Indonetwork, Peralatan Industri – Bagi Anda yang bekerja di bidang ekspedisi atau pengiriman pasti sudah tidak asing dengan benda bernama pallet kayu. Namun, bagi sebagian orang awam mungkin sebagian dari Anda masih asing dengan bentuk, fungsi, dan jenis pallet kayu seperti apa.

Mungkin Anda pernah melihat pallet kayu saat pergi ke jasa ekspedisi atau masuk ke suatu gudang logistik. Untuk melengkapi informasi Anda, pada kesempatan ini akan mengulas apa itu pallet kayu dan jenis-jenisnya yang sering digunakan.

Pengertian Pallet Kayu

Pallet kayu adalah platform datar yang terbuat dari bahan kayu yang gunanya untuk meletakan, menyusun, hingga melindungi barang yang disimpan atau akan diangkut ke tempat lain. Sebenarnya pallet dapat terbuat dari plastik atau bahan lain, namun pada kali ini akan fokus membahas pallet kayu yang populer digunakan. Pallet kayu adalah platform yang sering digunakan untuk packaging barang berat atau dalam jumlah banyak.

Pallet kayu kebanyakan didesain berbentuk persegi dan persegi panjang yang berongga dan memiliki kaki. Bentuk tersebut supaya memudahkan handstacker, forklift, crane, dan handpallet saat mengatur posisi barang dan mengangkutnya.

Bukan hanya di bidang ekspedisi, pallet kayu juga sangat digunakan dalam pergudangan, logistik, minimarket, hingga pasar-pasar tradisional. Melihat kegunaannya tersebut, benda ini merupakan salah satu elemen penting dalam rantai pasokan global.

Fungsi Pallet Kayu

Terdapat beberapa fungsi pallet kayu yang penting, di antaranya:

Penyusunan dan Perlindungan Barang

Pallet kayu digunakan untuk menempatkan dan menyusun barang-barang supaya rapi dan terorganisir. Biasanya, pallet kayu diletakan sebagai alas barang, sehingga akan mencegah barang bersentuhan langsung dengan lantai atau tanah yang basah dan kotor. 

Memudahkan Pengaturan Logistik

Dengan pallet kayu, proses penanganan barang menjadi lebih mudah. Mulai dari angkat barang, dimuat, dibongkar, hingga pengangkutan menggunakan alat bantu transportasi gudang, seperti forklift atau pallet jack. Hal ini meningkatkan efisiensi dan mengurangi risiko cedera pekerja.

Menghemat Ruang

Penumpukan barang menggunakan pallet kayu memungkinkan dilakukan secara vertikal ke atas. Penataan vertikal akan menyisakan banyak ruang, sehingga dapat memaksimalkan kapasitas penyimpanan.

Standarisasi Pengiriman

Pallet kayu memiliki ukuran standar atau tetap. Ini akan memudahkan perusahaan dalam merancang dan mengoptimalkan kapasitas penyimpanan dan pengiriman.

Mengamankan Barang

Kayu yang digunakan untuk membuat pallet kayu ada bermacam-macam, mulai dari pinus, ek, meranti, cedar, oak, mahoni, hingga redwood. Masing-masing kayu memiliki karakteristiknya sendiri, namun sama-sama kuat menopang barang. Penggunaannya tetap disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik barang yang disimpan atau diangkut.

Baca Juga: Kursi Taman dari Kayu Palet, Ukuran, dan Modelnya

Jenis Pallet Kayu

Berikut beberapa jenis pallet kayu yang biasa digunakan di pergudangan, logistik, dan ekspedisi, yaitu:

Two Way Entry Pallet

Two Way Entry Pallet
Sumber: Indonetwork

Ini adalah jenis pallet dengan akses dua arah. Dari desainnya, two way entry pallet memang ditujukan untuk diakses dari dua sisi yaitu di sisi kanan dan kiri sejajar.

