Indonetwork, Bahan BangunanSemen castable adalah bahan semen yang dapat dicampur dengan air dan dicetak atau dibentuk menjadi bentuk yang diinginkan. Semen castable biasanya terbuat dari campuran bahan-bahan seperti semen portland, agregat, pasir, dan bahan tambahan lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan sifat mekanis dan tahan terhadap panas dari bahan tersebut. Lalu apa saja fungsi semen castable?

Semen castable biasanya digunakan dalam pembuatan oven, tungku, dan peralatan industri lainnya yang memerlukan struktur yang tahan terhadap panas tinggi. Semen castable juga dapat digunakan sebagai bahan pengganti bata tahan api karena memiliki sifat yang hampir sama dengan bata tahan api, namun lebih mudah dalam proses pemasangan dan lebih efisien dari segi biaya.

Semen tahan api dibedakan menjadi dua jenis, yaitu heat setting mortar dan air setting mortar. Heat setting mortar terdiri dari dua jenis, yaitu fire mortar untuk bata tahan api dan insulating mortar untuk bata isolasi. Heat setting mortar disebut demikian karena karakteristik material ini tidak bisa mengeras sebelum terkena panas atau api. Tipe-tipe heat setting mortar mengikuti tipe bata tahan api, begitu juga dengan insulating mortar.

Fungsi Semen Castable

penggunaan semen castable
Sumber: Google

Fungsi utama semen castable adalah sebagai bahan penyusun struktur oven, tungku, atau peralatan industri lainnya yang tahan terhadap panas tinggi. Semen castable juga dapat digunakan sebagai bahan isolasi termal untuk mencegah panas yang dihasilkan oleh oven atau tungku mengalir ke bagian lain dari bangunan. 

Selain itu, semen castable juga dapat digunakan sebagai bahan pembatas api untuk mencegah terjadinya kebakaran atau api yang menyebar ke bagian lain dari bangunan. Semen castable juga memiliki sifat tahan terhadap korosi dan abrasi, sehingga dapat digunakan dalam lingkungan yang korosif atau abrasif.

Semen castable bertujuan untuk melindungi pipa dan/atau dinding plat di ruang bakar dari paparan api secara langsung. Selain itu, semen castable juga mampu menyimpan panas, sehingga meskipun api telah padam, ruang bakar masih akan tetap panas.

Saat ingin menggunakan semen castable, Anda perlu memperhatikan beberapa hal seperti jenis castable, alat pencampur, dan anchor.

Dalam proses pengecoran menggunakan semen castable, dibutuhkan casting atau framework yang terbuat dari besi atau kayu sesuai dengan kondisi pekerjaan. Selain itu, steel anchor juga diperlukan untuk menambah kekuatan fisik dari castable dan menjadikan hasil pengecoran tahan lama. 

Setelah proses pengecoran selesai, castable perlu dikeringkan selama kurang lebih 24 jam sebelum terkena suhu panas yang sangat tinggi. Tujuan dari pengeringan ini adalah untuk menghilangkan kadar air yang ada di dalam castable, sehingga hasil castable kering akan lebih bagus dan terhindar dari keretakan ketika terkena api yang sangat tinggi.

Baca Juga: Panduan Lengkap Besi Beton SNI

Rekomendasi Jual Semen Castable

Jika Anda membutuhkan semen castable untuk usaha Anda, Anda bisa mendapatkannya di PT. Ajitama. 

Ajitama jual semen castable dan bahan-bahan lainnya. Kami berfokus pada penyediaan dan pemasangan bahan refraktori seperti bata tahan api, bata isolasi, mortar, castable, dan bahan isolasi seperti fiber ceramic, rockwool, glasswool, polyurethane, dan kalsium silikat. Perusahaan kami juga menyediakan jasa pemasangan untuk semua produk-produk tersebut.

Ajitama selalu berusaha memberikan layanan terbaik dengan sepenuh hati, serta memberikan pengiriman material tepat waktu. Tim proyek kami yang berpengalaman di bidangnya juga melakukan survey untuk memastikan pemasangan yang baik. Kami selalu mengutamakan kualitas produk dan kepuasan pelanggan dalam setiap pelayanan yang kami berikan.

Segera dapatkan kebutuhan Anda di PT. Ajitama dan segera berbisnis!

Enable Notifications OK No thanks