Sekarang hampir semua mobil sudah dilengkapi dengan fitur Air Conditioner (AC) agar suhu di dalam mobil tetap sejuk. AC ini tidak akan berjalan dengan semestinya jika terdapat komponen penyusunnya mengalami kerusakan. Salah satunya adalah Filter Dryer. Fungsi filter dryer ini juga sangat vital dalam sistem AC mobil.

Perlu Anda ketahui bahwa peran dari AC ini tidak hanya untuk menyejukkan ruangan saja. Fungsi lainnya dari AC ini adalah mengontrol temperatur supaya suhu ruangan tetap stabil. Tidak hanya itu, AC ini juga bisa mengontrol sirkulasi udara, kelembaban, hingga membersihkan udara dengan efektif.

Apa Itu Filter Dryer?

AC yang terdapat pada mobil itu terdiri dari banyak komponen diantaranya kompresor, kondensor, dryer filter, expansive valve, dan evaporator. Selain komponen utama ada juga komponen pendukung seperti oli kompresor, magnetic clutch, fan belt, solenoid kompresor, seal o ring, dan sebagainya. Dryer Filter pada AC mobil ini mempunyai bentuk tabung yang terpisah dari bagian kondensor.

Fungsi Filter Dryer

Terdapat tiga fungsi utama dari filter dryer pada AC mobil. Ketiga fungsi tersebut bisa Anda pelajari di bawah ini.

1. Menyaring Kotoran yang Terbawa Freon

Fungsi utama dari dryer filter ini yaitu untuk menyaring kotoran yang terbawa dengan freon.
Jika kotoran itu ikut bersirkulasi pada sistem AC, maka akan menyumbang saluran yang terdapat pada AC. Misalnya saluran katup ekspansi akan mudah tersumbat karena saluran ini ukurannya sangat kecil. Jika saluran tersebut tersumbat, maka AC tidak akan bekerja secara maksimal.

2. Menyerap Air di Freon

Fungsi lainnya dari dryer filter ini yaitu untuk menyerap air yang ada di dalam freon atau refrigerant. Karena air yang ikut bersirkulasi ke dalam sistem AC juga dapat menyebabkan kerusakan dan kinerjanya tidak akan maksimal.

Ketika air masuk ke dalam saluran katup ekspansi, maka dapat membeku karena suhu di dalam saluran tersebut sangat dingin. Ketika sudah menjadi es, maka akan menyumbat saluran katup ekspansi tersebut.
Jadi sebaiknya air yang terkandung dalam freon itu harus dihilangkan dengan menggunakan silica gel atau desiccant.

3. Menyimpan Sementara Freon

Dryer Filter juga berfungsi untuk menyimpan sementara freon sebelum dialirkan ke dalam katup ekspansi. Katup ini akan menyalurkan sesuai dengan kebutuhan dari pengemudinya. Anda bisa menyesuaikan dengan heat sensitiving tube.

Jika heat sensitiving tube memerlukan freon, maka katup akan menyemprotkannya ke saluran evaporator. Jika tidak diperlukan, katup ekspansi tidak akan menyemprotkanya dan freon akan ditampung sementara di dryer filter.

Perawatan Dryer Filter

Dari penjelasan di atas Anda sudah seberapa penting dari komponen dryer filter ini dalam sistem AC mobil. Komponen ini bisa saja mengalami kerusakan sehingga berdampak pada kinerja AC yang kurang maksimal.

Jika komponen dryer filter ini mengalami penyumbatan, maka ada masalah yang terjadi di sekitarnya. Penyebabnya bisa saja karena freon yang mengalir ke area dryer filter lebih banyak dibandingkan oli. Sehingga supply freon lebih banyak dan menyebabkan pembekuan para area ekspansi.

Efeknya yaitu dari katup ekspansi ini akan menghasilkan reaksi seperti asap atau kabut. Penyebab kerusakan lainnya pada dryer filter yaitu mengalami kemampatan karena kotoran. Masalah ini akan timbul ketika AC mobil dalam keadaan yang tidak dingin.

Oleh sebab itu melakukan perawatan pada AC mobil perlu Anda lakukan. Termasuk Anda harus cek komponen dryer filter secara rutin. Toko yang jual filter dryer sangat banyak, namun melakukan perawatan lebih baik dibandingkan harus membelinya secara rutin.

Dari penjelasan kami di atas, Anda sudah tahu kan seberapa pentingnya komponen filter dryer pada sistem AC Mobil? Karena peranannya sangat penting, Anda perlu merawatnya sebaik mungkin supaya AC bisa bekerja dengan normal.


Author

%d bloggers like this: