Indonetwork, BisnisBeralihnya semua hal ke media digital telah mengubah banyak hal, termasuk penjualan bagi para pemilik bisnis. Sekarang, Anda dapat dengan mudah melakukan transaksi jual beli secara online. Hal ini biasa disebut dengan penerapan digital marketing untuk UMKM.

Kunci dari digital marketing atau pemasaran digital adalah dengan membuat konten yang baik dan relevan dengan apa yang dibutuhkan oleh konsumen serta produk apa yang Anda miliki.

Jika Anda ingin usaha atau bisnis Anda tetap eksis dan berkembang di masa-masa seperti ini, maka ada baiknya untuk mulai menerapkan digital marketing untuk UMKM Anda. 

Penerapan digital marketing untuk UMKM cukup mudah, simak artikel ini untuk lebih lanjut!

Apa Itu Digital Marketing?

transaksi online

Secara singkat, digital marketing adalah suatu aktivitas promosi sebuah usaha menggunakan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara luas.

Media digital yang dimaksud adalah suatu media online yang menggunakan akses internet seperti media sosial, website, dan sebagainya.

Sebagai gambaran lain, dilansir dari Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 210 juta pada tahun 2022. Profil pengguna internet ini pun sangat beragam, mulai dari remaja (13 tahun) hingga orang tua pun sudah dengan mudah bisa mengakses internet.

Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan jika Anda juga memanfaatkan internet sebagai media pemasaran Anda.

Manfaat Digital Marketing

Menggunakan internet melalui digital marketing sebagai media pemasaran memiliki banyak manfaat positif. Beberapa diantaranya, yaitu:

  • Jangkauan konsumen lebih luas dari berbagai daerah, 
  • Mudah digunakan dan diimplementasikan,
  • Informasi lebih cepat tersampaikan dan mudah disebar,
  • Biaya relatif lebih sedikit daripada pemasaran offline, bahkan gratis, dan
  • Return of Investment (ROI) cepat. ROI berarti pendapatan yang kamu hasilkan dari biaya promosi, pemasaran, atau iklan yang dihabiskan. 

Apa Saja Channel dalam Digital Marketing?

Sesuai dengan namanya, digital marketing menggunakan media digital atau online untuk pemasarannya. Beberapa media digital yang digunakan dalam kegiatan digital marketing adalah mesin pencari atau search engine (Google, Bing, Yahoo), website, media sosial, dan email. 

Mari kita bahas secara singkat beberapa channel digital marketing yang ada.

1. Search Engine

Setiap detiknya, tentu ada banyak orang yang mencari sesuatu di mesin pencari seperti Google. Misalnya, Anda sedang membutuhkan suatu barang. Mungkin saja, Anda akan langsung mengetikkan barang tersebut di Google. Anda bisa memaksimalkan website yang Anda miliki agar muncul di halaman pertama SERP.

Begitu pula pada saat ingin mencari tahu suatu informasi. Kemungkinan besar konsumen akan mencari artikel-artikel terkait dari internet, terutama Google. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk meningkatkan brand awareness melalui konten-konten artikel yang bisa menjawab pertanyaan konsumen yang berkaitan dengan produk atau bisnis Anda.

BACA JUGA: MENGENAL SEO: MENGOPTIMALKAN WEBSITE DI MESIN PENCARIAN UNTUK BISNIS

2. Media Sosial

Setelah konsumen sudah menemukan produk Anda dari Google, mungkin mereka akan mencari media sosial yang Anda miliki seperti Instagram dan Facebook. Biasanya, konsumen akan lebih suka dan percaya dengan bisnis yang memiliki kehadiran secara online atau online presence di sosial media.

Anda bisa memanfaatkan sosial media, membuat konten-konten dengan visual yang menarik. Dari sini, konsumen mungkin bisa mendapatkan gambaran tentang keunggulan yang dimiliki oleh produk Anda. Harapannya, jika konsumen sudah mencapai tahap interest melalui media sosial ini, mereka akan menghubungi Anda untuk melakukan transaksi.

3. Website

Jika Anda ingin bisnis Anda menonjol secara online dan muncul di Google, tentunya Anda perlu memiliki sebuah website. Di dalam website, Anda bisa mencantumkan segala informasi yang berkaitan dengan bisnis Anda.

Harapannya dengan memiliki website sendiri, Anda akan menjangkau lebih banyak orang dan memperoleh lebih banyak calon konsumen. Anda bisa menampilkan lebih banyak produk, membuat konten-konten terkait, dan sebagainya. Untuk memaksimalkan performa website di mesin pencari (Google), maka Anda bisa mengoptimasi SEO website Anda.

Contoh Penerapan Digital Marketing untuk UMKM

Jika Anda sudah memahami dasar dan channel digital marketing yang sudah dijelaskan di atas, kini mari kita bahas penerapannya pada UMKM.

Misalnya, Anda memiliki usaha catering yang sudah memiliki cabang di beberapa kota besar dan ingin mengembangkan bisnis Anda. Nah, untuk menerapkan digital marketing untuk bisnis Anda ini cukup mudah, loh!

Pertama, Anda bisa membuat akun media sosial seperti Facebook atau Instagram. Keduanya tentu memiliki kriteria pengguna yang berbeda. Anda bisa menyesuaikan media sosial yang sesuai dengan target pengguna di tiap channel.

Pada sosial media tersebut, Anda bisa membuat beberapa konten visual, misalnya menu yang Anda sajikan, foto-foto testimoni makanan, review dari pelanggan, dan konten-konten lain yang sejenis yang bisa mendatangkan pelanggan baru. Jangan lupa untuk mencantumkan kontak di tiap postingan atau bio profil untuk memudahkan konsumen menghubungi Anda.

Selain media sosial, Anda juga bisa memanfaatkan Google. Jika Anda sudah memiliki website, Anda bisa memaksimalkan kata kunci yang berkaitan dengan bisnis Anda. Misalnya untuk usaha catering, kata kunci yang sering digunakan adalah “catering rumahan”, “catering bulanan”, “catering jakarta”, “paket makan siang”, dan lain sebagainya.

logo indonetwork 512

Jika Anda sedang mencari platform yang bisa membantu Anda mengiklankan produk secara online, Anda bisa memanfaatkan Indonetwork. Indonetwork sebagai salah satu B2B marketplace memiliki banyak pengunjung setiap harinya yang mencari produk-produk tertentu, termasuk bisnis Anda.

Selain itu, kami juga bisa membantu Anda membuat website perusahaan dan akan memaksimalkan SEO dari website Anda tersebut.


%d bloggers like this: