Nah, berikut ini merupakan langkah ataupun cara menerjemahkan bahasa Inggris ke Indonesia yang mudah tanpa ribet!

menguasai Grammar dan Vocabulary

cara translate inggris ke indonesia otomatis
Sumber: Freepik

Yang pertama adalah menguasai grammar. Grammar merupakan suatu acuan atau patokan untuk kita memulai berkomunikasi atau berbahasa. Ibaratnya, ketika kita khatam grammar berbahasa Inggris, kita dapat mendeteksi lebih detail mengenai kalimat apa yang kurang maksimal  atau cenderung sulit untuk dimengerti lawan bicara. Grammar itu sendiri dapat Anda jadikan sebagai tenses, noun, verb, dan sebagainya.

Meminta Bantuan atau Review/ Feedback Translator (Orang Lain)

Tidak ada yang salah ketika Anda meminta bantuan, masukkan bahkan ulasan orang lain untuk mendapatkan sudut pandang yang berbeda/refresh dan cepat menemukan sesuatu yang janggal dari penerjemah Bahasa yang sedang Anda gunakan. Anda juga bisa menemui seseorang yang memang sudah berpengalaman seperti translator dalam dunia penerjemah Bahasa Asing.

Mereka yang sudah expert pada bidang ini, pastinya telah melewati proses yang lumayan panjang. Jangan cepat merasa cukup dan puas untuk terus improved dan konsultasikan hasil translate untuk mendapatkan hasil yang valid.

Baca Juga: 3 Bahasa yang Wajib Dikuasai dan Tips Belajar

Mengaktifkan Translate PADA Google Chrome di Smartphone

Dengan mengatur opsi Bahasa yang ingin digunakan serta mengaktifkan toggle pada opsi penerjemah halaman. Secara tidak langsung fitur auto translate akan segera aktif dan muncul notifikasi ketika Anda membuka laman baru dengan Bahasa asing di dalamnya. Hal ini begitu memudahkan Anda untuk memahami dan mengerti Bahasa Inggris yang ingin Anda terjemahkan.

Menggunakan Aplikasi Online SEPERTI Grammarly

cara translate inggris ke indonesia otomatis
Sumber: Freepik

Masih merasa banyak revisi dan kesulitan menerjemahkan padanan berbahasa Inggris? So, Anda dapat menggunakan aplikasi online seperti Grammarly. Di sini Anda dengan mudah dapat mencari dan menemukan istilah serupa ataupun yang sehubungan dengan suatu kata atau dokumen yang Anda ingin terjemahkan.

Dan memang beberapa aplikasi terjemahan saat ini juga telah memudahkan para user dengan satu sentuhan saja. Seperti, memilih Bahasa Inggris sebagai target untuk menerjemahkan kata, kemudian Anda dapat memilih ikon seperti kamera untuk digunakan sebagai tombol shutter. Kemudian Anda dapat zoom in atau zoom out lalu kemudikan pilihlah teks mana saja yang ingin Anda terjemahkan. 

Menerjemahkan Bahasa Inggris Dengan Metode Suara

Selain dapat terbantu dengan mengizinkan perangkat pintar Anda mengakses dan menggunakan kamra seperti yang sudah disebutkan di atas, Anda juga dapat menggunakan dan memeriksa kembali setelan pada mikrofon browser Anda! Pilihlah Bahasa Inggris yang ingin Anda terjemahkan pada halaman Google Translate ataupun pada aplikasi translator yang sudah mendukung metode ini.

Anda juga bisa memilih ikon mikrofon lalu kemudian megucapkan kata ataupun frasa yang ingin Anda terjemahkan. Dan kemudikan Anda bisa klik atau memilih stop ketika sudah selesai menggunakan mikrofon penerjemah bahasa. 

Chatting Dan Berkomunikasi Dengan Bahasa Inggris – Indonesia Lebih Mudah!

Dengan bantuan dan dukungan dari aplikasi Google translate yang telah diperbaharui atau di-upgrade selain dapat memudahkan Anda berkomunikasi dengan Bahasa Inggris, aplikasi ini memiliki keunggulan menarik seperti apabila Anda sedang tidak menggunakan jaringan internet atau dikoneksi internet, Anda akan dapat dengan mudah mengakses dan membuka aplikasi ini. Install dan setting penerjemahnya pada smartphone.

Dan jangan lupa aktifkan popup icon Google translate sehingga, tanpa membuka dua aplikasi secara bersamaan dan berulang, Anda dengan lebih mudah dalam melakukan terjemahan dan komunikasi lintas bahasa yang diinginkan! Google juga telah memiliki metode berupa Google Keyboard atau yang sering disebut dengan Gboard. Aplikasi ini diperuntukan guna memeriksa grammar secara otomatis.

Bahkan aplikasi ini juga sudah unggul dalam hal aksebilitas dibandingkan dengan keyboard yang berasal dari smartphone Anda. Layanan aplikasi ini sangat membantu untuk berkomunikasi formal terkait pendidikan dan pekerjaan, meskipun belum semua smartphone mendukung fitur tersebut.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Translate Bahasa Inggris Terbaik dan Terlengkap

Demikian, metode maupun langkah yang mungkin dapat Anda lakukan untuk menerjemahkan bahasa yang dapat memudahkan Anda untuk menerjemahkan lintas berbahasa Inggris ke bahasa Indonesia ataupun sebaliknya. Dan bagi Anda yang masih bingung untuk menerjemahkan kalimat atau dokumen penting, Anda dapat menggunakan jasa terjemahan bahasa Inggris dari CV. Solusindo Karya Nusa. Karena mereka telah berpengalaman selama bertahun-tahun sebagai jasa penerjemah bahasa Inggris dengan kualitas terbaik.

Editor: Langgeng Irma Salugiasih

Author

Enable Notifications OK No thanks