Dust collector punya peranan yang cukup penting di perusahaan yang bergerak di bidang pengecatan atau polishing works. Fungsi dari alat ini yaitu untuk menangkap debu atau partikel kecil yang bertebaran di udara.

Alat ini akan menyerap udara yang mengandung debu ke dalam dust chamber. Kemudian debut itu diterbangkan di udara dengan putaran spiral dan di bagian atasnya akan diadukan dengan udara yang berasal dari blower dengan putaran spiral ke bawah.

Dengan menggunakan alat ini debu yang akan bertebaran tadi bisa turun ke bawah yang kemudian ditangkap oleh bag filter. Sementara untuk udara bersihnya akan keluar dengan bebas.

Tips Memilih Filter Cartridge dalam Dust Collector

Salah satu partisi yang paling penting dari Dust collector ini adalah filter cartridge. Partisi ini berfungsi untuk menyaring udara yang keluar sehingga tidak akan mengurangi udara di sekitar.

Ketika filter udara yang dikeluarkan oleh dust collector ini tidak diperhatikan, maka perusahaan akan mendapatkan teguran dari lembaga terkait. Terlebih lagi debu yang dihasilkannya juga akan mengganggu warga di sekitar pabrik itu sendiri.

Supaya udara yang dikeluarkan bersih, filter cartridge yang digunakan juga harus bagus dan sesuai dengan dust collector. Lalu seperti apa cara memilih filter cartridge yang bagus untuk dust collector? Simak penjelasan kami berikut ini.

1. Tahu Faktor Filter Efisiensi

Terdapat dua tips dari pihak pembuat filter cartridge dalam menggambarkan nilai efisiensi dari filter cartridge ini. Tips pertama yaitu efisiensi berdasarkan gravimetri dan yang kedua berdasarkan MRV.

Bila berdasarkan gravimetrinya, cartridge dibaca kekuatannya berdasarkan bobot molekul udara yang melewati pori-pori cartridge. Sementara untuk MRV digambarkan berdasarkan nilai efisiensi minimum dari cartridge dimana satu merupakan nilai terendah dan 16 adalah nilai tertinggi.

2. Pengetesan debu

Anda juga perlu mengetesnya terlebih dahulu supaya filter cartridge dapat digunakan pada dust collector. Anda harus tahu jenis cartridge yang akan digunakan ke dalam dust collector karena harus sesuai dengan debu yang akan ditangani.

Jadi sebelum menentukannya, Anda harus tahu terlebih dahulu karakteristik yang dimiliki oleh debu itu sendiri. Misalnya apakah debu tersebut mudah meledak atau tidak. Karena hal ini juga bisa mempengaruhi Anda dalam memilih jenis cartridge.

3. Perhatikan Cost Operational

Saat ini sudah banyak perusahaan yang jual filter cartridge dan filter bag dust collector dengan harga yang murah. Namun Anda jangan tergiur dengan harganya yang murah saja, namun juga harus memperhatikan cost operasionalnya, kualitas, dan kemudahannya.

4. Gunakan Cartridge Dari Bahan Nano Fiber

Jika memang debu yang dihasilkannya tidak terlalu sulit, sebaiknya gunakan cartridge yang terbuat dari material nano fiber. Material ini mempunyai nilai efisiensi yang lebih tinggi dan tingkat penggunaan energinya juga lebih sedikit dibandingkan dengan material lainnya.

5. Perhatikan Ulir Cartridge

Pastikan juga bahwa cartridge yang Anda pilih itu punya bentuk yang beragam baik dari sisi kerapatan maupun bentuknya. Hal ini perlu Anda perhatikan supaya tidak ada masalah di kemudian hari.

Dust Collector punya peranan yang sangat penting untuk memfilter debu yang dikeluarkan ke lingkungan. Sehingga udara yang dihirup oleh warga di sekitar pabrik juga lebih sehat.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika memilih filter cartridge untuk dust collector. Pastikan untuk membeli komponen ini dengan kualitas terbaik supaya aman digunakan.


Author

%d bloggers like this: