Indonetwork, Elektronik – Trafo merupakan perangkat yang berfungsi untuk transfer listrik dari satu rangkaian ke rangkaian yang lain. Proses transfer tersebut menggunakan proses induksi elektromagnetik. terdapat 9 jenis trafo listrik yang biasa digunakan saat ini.

Trafo ini biasanya digunakan untuk menambah ataupun menurunkan tegangan listrik dari suatu rangkaian. Perangkat ini juga bisa digunakan untuk menukar tegangan arus namun tidak mempengaruhi daya listrik totalnya.

Jenis Trafo Listrik

Terdapat beberapa jenis trafo yang biasa digunakan oleh kebanyakan orang. Setiap jenis trafo tersebut punya fungsi yang berbeda-beda. Berikut ini adalah berbagai jenis trafo yang biasa digunakan.

1. Trafo Step Up

Trafo step up ini digunakan dalam rangkaian- rangkaian pembangkit tegangan pada fitur elektronika, misalnya semacam trafo inverter monitor LCD, trafo inverter Televisi, serta lain sebagainya.

Guna trafo step up ini merupakan buat menaikkan tegangan. Tidak hanya itu, guna trafo ini pula bisa digunakan dalam proses pengangkatan tegangan AC.

2. Trafo Step Down

Tipe trafo step down ini gampang kalian temukan di toko-toko perlengkapan elektronik. Sebut saja, trafo 1A, 2A, 3A, 5A serta lain sebagainya. Kebalikan dari trafo step up, guna trafo step down merupakan buat merendahkan tegangan listrik.

Anda bisa menciptakan trafo step down pada power amplifier, speaker aktif, tv serta lain- lain. Seluruh perlengkapan listrik rumah tangga mayoritas mengenakan trafo step down.

Baca juga: Fungsi Panel Listrik Untuk Berbagai Keperluan Industri

3. Trafo Isolasi

Tipe trafo isolasi ini kerap digunakan pada rangkaian inverter, ialah rangkaian buat mengganti tegangan DC jadi tegangan AC dengan besar tegangan yang sama.

Pada trafo isolasi jumlah lilitan primer serta lilitan sekunder berjumlah sama sebab prinsip kerja trafo isolasi cumalah buat mengisolasikan tegangan tanpa menaikkan maupun merendahkan tegangan. Cocok dengan namanya, guna trafo isolasi ialah berperan buat mengisolasi tegangan input serta tegangan output.

4. Trafo CT serta Trafo Non CT

Tipe trafo selanjutnya merupakan trafo CT serta trafo non CT. Kedua trafo ini mempunyai guna yang berbeda.

Guna trafo CT merupakan buat membuat rangkaian power supply simetris gelombang penuh semacam yang biasa digunakan buat amplifier dikala ini yang mengenakan kutub positif, netral, serta negatif.

Sebaliknya trafo non CT mempunyai guna yang bertentangan dari trafo CT. Guna trafo non CT ini merupakan buat power supply Non simetris, ialah power supply yang cuma memiliki kutub positif dan kutub negatif saja.

5. Trafo Daya

Tipe trafo energi ini pula kerap digunakan di stasiun pembangkit listrik ataupun gardu transmisi. Pada biasanya, tipe trafo ini mempunyai tingkatan insulasi yang besar.

Trafo energi ialah trafo yang berdimensi besar. Guna trafo energi ini umumnya dipakai dalam aplikasi transfer energi besar di mana dayanya bisa menggapai sampai 33 Kilo Volt.

Baca Juga: Pahami Fungsi Stabilizer Listrik serta Keuntungannya

6. Trafo Distribusi

Tipe selanjutnya merupakan trafo distribusi, di mana guna trafo ini merupakan buat mendistribusikan tenaga listrik dari pembangkit listrik pada perumahan ataupun pada posisi industri.

7. Trafo PLN

Tipe trafo ini sangat dibutuhkan oleh penyedia listrik terbanyak di Indonesia. Tipe trafo PLN ini mempunyai banyak guna. Trafo ini bisa berperan buat menaikkan energi, merendahkan energi serta masih banyak lagi guna trafo PLN yang yang lain.

8. Trafo Arus

Trafo arus ini berperan buat mengkonversi arus primer yang mempunyai nilai arus yang besar. Pada biasanya, nilai arus dekat puluhan hingga dengan ribuan ampere, hendak dikonversi jadi arus sekunder yang mempunyai nilai rendah ialah 1A ataupun 5A, cocok dari aplikasi yang diperlukan.

Baca Juga: Mencegah Kebakaran Rumah Menggunakan Panel Listrik

Untuk mendapatkan trafo dengan harga terjangkau, Anda bisa membelinya di PT Maju Jaya Bersama. Perusahaan ini jual trafo listrik dan berbagai keperluan elektronik lainnya dengan harga terjangkau.

Itulah beberapa jenis trafo listrik yang biasa digunakan oleh kebanyakan orang di Indonesia. Setiap jenis trafo listrik tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks