Indonetwork.co.id (Jakarta) – Perusahaan satu ini merupakan bidang usaha yang bergerak di sektor manufakturing dan trading untuk chemical electroplating.

Tumbuh kembangnya sektor industri terutama automotive, diiringi pula berbagai penyedia elemen sebagai pelengkap, termasuk juga perusahaan berikut ini.

“Kami mulai beroperasi sejak tahun 2010, sebagai penyedia chemical plating (pre treatment, additive and brightener plating, chromating and passivation),” ungkap Indra Priyana, Direktur PT. Alkan Chemical Indonesia (ACI).

Menurut Indra, pangsa pasar terbesar unit usahanya di Indonesia lebih mendominasi di industri otomotif. “Kami menjual cairan kimia yang dapat digunakan sebagai pelapis elemen atau komponen otomotif, tentunya yang berbahan metal,” jelasnya.

Baca juga: GEM Indonesia Suguhkan Pameran Energi Terbarukan Terbesar di ASEAN

“Kami menyediakan cairan kimia yang mampu melapisi komponen tersebut, seperti besi agar tidak mudah berkarat. Proses pelapisannya biasa di kenal dengan electroplating. Tak hanya menjual, kami juga menawarkan jasa electrocoating,” papar Indra.

Proses plating memiliki fungsi untuk memperkuat lapisan seperti hard chrome misalnya. Fungsi lainnya adalah mempercantik tampilan sehingga bentuknya dapat terlihat mengkilap.

Ramah Lingkungan
Selain mampu memperindah tampilan, proses pembuatan chemical electroplating kini terbilang ramah lingkungan dan tidak berbahaya terhadap penggunanya.

Menurut Indra, beberapa campuran chemical electroplating yang digunakan tidak lagi menggunakan cyanide dan hexavalent, senyawa kimia yang berbahaya.” Sebagai supplier chemical plating, kami berusaha memberikan produk terbaik dan ramah lingkungan,” urainya.

“Untuk saat ini kami hanya menjual cairan chemical electroplating saja. Namun, jika ada konsumen yang membutuhkan jasa proses pelapisannya, kami memiliki rekanan bisnis yang dapat direkomendasikan,” pungkas Indra.

“Kami menjual produk ini ke berbagai perusahaan jasa pelapisan yang merupakan sub kontraktor yang mensuplai ke hampir semua pabrik otomotif dan sektor industri lainnya,” imbuhnya.

Perlu diketahui bahwa, bahan baku campuran kimia yang dihasilkan Alkan Chemical Indonesia merupakan murni trading Indonesia. Cairan kimia ramah lingkungan yang dijual merupakan lokal produk dan mampu bersaing dengan perusahaan asing.

Gandeng Produsen Asing
“Kami juga bekerjasama dengan pihak asing asal Jepang yaitu Taiho LTD, untuk menjual chemical plating berbahan zinc. Mereka merupakan produsen spesialis yang mampu menghasilkan produk additive and brightener plating khusus berbahan zinc alkaline plating,” urai Indra.

Lebih lanjut Indra menjelaskan, additive and brightener plating merupakan proses pelapisan yang mampu menghasilkan estetika warna. Jika sebelumnya terlihat seperti besi biasa, ketika dilapisi akan nampak estetika warna yang menarik.

“Untuk bisa dipasang dalam komponen automotive, elemen berbahan metal itu harus terlebih dulu dilapisi cairan tahan karat berwarna chrome. Lapisan anti korosi bisa berwarna kuning, pelangi, biru dan hitam. Agar bisa menempel ke besi, caranya harus dilapisi zinc melalui proses chromating,” tutur Indra.

“Proses pelapisan ini diharapkan memperkuat sekaligus melindungi komponen dari korosi. Keunggulan proses ini juga mampu menyempurnakan tampilan. Komponen akan terlihat indah dan sempurna dari segi fungsinya,” katanya.

Bicara zinc plating, kekuatan tahap terhadap korosi tergantung dari permintaan customer. Untuk lokasi di luar ruang, lapisan ini mampu bertahan hingga 5-10 tahun.

“Kami memiliki standar uji kelayakan yang wajib diketahui oleh para sub kontraktor yang mensuplai ke pabrik otomotif. Dengan begitu, mereka akan mengetahui kekuatan chemical electroplating yang kami tawarkan,” ujar Indra.

“Indonesia memiliki market share plating 70% di sektor automotive, 30% elektronik. Kami membidik pangsa pasar terbesar. Bagi kami, sektor automotive merupakan potensi bisnis yang menggairahkan,” jelasnya.

Buka Peluang Kerjasama
Selain menjangkau pasar di wilayah Jabodetabek, Alkan Chemical Indonesia juga telah memperluas pemasarannya ke luar pulau Jawa. Bahkan beberapa pelanggannya berada di Surabaya dan Batam.

Pihaknya juga berencana membuka peluang kerjasama bagi perusahaan lokal maupun asing yang memiliki jaringan bisnis di pasar ASEAN untuk memasarkan produk chemical lainnya.

“Kami memproduksi chemical electroplating di wilayah Jakarta Timur, tepatnya di Cakung. Untuk pemasaran produk Taiho, kami memproduksinya langsung di Jepang,” ucap Indra.

Agar bisa bersaing dengan produk asing, pihaknya mampu memasarkan produk tersebut jauh lebih murah 20-30% dari produk luar.

“Kami berusaha bersaing dengan produk sejenis yang dipasarkan oleh perusahaan asing yang ada di Indonesia. Dengan kualitas yang lebih baik, kami hadir dan berupaya meraih pasar tanah air,” tegasnya.

Untuk bisa membeli produk chemical, Alkan Chemical Indonesia mengemasnya dalam bentuk bubuk dan liquid (cairan). Satuan berat yang dijual perkilogram. Untuk bahan kimia berbentuk bubuk, satu sacknya rata-rata memiliki berat 20 kilogram. Begitu pula bahan kimia berbentuk cairan.

Info lebih lanjut, Anda dapat menghubungi PT. Alkan Chemical Indonesia di Perkampungan Industri Kecil (PIK) di Jalan Raya Penggilingan Block C91-95 Cakung Jakarta Timur (021) 4600016. Branch Office: Ruko Mega Legenda Block B2 No.7-8 Batam Center, Batam.

Dedy Mulyadi