Indonetwork.co.id (Surabaya) – Bertempat di Fave Hotel Mex Surabaya, Indonetwork kembali menggelar digital marketing workshop. Mengusung tema Tren Inovasi di Era Digital 2019, direktori bisnis online terbesar satu ini memaparkan berbagai hal dalam meningkatkan performa bisnis di era digital.

Sebanyak 53 peserta yang hadir di workshop tersebut merupakan para pelaku usaha yang tersebar di wilayah kota Surabaya dan sekitarnya.

Baca juga: Dukung Program Pemerintah, Indonetwork Buka Kesempatan Siswa PKL

Menurut Meddy H. Papinka, General Manager Indonetwork, tema yang diusung sangatlah tepat di era digital seperti saat ini. “Kami ingin para member aktif khususnya di kota Surabaya dapat mengetahui tren inovasi yang terjadi,” ucapnya.

Dalam paparannya Meddy mengatakan, dengan kondisi saat ini pelaku usaha sudah selayaknya merambah jangkauan bisnisnya ke ranah digital. Langkah strategi yang tepat dilakukan adalah menerapkan pemasaran secara online.

“Metode ini merupakan pilihan utama agar produk dan website yang mereka miliki dapat terbaca dengan baik oleh mesin pencarian Google. Cara berpromosi secara online merupakan langkah efektif,” ujarnya.

“Pemasaran secara online sudah menjadi keharusan yang mesti dilakukan. Memasarkan produk melalui jalur online nyatanya jauh lebih efektif ketimbang menerapkan cara konvensional,” jelas Meddy.

Terapkan SEO
Dalam digital marketing workshop singkat yang dikemas Indonetwork, Meddy mengulas langkah khusus agar website dapat ramah terbaca oleh Google. Salah satu point utama yang perlu diperhatikan adalah konten yang sesuai dengan produk yang dipasarkan.

Selain foto yang lebih menarik kata Meddy, website juga harus memiliki konten yang jelas. “Agar mudah terbaca oleh mesin pencarian Google, ada baiknya jika produk tersebut dibenamkan pula Search Engine Optimization (SEO),” pungkasnya.

Baca juga: Kemenperin Fasilitasi Pembangunan Politeknik Industri Furniture

Penerapan SEO merupakan serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis. Selain bertujuan meningkatkan volume transaksi, cara ini juga mampu mendongkrak kualitas trafik pengunjung website melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritme mesin pencari tersebut.

“Melalui metode ini, pelaku usaha bisa mengetahui seberapa besar calon potensial mencari produk yang sedang dipasarkannya. Sehingga strategi marketing yang diinginkan sesuai harapan,” imbuh Meddy.

“Kami akan berusaha membantu pelaku usaha untuk memperluas jangkauan informasi bisnis mereka agar dapat diterima dengan baik oleh pasar. Dengan demikian, masyarakat luas akan mengetahui secara rinci produk yang dipasarkan pemilik usaha tersebut,” kupas Meddy.

Dedy Mulyadi

Author

Enable Notifications OK No thanks