Indonetwork, Peralatan Industri – Ring blower digunakan ketika tekanan atau vakum terlalu tinggi untuk ventilator sentrifugal.  Area kerja ring blower cukup luas untuk digunakan pada berbagai aplikasi. Area kerja ini menutup celah antara pompa vakum tinggi/menengah, kompresor tekanan tinggi, dan ventilator sentrifugal. Hal ini menarik untuk karena adanya daya yang terpasang, jenis konstruksi yang ringkas, fungsionalitas yang bebas getaran, dan tekanan suara yang rendah. Dengan luasnya area kerja tersebut maka tidak sulit menemukan distributor jual ring blower.

Keunggulan Menggunakan Ring Blower

Ring blower memiliki beberapa keunggulan penting, yaitu mudah dipasang, mudah digunakan, umur panjang, dan rendahnya biaya perawatan. Blower jenis ini juga akan menghasilkan lebih sedikit kebisingan daripada ventilator sentrifugal atau radial dengan tekanan yang sama, setelah tindakan yang tepat diambil. Instrumen ini menghasilkan output hingga sekitar 2.000 Nm3/jam dan tekanan diferensial hingga sekitar 700 mbar. Selain itu, dibandingkan dengan kipas / blower sentrifugal, harga ring blower jauh lebih ekonomis.

Prinsip Kerja Ring Blower

Jual Ring Blower
Sumber: Blowerandfans.com

Impeler ring blower terdiri dari banyak bilah, bentuknya seperti impeler turbin gas besar. Ketika impeller berputar, karena gaya sentrifugal, impeller akan menyebabkan gas bergerak maju dengan kecepatan tinggi. Blower bertekanan tinggi dengan demikian akan membentuk serangkaian gerakan spiral. Udara di antara bilah-bilah impeller berputar dalam bentuk spiral dan menekan gas di luar badan pompa ke saluran samping (dihirup oleh port hisap). Ketika gas atau udara masuk ke saluran samping, dikompresi dan kemudian dikembalikan ke bilah impeller lagi. Dan kemudian mempercepat putaran.

Udara melewati impeller dan saluran samping di sepanjang jalur spiral, setiap bilah impeller meningkatkan tingkat kompresi dan kecepatan. Saat rotasi berlanjut, energi kinetik gas meningkat, menyebabkan tekanan gas yang melewati saluran samping semakin meningkat. Ketika udara mencapai titik koneksi antara saluran samping dan flensa pelepasan, gas didorong keluar dari bilah dan badan pompa melalui saluran keluar dengan tekanan tinggi dan kecepatan tinggi untuk mencapai tujuan akhir.

Metode Penggunaan Ring Blower

Selama ring blower bertekanan tinggi berjalan, arus yang dikonsumsi oleh motor akan meningkat seiring dengan meningkatnya tekanan dan vakum. Jika arus terlalu besar, kontaktor akan putus. Untuk menghemat daya, harap tingkatkan luas penampang saluran keluar udara semaksimal mungkin. Atau pasang katup pengatur tekanan udara dan volume udara pada sisi hisap atau buang.

  1. Untuk menjaga pasokan udara, harus memasang filter yang sesuai di pintu masuk
  2. Total luas penampang saluran keluar udara harus lebih besar dari 1/2 luas penampang saluran keluar kipas.
  3. Jika digunakan untuk suplai udara dalam air, tekanan kedalaman air harus di bawah 70% dari nilai tekanan statis maksimum yang ditunjukkan pada katalog model.
  4. Saat memasok udara di bawah tekanan, suhu outlet normal karena hubungan gesekan udara lebih besar dari 10 derajat celcius pada suhu kamar. Oleh karena itu, sebaiknya pasang pipa besi lebih dari 1M.
  5. Harus memasang peredam hisap di pintu keluar. Dan total luas penampang lubang hisap harus lebih besar dari 1/2 luas penampang saluran masuk blower.
  6. Metode pembersihan filter sederhana: Lepaskan adaptor filter dan gunakan pistol semprot udara atau sikat untuk menghilangkan kotoran atau debu pada filter. Setelah dibersihkan, hidupkan kembali untuk digunakan.

Baca Juga: 4 TANDA RUMAH ANDA MEMBUTUHKAN BLOWER VENTILATOR FAN

Aplikasi Ring Blower

Ring blower diterapkan untuk aerasi bak mandi. Contohnya pada aplikasi mekanis, proses kimia, atau biologis. Output atau volume yang dibutuhkan dihasilkan dari perhitungan pengguna, tetapi sebagian besar hasil dari pengalaman. Tekanan yang diperlukan dapat dihitung pada tahap desain dengan menggunakan: ketinggian fluida, potensi tekanan berlebih atau tekanan di bawah wadah cairan, massa jenis fluida, nosel pelepasan tekanan atau batu udara, hilangnya tekanan dalam pekerjaan pipa.

Baca Juga: MENGENAL CHILLER DALAM DUNIA INDUSTRI

Ekstraksi titik membutuhkan diameter pipa yang relatif kecil pada titik ekstraksi, membuat ring blower dengan vakum tinggi menjadi sempurna. Dengan cara ini, gas asap, serbuk gergaji, debu, dan lain-lain akan disedot. Output yang dibutuhkan biasanya diketahui dari aplikasi yang sebanding atau ditentukan secara eksperimental. Sistem yang dirancang secara efisien meminimalkan kehilangan tekanan dalam pipa transportasi. Dengan cara ini kehilangan tekanan terutama ditentukan oleh nosel saluran masuk dengan tabung atau saluran dan filter.

Peniupan kering adalah aplikasi di mana pisau udara berfungsi secara efektif ketika ditenagai dengan tekanan udara dari ring blower. Pisau udara dengan celah udara 1,0 mm dan cetakan tiup yang ideal akan menarik sebagian besar udara sekitar yang mencapai efek gesekan kering terbaik pada produk. Kecepatan udara keluar yang paling efisien akan terjadi dengan tekanan internal antara 100 dan 200 mbar. Konstruksi jalur suplai yang benar akan berkontribusi pada pelestarian kapasitas ring blower. Tabung fleksibel dalam kasus ini biasanya memiliki kerugian yang lebih besar daripada pipa dengan kurva lebar. Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan kehilangan tekanan di filter saluran masuk. Hasil pengeringan bergantung pada proses dan produk sehingga hal ini selalu ditentukan dalam uji praktik.

Distributor Jual Ring Blower Berkualitas

PT. Sarana Teknik yang berdiri sejak tahun 1998 adalah perusahaan yang menjadi distributor transmisi tenaga mekanik & produk motor listrik termasuk jual ring blower. Dengan penghargaan dari custumer akhir nya perusahaan ini dikenal sebagai Stokist. Perusahaan yang berkantor pusat di Jakarta ini juga telah memiliki cabang di Cikarang dan Surabaya.


Author

%d bloggers like this: