Indonetwork, Peralatan Industri – Untuk menghasilkan suatu produk, industri-industri tentunya membutuhkan alat-alat yang dapat menunjang produksi suatu produk. Bukan hanya alat-alat yang bisa menghasilkan, industri juga memerlukan alat ukur dan alat yang bisa membantu proses pengendalian. Alat-alat ini biasa disebut dengan alat instrumentasi.

Alat instrumentasi yang ada pada industri mempunyai berbagai macam fungsi yang dapat Anda gunakan untuk membantu pekerjaan. Pada dasarnya, fungsi utama alat instrumentasi adalah sebagai alat pengukuran, alat kenali, alat analisis, dan alat perekam data.

Berikut beberapa informasi mengenai daftar alat instrumentasi di industri yang perlu Anda ketahui. Mulai dari nama alat, fungsi, dan supplier dimana Anda bisa membeli alat-alat ini. Simak terus artikel ini hingga akhir!

Pengertian Alat Instrumentasi

Mengutip dari Wikipedia, instrumentasi adalah alat-alat yang digunakan dalam sebuah industri dengan sistem yang kompleks untuk mengukur dan mengendalikan suatu proses.

Fungsi utama alat instrumentasi adalah sebagai alat pengukuran, alat kenali, alat analisis, dan alat perekam data. Beberapa variabel seperti suhu, tekanan, flow rate, humiditas, pH, komposisi, dan lainnya dapat dikontrol dan diukur pada saat proses produksi untuk mencapai tujuan perusahaan.

Dengan adanya alat instrumentasi, industri dapat dengan mudah memastikan seluruh produk sesuai dengan kualitas yang sudah ditetapkan. Misalnya saja, pH meter yang bisa mengukur pH pada produk pangan. Setelah itu, angka yang sudah terukur bisa didokumentasikan dengan dicatat atau secara otomatis. Dari data ini kemudian akan dianalisa untuk membuat keputusan terkait produk.

BACA JUGA: DAFTAR HARGA JUAL BESI WF, BESI H BEAM, DAN BESI KANAL C

Alat Instrumentasi Industri

Berikut adalah beberapa alat instrumentasi lainnya pada industri yang biasa digunakan di industri minyak dan gas, kontraktor, procurement, tambang, power plant, dan sebagainya:

1. Pressure Gauge

pressure gauge

Sesuai dengan namanya, pressure gauge adalah alat yang digunakan untuk mengukur tekanan fluida pada tabung tertutup. Fluida yang diukur bisa berupa air, gas, atau lainnya. Satuan ukur dari pressure gauge berupa psi, bar, atau atm.

Alat ini bisa digunakan untuk mengukur dan memantau tekanan udara serta gas yang ada di dalam kompresor udara, alat vakum, proses produksi yang menggunakan tabung gas, dan lainnya.

Ada beberapa jenis temperature gauge, diantaranya yaitu: industrial pressure gauge, process pressure gauge, high precision test gauge, differential gauges, dan duplex pressure gauge. Masing-masing jenis ini dapat diaplikasikan pada industri yang berbeda, seperti industri minyak dan gas, manufaktur kimia, laboratorium, dan sebagainya.

Alat pressure gauge yang dapat ditemukan, di antara lain yaitu PBX-50-X, PBPSF115, Magnetics contact PG & DPG. Alat-alat ini dapat Anda temukan dari produsen Rueger.

2. Temperature Gauge

Temperature gaugeTemperature gauge

Temperature gauge adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu alat atau produk di suatu industri. Di industri, suhu produk bisa saja sangat panas dan tidak dapat diukur dengan termometer biasa. Maka dari itu, temperature gauge digunakan untuk mengetahui suhu mesin atau produk dan memastikan sudah sesuai dengan parameter yang telah ditetapkan.

Ada pula temperature sensor yang berbentuk tabung untuk mengukur suhu produk di dalam mesin, atau temperature sensor yang dapat ditempelkan pada permukaan mesin seperti alat skin tube temperature sensor.

Beberapa model temperature gauge yang sering digunakan di industri, yaitu TH-Gas, THI-THH-THV model, TG1-GAS-F dari Rueger. Rueger juga memiliki alat temperature lain seperti Rueger Thermo-Sensor S 10, S 20, dan sebagainya. Model-model temperature sensor atau temperature gauge dari Rueger ini dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

3. Temperature TransmitterYamari Thermocouple Thermometer Transmitter

Mirip dengan temperature gauge, alat ini digunakan untuk mengukur suhu, lalu ditransmisikan atau ditransferkan sinyal output tersebut ke sistem kontrol. 

Temperature transmitter mempunyai 2 jenis sensor, yaitu RTD (Resistance Temperature Detector) dan TC (Thermocouple). Dari kedua jenis sensor ini memiliki beberapa tipenya lagi yang dibedakan berdasarkan bahan dan spesifikasi yang berbeda-beda.

Merek alat instrumentasi Rueger memiliki beberapa macam temperature transmitter yang bisa Anda dapatkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

BACA JUGA: PRESSURE TRANSMITTER: PENGERTIAN, KOMPONEN, DAN CARA KERJA

4. Level Transmitter

level transmitter

Level transmitter adalah alat yang digunakan untuk mengukur suatu tingkat cairan dalam industri. Pada saat proses produksi, tingkat cairan sangat penting dan akan mempengaruhi hasil akhir produk tersebut. Tingkat cairan umumnya dibagi menjadi cair, cairan kental, bahan bakar, media kering, bubuk, dan sebagainya.

Jika ada perubahan tingkat cairan, maka dikhawatirkan akan mempengaruhi kualitas dan hasil akhir produk. Level transmitter ini biasa diaplikasikan pada industri makanan dan minuman, listrik, industri kimia, dan pengolahan air.

Beberapa jenis level transmitter, yaitu capacitance level transmitter, hydrostatic level transmitter, magnetic level transmitter, radar fill level transmitter, ultrasonic level transmitter, guided microwave level transmitter, dan liquid level transmitter.

5. Transducer

transducer
sumber: kamuharustau.com

Transducer adalah alat yang dapat mengubah suatu bentuk energi ke bentuk energi lainnya. Bentuk energi tersebut, misalnya adalah energi listrik, mekanik, elektromagnetik, cahaya, kimia, bunyi, dan panas. 

Cara kerja dari transducer adalah dengan mengubah energi menjadi bentuk sinyal elektronik

Supplier Alat Instrumentasi

Instrumentation Engineering And Services merupakan supplier yang menyediakan alat instrumentasi dan alat-alat industri lain yang mungkin Anda butuhkan. Perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 2009 ini sudah berpengalaman dalam menyediakan alat-alat instrumentasi industri seperti  temperature sensor, pressure gauge, temperature gauge, temperature transmitter, level transmitter, instrument valve, transducer dan lain-lain.

Tidak hanya menyediakan alat instrumentasi, PT. Instrumentation Engineering and Services juga menyediakan jasa konsultasi, layangan lapangan, pelatihan, dan teknik. Perusahaan ini akan terus mendukung dan menyediakan semua kebutuhan proyek yang Anda miliki.


%d bloggers like this: