Indonetwork, BisnisFacebook merupakan salah satu media sosial yang cukup populer dengan pengguna yang banyak mulai dari anak muda hingga orang dewasa menggunakan Facebook. Aplikasi ini dapat menghubungkan orang dari seluruh penjuru dunia dengan berbagai fitur menarik seperti membuat status, membagikan foto dan video, serta bertukar pesan.

Selain untuk penggunaan pribadi, ternyata facebook juga dapat digunakan dalam bisnis sebagai aktivitas marketing. Namun, untuk memasarkan produk di Facebook tidak semudah yang kelihatannya.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak terjadi kerugian atau kesalahan dalam aktivitas marketing Anda melalui facebook. Berikut artikel ini akan membahas mengenai tips jualan lebih untung dengan facebook marketing. Pastikan Anda membaca hingga selesai.

Pengertian Facebook Marketing

facebook marketplace
Sumber: Meta

Facebook marketing adalah kegiatan memasarkan barang yang Anda jual dengan menggunakan akun Facebook untuk bisa memasarkan produk dan menjalin komunikasi yang intens dengan calon pembeli. 

Keuntungan dari facebook marketing adalah mampu menjangkau banyak orang karena facebook memiliki penggunaan sekitar 2,7 milyar. Selain itu, facebook menyediakan fitur Facebook ads dan marketplace yang dapat memudahkan bisnis untuk memasarkan produknya dan menjangkau pasar lebih luas.

Kelebihan Facebook Marketing

kelebihan facebook marketing
Sumber: TechCrunch

Facebook marketing memiliki beberapa kelebihan yang menarik dibandingkan metode pemasaran lain, diantaranya yaitu:

1. Mudah Bagi Pengguna

Facebook sebagai salah satu pelopor platform media sosial tentunya sudah sangat ramah dan mudah digunakan oleh para penggunanya.

Tak terkecuali fitur facebook marketing yang mudah dilihat dan dijalankan oleh setiap penggunanya. Jika Anda ingin melakukan pemanasan lewat Facebook, Anda dapat membuat facebook page. 

Facebook page merupakan suatu halaman publik yang dibuat secara khusus untuk brand terkenal, selebriti, bisnis, dan juga organisasi. Anda juga dapat menentukan kategori dan informasi bisnis Anda melalui Facebook page.

Baca Juga: Cara Mudah Menerapkan Digital Marketing Untuk UMKM

2. Memiliki Jangkauan Yang Luas

Seperti yang sudah diketahui, Facebook memiliki jumlah pengguna yang banyak. Dengan banyaknya pengguna facebook, Anda dapat memperluas jangkauan target pasar Anda sehingga akan meningkatkan penjualan Anda.

3. Membangun Brand Awareness

Facebook mampu membantu Anda dalam membangun brand awareness produk secara baik. Dikarenakan banyaknya pengguna aktif platform media sosial ini. Anda dapat secara konsisten membagikan konten sesuai dengan brand image yang ingin Anda bangun dan tentu saja perlu diiringi dengan membuat konten yang menarik.

Strategi Efektif Menjalankan Facebook Marketing

facebook marketing

Dalam berbisnis tentu saja diperlukan strategi yang tepat agar bisnis yang Anda jalani akan berjalan. Oleh sebab itu, Anda juga perlu melakukan beberapa strategi Facebook marketing sebagai berikut:

1. Menentukan Tujuan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tujuan dengan jelas. Jika Anda tidak memiliki tujuan yang jelas, maka sulit untuk mengukur tingkat keberhasilan bisnis Anda. 

Beberapa goals berbisnis dengan facebook marketing diantaranya adalah untuk membangun brand awareness, meningkatkan engagement, traffic website, dan mendapatkan konversi atau penjualan.

Anda dapat memilih goals atau tujuan sesuai kebutuhan Anda. Namun, jika Anda masih bingung menentukan tujuan Anda dapat melakukan survey kepada pelanggan Anda kemudian Anda dapat menganalisa agar dapat mengetahui tujuan Anda.

2. Menjalin Hubungan Dengan Audiens Anda

Meningkatkan engagement dengan cara aktif dalam berinteraksi dengan audiens juga termasuk strategi dalam marketing. Misalnya, Anda membuat konten yang menarik dan dapat melakukan interaksi, seperti konten kuis atau tebak-tebakan.

Dengan cara ini, para pelanggan akan aktif merespon sehingga hubungan Anda dan audiens terjalin dengan baik. Semakin sering Anda melakukan interaksi dengan audiens di kolom komentar dan menyebut nama bisnis Anda secara personal, maka ini bisa meningkatkan engagement Anda.

Baca Juga: Harga Lebih Murah Dan Mudah, Berikut Manfaat Belanja Online

3. Membuat Konten Yang menarik

Membuat konten yang menarik merupakan inti dari digital marketing. Usahakan agar tidak memposting teks atau tulisan saja .Anda dapat membuat konten menarik dengan cara menyisipkan gambar atau video, sehingga akan membuat pelanggan tertarik.

Laman resmi Wordstream melaporkan bahwa penggunaan video untuk kegiatan promosi mampu menarik 46% konsumen dalam melakukan pembelian produk atau berlangganan jasa layanan. 

Video pendek berdurasi 15 detik hingga 1 menit yang menunjukkan keunggulan produk sangat digemari oleh para pengguna media sosial akhir-akhir ini, jadi tidak salahnya Anda juga mencoba cara yang satu ini.

4. Pilih Waktu Posting

Terlalu sering memposting konten marketing juga dapat menjadi boomerang bagi bisnis Anda. Pasalnya hal ini akan membuat audiens Anda bosan dan menganggap konten Anda hanya spam. 

Oleh karena itu, Anda perlu membuat jadwal posting agar tidak terjadi membuat audiens bosan. Anda dapat memposting konten Anda dari jam 9 pagi hingga jam 3 sore karena jam tersebut termasuk waktu posting konten yang paling ideal secara global.

Cara lainnya adalah dengan melihat insights terkait akun Anda dan melihat kapan waktu dimana para audiens Anda paling aktif di sosial media.


Itulah informasi mengenai jualan lebih untung dengan Facebook marketing semoga dapat membantu bisnis yang Anda jalani. Jika Anda sedang mencari tempat untuk memasarkan produk Anda, Anda dapat menggunakan platform B2B marketplace seperti Indonetwork.

Sebagai pelopor B2B marketplace yang sudah terkenal di Indonesia, Indonetwork akan membuat produk dan perusahaan Anda lebih dikenal lebih luas karena setiap bulannya, ada ratusan ribu orang yang mengunjungi website Indonetwork. Segera daftarkan diri Anda menjadi member Indonetwork dan rasakan keuntungannya!

Penulis: Adelia

Editor: Nafila Chaerunnisa

Enable Notifications OK No thanks