Indonetwork, Transportasi – Saat ini kebutuhan untuk mengirimkan barang antar daerah semakin meningkat. Peningkatan ini banyak dipengaruhi faktor salah satunya adalah berkembang pesatnya perdagangan online. Pengiriman dari satu kota ke kota lain pun semakin ramai. Begitu pula dengan pengiriman antar pulau.

Bagi Anda yang sedang membutuhkan jasa ekspedisi Jakarta Balikpapan, simak artikel di bawah ini untuk mendapatkan rekomendasi jasa ekspedisi terpercaya. Tetapi sebelum itu alangkah lebih baiknya jika kita mendalami terlebih dahulu mengenai jasa ekspedisi, berikut ulasannya.

Apa itu jasa ekspedisi?

jasa ekspedisi
Sumber: Pexels

Dari konteks bisnis, jasa ekspedisi berhubungan erat dengan proses pengiriman yang dilakukan oleh sebuah perusahaan. Dalam praktiknya, perusahaan selalu berusaha memberikan pelayanan optimal agar tercipta efektivitas dan efisiensi selama pengiriman. 

Semakin berkembangnya teknologi, dunia bisnis online atau perdagangan lainnya pun semakin meningkat. Maka, perusahaan ekspedisi pun semakin banyak dan beragam. Jenis layanan yang ditawarkannya pun demikian, mulai dari pengiriman cepat, ongkos yang murah dan penerapan asuransi pada proses pengiriman.

Jadi, jasa ekspedisi adalah perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman paket barang di mana setiap pelanggan diharuskan membayar ongkos kirim sesuai daerah tujuan. Ada beberapa jalur pengiriman yang biasanya dilakukan, seperti jalur darat, laut dan udara ke seluruh daerah di Indonesia atau ke luar Indonesia.

Baca juga: TIPS MEMENUHI KEBUTUHAN PERALATAN LISTRIK INDUSTRI KALIMANTAN

Mengapa jasa ekspedisi semakin dibutuhkan?

jasa ekspedisi darat
Sumber: Pexels

Ekspedisi semakin dibutuhkan di era modern yang serba cepat ini karena dapat memberikan kemudahan dalam hal kirim-mengirim barang. Seperti untuk menunjang bisnis dalam berjualan misalnya berjualan melalui online shop atau marketplace.

Tentu orang yang memiliki bisnis dan berjualan produk secara online sangat membutuhkan jasa ekspedisi untuk menyampaikan produknya ke tangan konsumen. Hal ini karena bisnis online mencakup area yang sangat luas karena siapa saja bisa mengakses dan bertaransaksi selama terkoneksi dengan jaringan internet.

Oleh sebab itu, saat ini semakin banyak bermunculan perusahaan yang bergerak di bidang jasa ekspedisi terutama barang. Jasa pengiriman cukup menjanjikan untuk memperoleh keuntungan sebesar-besarnya. Perusahaan ekspedisi saat ini sering digunakan untuk mengirimkan barang ketika berbelanja online.

Dengan menjamurnya perusahaan ekspedisi tentunya lapangan pekerjaan semakin terbuka lebar terutama untuk menjadi Kurir. Menjadi kurir tentunya tidaklah mudah, pekerjaan ini membutuhkan kegesitan dan ketepatan, terutama dalam memahami daerahnya masing-masing serta mencari alamat konsumen.

Tips dalam memilih jasa ekspedisi

jasa pengiriman
Sumber: Pexels

1. Pilih Jasa Logistik yang Terpercaya

Pertama, pastikan Anda menggunakan jasa logistik yang terpercaya dan sudah banyak digunakan oleh bisnis lainnya. Walaupun mungkin ada jasa logistik lain yang menawarkan tarif yang lebih murah, Anda harus memperhatikan juga apakah layanan tersebut kredibel dan memiliki layanan yang berkualitas atau tidak.

2. Standar Tarif yang Jelas

Tips kedua dalam memilih layanan pengiriman barang adalah melihat rincian tarif pengiriman dari jasa logistik tersebut. Anda bisa memeriksa biaya tarif berdasarkan beberapa hal seperti jarak pengiriman dan berat barang. Dengan mengetahui standar ongkos kirim, akan jadi lebih mudah menghitung biaya pengiriman yang perlu Anda siapkan. Anda bisa cek tarif pengiriman pada website penyedia jasa logistik.

3. Memiliki Asuransi dan Jaminan

Asuransi sangat penting untuk keamanan barang yang akan dikirim. Karena potensi terjadinya masalah pada saat proses pengiriman sangat besar, misalnya barang bisa rusak atau bahkan hilang. Oleh karena itu, jika Anda mencari perusahaan ekspedisi carilah perusahaan yang menyediakan asuransi dan jaminan keamanan barang.

4. Kecepatan Pengiriman

Saat membeli barang, orang pasti ingin segera bisa menerima produk tersebut di tangannya. Maka itu, semakin cepat Anda bisa mengirim barang ke pembeli, semakin tinggi pula tingkat kepuasan mereka.

Jasa pengiriman barang yang sudah profesional pasti akan menjamin pengiriman sehingga keterlambatan pun bisa dihindari. Anda bisa memilih jasa logistik yang menawarkan jasa pengiriman di hari yang sama sehingga pelanggan pun tidak perlu berlama-lama menunggu barang yang mereka pesan.

5. Pilih jasa ekspedisi yang mudah dihubungi

Alasan kenapa Anda harus memperhatikan kontak jasa ekspedisi adalah untuk memantau barang yang kita kirim. Selain memantau bilamana terjadi suatu hal yang tidak diinginkan atau kendala lainnya kita bisa langsung menghubungi kontak jasa ekspedisi yang bersangkutan.

Misalnya, ketika barang sudah sampai di kota tujuan, ternyata setelah beberapa hari barang belum sampai di alamat tuju. Mungkin terjadi sesuatu seperti kurir yang ceroboh atau lain sebagainya. Jika terdapat masalah semacam itu segera hubungi layanan pelanggan jasa ekspedisi dan menanyakan barang Anda.

6. Jaminan Keamanan

Jika Anda menjual barang-barang yang rapuh seperti kaca, perhiasan, furnitur, atau barang-barang yang memerlukan penanganan khusus seperti es krim atau makanan beku. Maka, Anda memerlukan pengiriman yang aman agar barang yang dikirim tidak rusak. Untuk menghindari barang rusak dan yang ada konsumen jadi kecewa, Anda bisa mencari jasa logistik yang menawarkan jaminan atau fitur khusus untuk menjaga barangmu. 

7. Kemudahan untuk Tracking

Terakhir, untuk menjamin keamanan, kamu bisa memilih jasa logistik yang memungkinkan kamu untuk melacak pengiriman. Jadi Anda bisa benar-benar memastikan bahwa barang yang dikirim sudah diterima oleh pembeli atau belum.

Baca juga: KEUNGGULAN PRODUK KARTON GELOMBANG DI SURABAYA

Rekomendasi Jasa Ekspedisi Jakarta Balikpapan

Untuk Anda yang sedang membutuhkan jasa ekspedisi Jakarta Balikpapan, PT. Edelweis Logistik adalah solusinya. Perusahaan ini bergerak di bidang jasa pengiriman dan logistik yang melayani segala macam kebutuhan industri yang berada di Indonesia dan didirikan sejak 2011 sehingga sudah memiliki banyak pengalaman. PT. Edelweis Logistik telah mempunyai jaringan hampir di seluruh Indonesia di mana seluruh kantor perwakilan mempunyai prinsip yang tinggi dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. 

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks