Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Semua makhluk hidup membutuhkan air untuk mempertahankan kehidupannya. Oleh karena itu air merupakan salah satu benda yang paling penting di bumi. Tentu akan sangat disayangkan jika penggunaan air dilakukan dengan boros atau berlebihan. Maka perlu ada kebiasaan untuk menggunakan air dengan bijak. Salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk mengontrol penggunaan air menggunakan water meter 1/2 inch.

Water meter merupakan alat yang digunakan untuk menghitung banyaknya aliran air yang mengalir pada suatu pipa. Water meter dilengkapi juga alat penunjuk yang berfungsi mengetahui volume air yang masuk. Dengan adanya alat pengukur tersebut maka akan diketahui secara akurat debit air yang telah mengalir.

Baca Juga: APA ITU CONTROL VALVE, FUNGSI, DAN MACAM-MACAMNYA

Saat ini water meter sudah banyak digunakan perusahaan air minum dalam menunjang operasionalnya. Karena dengan water meter akan diketahui jumlah biaya yang harus dikeluarkan perusahaan tersebut. Selain itu, dengan adanya water meter, biaya yang harus dibayar oleh pelanggan dapat ditentukan. Dengan fungsinya tersebut, water meter dapat dikatakan sebagai media penghubung atau alat komunikasi antara perusahaan air minum dengan pelanggannya.

Fungsi Water Meter

Setiap water meter memiliki fungsi yang berbeda tergantung jenisnya, tetapi secara umum water meter dapat digunakan sebagai berikut:

1. Menghitung Biaya Produksi

Water meter dapat digunakan untuk menghitung penggunaan volume air. Dengan kegunaannya tersebut maka akan diketahui jumlah air yang terpakai secara valid.

2. Mengukur Cairan dalam Industri Makanan

Pada industri makanan water meter dapat digunakan untuk menambah hasil produksinya. Perusahaan dapat menggunakan water meter dengan batching system yaitu mengukur jumlah air dalam produksi makanan yang akan dibuat.

3. Digunakan dalam Pengolahan Limbah

Water meter dapat digunakan dalam pengolahan limbah. Meteran air tersebut akan mengukur bahan kimia yang digunakan, misalnya flokulan dan koagulan. Setelah diketahui jumlahnya makan akan diketahui biaya pengolahan limbah yang akan digunakan.

4. Mengecek Kinerja Mesin

Water meter juga dapat digunakan pada perusahaan manufaktur. Pada perusahaan tersebut water meter dipakai untuk mengetahui kapasitas dan mekanisme pompa, kompresor, dan cooling system. Dengan begitu perusahaan dapat mengetahui sejak dini apabila terjadi kerusakan pada mesin dan dapat segera memperbaikinya.

5. Mengontrol Volume Cairan

Water meter dapat berfungsi sebagai pengontrol aliran air. Hasil pengukurannya dapat berupa rekaman, penyimpanan data, dan PLC.

Water Meter 1/2 inch
Sumber: Pixabay.com

Keuntungan Menggunakan Water Meter

Selain memiliki kegunaan yang bermacam-macam dengan menggunakan water meter Anda akan mendapat beberapa keuntungan, di antaranya adalah:

1. Menghemat Air

Dengan menggunakan water meter Anda dapat mengontrol penggunaan air. Jika penggunan air terkontrol maka Anda bisa melakukan penghematan jika merasa penggunaan air sudah boros.

2. Menghemat Biaya

Adanya pengukuran air ini Anda bisa menghitung estimasi biaya yang Anda keluarkan setiap bulannya. Dengan begitu Anda bisa mengalokasikan biaya dengan angka yang sudah pasti.

3. Akurat

Water meter dilengkapi dengan alat pengukur yang dapat menunjukkan besarnya volume air yang Anda gunakan dengan akurat.

Jual Water Meter
Sumber: Pixabay.com

Menggunakan water meter tidaklah sulit. Setelah melakukan pemasangan maka akan tertera angka pada meteran yang menunjukkan penggunaan air. Pada akhir bulan Anda bisa mengetahui berapa penggunaan air bulanan. Setelah Anda mengetahui penggunaan air, Anda bisa menghitung biaya penggunaan air bulanan. Dalam memilih water meter terdapat tips, pertama adalah ketahui kebutuhan. Sebelum Anda membeli water meter ketahui terlebih dahulu kebutuhan dari penggunaan water meter tersebut. Kedua, jika Anda masih awam terhadap peralatan pengukuran air termasuk water meter, maka sebaiknya terlebih dahulu mencari informasi. Karena di pasaran tersedia berbagai jenis alat pengukuran air seperti water meter 1/2 inch dan water meter lainnya yang memiliki fungsi dan bahan pembuatan yang berbeda. Untuk itu pilihlah water meter yang terbuat dari lapisan anti karat sehingga lebih awet dan tahan lama.

Memilih Water Meter

Dalam memilih water meter 1/2 inch atau lainnya, pastikan Anda memilih water meter yang telah memenuhi persyaratan teknis. Adapun persyaratan teknis water meter yang harus dimiliki yaitu water meter yang dibuat harus disegel dengan pengaman teknis, meter air yang dibuat harus diberi tanda verifikasi dengan jelas dan kasat mata tanpa harus membongkar meter air, meter air perlu dilindungi dengan alat pelindung tertentu dan alat penunjuk volume pada meter air harus berfungsi dan mudah dibaca.

Saat ini terdapat beberapa jenis dan ukuran water meter yang tersedia di pasaran. Salah satunya adalah water meter 1/2 inch. Water meter 1/2 inch dapat digunakan di perumahan, perkantoran, maupun industri manufaktur. Water ini dapat digunakan untuk mengukur air PDAM, air limbah, air lumpur, air panas, fluid chemical, dan lain sebagainya.

Baca Juga: MENGENAL KINERJA RING BLOWER DALAM PERINDUSTRIAN

Kelebihan Water Meter ½ Inch

  • Sesuai SNI 2547:2008
  • Tahan terhadap cuaca
  • Tahan lama, dapat digunakan untuk jangka panjang
  • Menggunakan material bahan baku kualitas brand terbaik

Untuk mendapatkan water meter 1/2 inch dengan kualitas terbaik Anda dapat menghubungi PT. Pameterindo Edukatama Aneka (PAMDUTA). Perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 1982 ini telah memiliki reputasi yang baik dalam memberikan pelayanan terhadap pelanggan. Sehingga produk yang dihasilkan akan memberikan jaminan dengan kualitas yang terbaik. Water meter 1/2 inch dengan spesifikasi seperti di bawah ini cocok untuk digunakan di perumahan atau apartemen.

Material: Nylon

Akurasi: mencapai 0,2%

Max. water pressure: 500 C

Max. Reading: 99999.9999 m3

Min. Reading: 0,00001 m3


Author

%d bloggers like this: