Panel listrik merupakan komponen yang sangat penting dalam gedung atau rumah. Panel listrik yang beragam membuat panel ini bisa terdapat di berbagai bangunan.

Panel listrik berfungsi untuk menyalurkan listrik dari pusat ke konsumen yang berperan sebagai pemakainya. Setiap panel mempunyai spesifikasi yang berbeda-beda. Semakin bagus spesifikasinya, harganya semakin mahal.

Macam-Macam Panel Listrik Dan Fungsinya

Berikut ini adalah beberapa fungsi panel listrik dari berbagai jenisnya yang banyak digunakan di Indonesia.

1. Panel Synchronizing

Panel ini terdiri dari 2 ataupun lebih genset yang bisa dioperasikan baik secara manual ataupun otomatis. Panel Synchronizing ini pula diketahui dengan sebutan panel synchron genset.

Tiap genset yang ada pada panel synchronizing ini pula memiliki kapasitas yang bermacam- macam. Guna dari genset sendiri ialah buat menerima beban secara bersama- sama serta bisa dipakai cocok dengan kebutuhan.

2. Panel Tingkat Control

Tipe panel listrik yang satu ini pula diketahui dengan sebutan Water Level Control( WLC). Panel ini dioperasikan dengan metode menggunakan tenaga listrik selaku motor listrik. Tenaga tersebut nantinya digunakan buat memompa air.

Sebagian besar industri pompa air memakai tipe panel WLC. Apalagi tidak sedikit pula rumah tangga yang memakai tipe panel listrik ini.

Guna utama dari WLC ini ialah buat mengendalikan tangki penampungan biar cocok dengan kapasitas air. Pada panel ini telah dilengkapi dengan pelampung yang gunanya buat memastikan batasan air di dalam penampungan.

Sebab terdapat pelampung, Kamu tidak butuh takut tabungnya penuh. Sebab panel secara otomatis hendak langsung mati kala airnya telah penuh.

3. Panel Listrik LVMDP serta LVSDP

LVMDP( Low Voltage Main Distribution Panel) berperan buat mengecek energi yang berasal dari transformator. Setelah itu energi tersebut didistribusikan ke panel yang bernama LVSDP.

Guna dari LVSDP ( Low Voltage Sub Distribution Panel) ialah buat mendistribusikan energi ke bermacam perlengkapan elektronik yang lain.

4. Main Distribution Panel( MDP)

Guna utama dari tipe panel listrik MDP ini ialah buat menerima serta memberikan listrik yang berasal dari LVMDP. Sehabis itu mensuplaynya kembali mengarah panel listrik yang berikutnya.

Jadi tipe panel ini tidak hendak disalurkan langsung ke konsumen. Namun dari Main Distribution Panel ini hendak dilanjutkan ke panel listrik yang berikutnya.

Baca juga: Mengenal Berbagai Jenis Trafo Listrik dan Fungsinya

5. Sub Distribution Panel( SDP)

Sub Distribution Panel( SDP) memakai Moulded Case Circuit Breaker( MCCB). Guna dari fitur ini ialah buat mendistribusikan listrik yang berasal dari panel LVMDP.

6. Panel KWH

Panel KWH berfungsi selaku tempat berkumpulnya sebagian KWH secara sekalian. Khasiat yang lain dari tipe panel listrik ini ialah buat mengukur energi yang digunakan oleh bebannya masing-masing.

Panel KWH ini umumnya hendak digunakan oleh perusahaan- perusahaan yang telah berskala besar.

7. Panel Capacitor Bank

Umumnya panel yang satu ini berfungsi selaku penurun ampere dengan beban motor. Energi induktif pada motor pula dapat dihilangkan dengan panel listrik ini. Sehingga motor yang Kamu pakai hendak senantiasa normal, dingin, serta hemat konsumsi listrik.

8. Panel Genset AMF ATS

Guna dari panel AMF( Automatic Main Failure) ini ialah buat menghidupkan genset secara otomatis bila terjalin pemadaman listrik dari pihak PLN. Sedangkan ATS( Automatic Transfer Switch) berperan buat menutupi aliran listrik dari PLN serta membuka suplay secara otomatis.

9. Panel Change Over Switch

Guna panel listrik ini ialah buat memutus sambungan aliran arus listrik yang berasal dari pusatnya langsung. Fitur ini bisa dioperasikan secara manual ataupun otomatis.

Untuk Anda yang ingin memperoleh trafo listrik dengan harga terjangkau bisa membelinya di PT Maju Jaya Bersama. Perusahaan ini jual panel listrik dan kebutuhan elektronik lainnya.

Demikianlah fungsi panel listrik dari berbagaijenisnya yang biasa digunakan di pasaran. Anda tinggal menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.


Author

%d bloggers like this: