Indonetwork.co.id (Jakarta) – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bekerjasama dengan PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) dalam pemanfaatan produk dan jasa layanan perbankan bagi pengembangan usaha pelaku ekonomi kreatif.

Deputi Akses Permodalan Bekraf Fadjar Hutomo bersama Wakil Direktur Utama BTPN Ongki Wanadjati Dana menandatangani nota kesepahaman di Gedung Wisma Antara Lantai tiga.

Baca juga: Kemendag Siap Promosikan Produk Indonesia di Dubai Expo

Deputi Akses Permodalan Bekraf Fadjar Hutomo menuturkan, penandatanganan nota kesepahaman ini sebagai landasan kerjasama Bekraf dan BTPN untuk mengembangkan ekonomi kreatif di Indonesia dari sisi pemberdayaan dan pendampingan untuk para pelakunya.

“Kami berupaya meningkatkan kapasitas usaha pelaku ekonomi kreatif, salah satunya dengan memberikan kemudahan akses perbankan dari BTPN,” ucapnya.

BTPN adalah salah satu bank di Indonesia yang turut memberdayakan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). BTPN juga turut aktif memberikan pelatihan dan informasi dalam peningkatan kapasitas nasabah untuk tumbuh dan berpeluang memiliki kehidupan yang lebih baik.

Baca juga: Tahun Babi Bumi, Waktu Yang Tepat Untuk Memulai Usaha

Wakil Direktur Utama BTPN Ongki Wanadjati Dana menambahkan, kerjsama ini merupakan hal positif dan menunjukkan kesamaan komitmen BTPN dan Bekraf selama ini, yakni peduli terhadap pengembangan kapasitas usaha pelaku ekonomi kreatif.

“Kami memiliki Program Daya yakni pendampingan kepada nasabah yang dilakukan secara terukur dan berkelanjutan. Kami saat ini juga mengimplementasikan Daya secara digital agar jangkauannya semakin luas dan memberikan fleksibiltas bagi para nasabah yang ingin mengakses program ini”, kata Ongki.

Kedepan, Bekraf akan mengundang BTPN untuk sosialisasi terkait produk dan jasa layanan BTPN yang bisa diakses pelaku ekonomi kreatif. Hal ini bertujuan agar pelaku ekonomi kreatif mengetahui produk dan jasa BTPN serta meningkatkan kapasitas pelaku usaha ekonomi kreatif jaringan Bekraf yang memenuhi persyaratan dan ketentuan.

Melalui nota kesepahaman yang berlaku selama tiga tahun ini, Bekraf turut mendukung peningkatan kapasitas nasabah BTPN yang merupakan UMKM Kreatif.

Dedy Mulyadi