Solid Deck Pallet

jenis pallet - Solid Deck Pallet
Sumber: Bizongo

Pallet jenis solid deck pallet memiliki permukaan dek yang rapat tanpa rongga atau celah. Pallet ini cocok untuk meletakan barang-barang yang memerlukan alas rata dan stabil, seperti barang ringkih.

Skid Pallet

jenis palet - Skid Pallet
Sumber: Abbey Pallets

Bentuknya lebih sederhana, hanya terdiri dari satu atau dua balok tanpa dek. Sering digunakan untuk menyimpan atau mengangkat barang dalam kerangka.

Single-Wing Pallet

jenis pallet - Single-Wing Pallet
Sumber: Daganghalal

Seperti namanya, pallet ini hanya memiliki satu sisi terbuka, sehingga memudahkan forklift atau pallet jack dari satu sisi. Pallet ini biasanya digunakan untuk akses satu arah yang lebih praktis.

Two Way Reversible Pallet

jenis pallet - Two Way Reversible Pallet
Sumber: IndiaMART

Pallet ini memiliki dua dek berongga yaitu di atas dan bawah, sehingga dapat digunakan dari kedua sisi.

Non-Reversible Pallet

jenis pallet - Non-Reversible Pallet
Sumber: IndiaMART

Sebaliknya, pallet ini hanya dapat digunakan dari satu sisi, biasanya lebih kuat dan stabil daripada jenis two way reversible pallet.

Four-Way Stringer Pallet 

jenis pallet - Four-Way Stringer Pallet 
Sumber: connerindustries.com

Seperti namanya, pallet ini memiliki empat stringer atau balok penyangga, sehingga memungkinkan akses dari semua sisi. Four-way stringer pallet sangat fleksibel pengangkutan dengan forklift.

Double-Wing Pallet

jenis pallet - Double-Wing Pallet
Sumber: Exporters India

Mirip seperti single-wing pallet, namun memiliki dua sisi terbuka sehingga memungkinkan bisa diakses dari kedua arah.

Double-Face Pallet

jenis jenis pallet - Double-Face Pallet
Sumber: Google

Jenis pallet ini memiliki dua dek yang dapat digunakan untuk menempatkan barang, sehingga sangat cocok untuk barang yang membutuhkan stabilitas tambahan.

Block Pallet

jenis jenis pallet - Block Pallet
Sumber: Go Green EP

Berbeda dengan yang lain, jenis block pallet terdapat penyangga di bawah dek, sehingga lebih kuat dan sering digunakan untuk barang-barang berat.

Baca Juga: Cara Menggunakan Forklift Aman untuk Memindahkan Barang

Ukuran Pallet Kayu Sesuai Standar ISO

Seperti yang sudah disebut di atas, ukuran pallet kayu dirancang stabil dan tetap, bahkan memiliki standar internasional dan ISO Standard Pallet. Berikut ukuran kayu pallet berdasarkan standar internasional.

ISO Standart Pallet

ukuran pallet kayu ISO standard

North American Standard

ukuran pallet kayu North American Standard

Rekomendasi Pabrik Pallet Kayu Terpercaya

Setiap jenis pallet kayu memiliki keunggulan dan kelebihannya masing-masing, sesuai kegunaannya. Keberadaan pallet kayu tentu sangat penting bagi Anda yang bekerja di bidang ekspedisi dan logistik. Anda tentu ingin pallet kayu yang digunakan dapat tahan lama dan awet.

Karena itu, Anda dapat menghubungi PT. Revindo Karya Utama untuk mengurus pallet kayu sesuai keinginan dan spesifikasi yang Anda butuhkan. PT. Revindo Karya Utama telah melayani pembuatan pallet kayu, foldable box triplek, plywood foldable box, hingga jumbo bag. Mereka pun menerima pesanan dalam jumlah besar maupun dalam jumlah kecil, serta melayani permintaan spesifikasi khusus sesuai kebutuhan pelanggan.

Enable Notifications OK No thanks