Wheel loader punya peranan yang cukup penting dalam dunia konstruksi, terutama untuk membuka lahan. Wheel load berperan penting dalam memindahkan dan mengangkat material tertentu. fungsi wheel loader ini tentu akan benar-benar terasa karena bisa bekerja dengan lebih efektif dan efisien.

Alat berat ini bisa membuat pekerjaan jadi lebih produktif dan kinerja yang maksimal. Wheel Loader mempunyai roda yang terbuat dari material karet, sehingga sangat cocok digunakan untuk perataan lahan yang licin. Jika digunakan di medan yang ekstrim, loader ini sangat cocok digunakan.

Komponen dan Cara Kerja Wheel Loader

Wheel Loader terdiri dari beberapa komponen yaitu cab, lift arm, bucket, front wheel, rear wheel, lift cylinder, dan komponen lainnya. Setiap komponen tersebut punya fungsi dan peranan yang berbeda-beda.

Wheel loader dapat bekerja dengan menggunakan sistem hidrolik. Sistem ini akan menggerakan bucket sehingga loader dapat berjalan. Sementara untuk mesinnya menggunakan motor diesel.

Fungsi Wheel Loader

Secara umum fungsi wheel loader ini yaitu untuk memindahkan dan mengangkat material ke tempat yang diinginkan. Namun ternyata ada fungsi lain dari loader. Simak penjelasan kami berikut ini.

1. Menggusur Tanah

Wheel loader mempunyai arm bucket yang dapat kita gunakan untuk menggusur tanah dari satu tempat ke tempat lain. Namun karena arm bucket ini ukurannya pendek, maka tidak dapat digunakan untuk jangkauannya yang jauh. Sehingga hanya akan lebih efektif untuk jarak pendek saja.

2. Meratakan Tanah

Selain dapat Anda gunakan untuk meratakan tanah, wheel load juga dapat dipakai untuk meratakan tanah. Dalam pembukaan tanah, permukaannya tidak akan rata. Pasti akan ada gundukan ataupun timbunan yang perlu diratakan terlebih dahulu.

Untuk meratakan tanah, Anda dapat menggunakan wheel loader. Peralatan berat ini mempunyai bucket yang bisa kita gerakan ke depan. Sehingga gundukan atau timbunan tanah bisa kita dorong hingga permukaan tanah itu merata.

3. Land Clearing

Wheel loader juga dapat kita gunakan untuk membersihkan semak-semak, gundukan tanah, kotoran, dan sebagainya di permukaan tanah. Bahkan sisa-sia penebangan pohon juga dapat kita bersihkan dengan memanfaatkan alat berat ini.

Dengan bantuan wheel loader, proses pengerjaan suatu proyek akan lebih efektif dan efisien. Salah satunya adalah dapat melakukan clearing dengan lebih cepat.

4. Stripping

Terkadang akan menemukan lahan yang punya kualitas yang jelek, sehingga perlu dihilangkan campuran materialnya terlebih dahulu. Jika kita bersihkan, maka kualitas lahan akan meningkat.

Bagian tanah yang jelek atau stripping ini dapat kita bersihkan dengan menggunakan wheel loader. Anda dapat memanfaatkan ujung bucket yang tajam untuk membersihkan tanah yang jelek tersebut.

5. Mengambil dan Mempersiapkan Material

Dalam suatu proyek, pemindahan material sudah tentu akan banyak dilakukan. Jika hanya memanfaatkan tenaga manusia, tentu saja tidak akan efektif dan memakan banyak waktu.

Disinilah peran dari wheel loader dimana alat berat ini dapat mengambil dan mempersiapkan material. Meskipun kapasitas yang dapat ditampung oleh alat ini tidak besar, namun sudah cukup untuk meningkatkan produktivitas pekerjaan di lapangan.

6. Finishing

Tahap terakhir yang harus dilakukan sebelum tanah dapat digunakan yaitu harus dihaluskan terlebih dahulu. Anda dapat memanfaatkan alat berat wheel loader supaya permukaan tanah bisa rata dan layak untuk digunakan.

Baca juga: 7 Jenis Excavator yang Biasa Dipakai Pada Berbagai Proyek

Fungsi wheel loader ini sangat kompleks dan bisa membuat pekerjaan di lapangan menjadi lebih efektif dan efisien. Apalagi jika Anda menggunakan loader dari China yang dikenal punya kualitas terbaik. Salah satu contohnya adalah loader Shantui.

Gaya Makmur Tractors merupakan salah satu perusahaan di Indonesia yang jual loader China yang bisa dijadikan bahan pertimbangan. Dari penjelasan fungsi wheel loader di atas, fungsi yang mana saja yang peranannya sangat penting?