Indonetwork, ElektronikTerdapat berbagai alat besar yang diterapkan di setiap industri untuk memenuhi fungsi keamanan, salah satunya yaitu stabilizer listrik. Alat satu ini sangat urgen keberadaannya bagi pabrik, perusahaan, hingga rumah tangga. Karena fungsi stabilizer listrik bukan hanya untuk menjaga tegangan arus listrik agar stabil saja, melainkan juga akan berdampak pada besaran tagihan biaya listrik dan keawetan alat elektronik.

Setiap ruangan dan barang-barang yang tersambung dengan daya listrik memerlukan aliran listrik yang stabil atau normal supaya tidak menimbulkan kerusakan pada barang. Alat penstabil tegangan listrik inilah yang berperan dalam mengatur aliran arus listrik.

Tentu ada manfaatnya tersendiri dengan memasang alat stabilizer listrik. Untuk lebih jelasnya, pahami fungsi dan keuntungan dari stabilizer listrik berikut untuk keselamatan Anda.

Baca Juga: Terminal Fiber Optik: Pengertian, Fungsi, dan Komponen Utama

Fungsi stabilizer listrik

fungsi stabilizer listrik
Sumber: Made-in-China.com

Berikut beberapa fungsi stabilizer listrik yang penting Anda ketahui. 

Menjaga tegangan listrik agar tetap stabil

Merupakan fungsi utama dari stabilizer listrik yaitu sebagai pengatur tegangan listrik tetap stabil pada kisaran yang sudah ditentukan di awal.

Stabilizer listrik bekerja dengan cara membandingkan arus input yang berasal dari tegangan PLN dengan arus output yang mengalir ke perangkat elektronik rumah tangga. Saat terjadi kenaikan atau penurunan tegangan input, stabilizer akan bekerja menstabilkan tegangan yang keluar agar sesuai dengan kebutuhan alat elektronik.

Melindungi peralatan elektronik dari kerusakan

Alat stabilizer listrik melindungi peralatan elektronik yang sensitif terhadap perubahan tegangan, misalnya perangkat audio, komputer, dan televisi. 

Voltase yang kurang stabil dapat mengganggu kinerja peralatan elektronik yang akan menurunkan fungsi dan kegunaannya. Lambat laun, peralatan elektronik tersebut bisa rusak karena tegangan listrik yang naik turun. 

Mengantisipasi lonjakan listrik

Lonjakan tegangan bisa terjadi secara tiba-tiba karena faktor tertentu. Apabila tidak segera diatasi, hal ini akan berdampak pada kinerja alat-alat listrik yang Anda gunakan menjadi tidak normal. Selain itu, tegangan listrik yang naik juga membuat aliran energi menjadi tidak efisien dan berpengaruh terhadap tagihan listrik yang bisa membengkak.

Menghindari gangguan dan pemadaman listrik

fungsi stabilizer listrik mencegah pemadaman
Sumber: unsplash.com/Anthony Indraus

Tegangan listrik yang fluktuatif dan tidak terkendali bisa menyebabkan gangguan atau pemadaman listrik sementara. Namun, dengan menggunakan stabilizer listrik bisa menjaga konsistensi tegangan listrik, mencegah gangguan dan pemadaman listrik yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Mencegah produksi cacat kualitas

Alat elektronik yang berfungsi optimal sebagaimana mestinya tentu sangat membantu pekerjaan bisa terselesaikan dengan baik. Terutama jika Anda bekerja memproduksi produk menggunakan alat elektronik, seperti mixer kue, lemari pendingin, dan alat pemotong kayu.

Apabila terjadi fluktuasi tegangan, peralatan tersebut menjadi tidak maksimal kinerjanya. Dengan adanya peralatan listrik ini akan membantu menjaga tegangan pada alat elektronik dalam keadaan stabil. Sehingga, dapat terhindari dari cacat produksi karena fluktuasi tegangan.

Sebagai alat keamanan dan pencegah kebakaran

Stabilizer listrik juga memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dari kecelakaan yang bisa terjadi karena arus listrik yang tidak stabil. Stabilizer listrik bisa membantu mengurangi risiko kebakaran yang sering diakibatkan oleh korsleting dan lonjakan tegangan karena adanya fluktuasi.

Baca Juga: Kenapa Perlu Ganti Oli Kompresor AC Rumah? Ini Penjelasan dan Caranya

Keuntungan menggunakan stabilizer listrik

Setelah mengamati fungsinya di atas, memasang stabilizer listrik di pabrik, perusahaan dan rumah tangga akan membawa beberapa keuntungan. Mulai dari terjaganya alat elektronik sehingga memiliki umur pakai yang lebih panjang. Anda juga akan terhindar dari korsleting listrik, yang tentu sangat berbahaya apabila hal ini dialami di pabrik atau industri besar yang terdiri dari banyak pegawai dan sumber daya produksi.

Mengingat betapa pentingnya alat ini, Anda bisa dengan mudah mendapatkan stabilizer listrik di pasaran. PT. Putra Jaya Stabilindo merupakan distributor dan perawatan stabilizer listrik terpercaya yang sudah berdiri bertahun-tahun. Selain menyediakan alat stabilizer listrik, mereka juga menyediakan jasa treatment oli trafo, service cubicle TM 20kV, hingga menyediakan lightning arrester atau penangkal petir.

Enable Notifications OK No thanks