Indonetwork, Bahan Bangunan – Material yang berkualitas mempunyai peranan yang sangat penting pada kekokohan bangunan. Meskipun harga besi beton polos per kg relatif mahal, namun Anda tetap harus mempertahankannya jika memang bangunannya ingin kuat dan bertahan lebih lama.

Bangunan seperti rumah, gedung, jembatan, dan jalan memerlukan material besi baik besi beton polos maupun berulir. Karena peranannya yang sangat penting, harga besi beton yang ada di pasaran juga bervariasi.

Saat ini telah banyak perusahaan atau toko bangunan yang jual besi beton polos dengan harga yang beragam. Namun pastikan kalau besi beton polos yang Anda beli harus berstandar SNI.

Besi beton yang sudah berstandar SNI tentu saja punya kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Besi ini adalah standar umum yang digunakan untuk berbagai jenis bangunan.

Daftar Harga besi beton polos per kg

Sebelumnya perlu Anda ketahui ya bahwa harga besi beton itu harganya akan berubah seiring berjalannya waktu. Namun perubahan harganya itu tidak akan begitu signifikan.

Mungkin tahun ini harganya sekian, kalau Anda cek lagi tahun depan harganya akan berubah. Berikut ini adalah daftar harga besi beton per kg untuk tahun 2021.

1. Besi Beton Polos Tarik

Besi beton polos tarik tersedia dalam  berbagai diameter mulai dari 3,8 hingga 6 mm. Semakin besar diameternya, semakin besar juga beratnya. Dengan begitu harganya akan semakin mahal jika diameternya juga semakin besar.

Harga Besi Beton Polos dan Ulir: Berbagai Merek dan Ber-SNI | Pengadaan  (Eprocurement)
Sumber: pengadaan.web.id

Harga besi beton polos tarik ini mulai dari Rp1 18.000,00 hingga Rp 13.000,00 per kilogram.

Perlu Anda perhatikan bahwa besi beton polos tarik ini belum punya punya standar SNI. Namun selama besi tersebut belum terdapat karatnya, seharusnya masih dapat digunakan.

Besi beton ini dapat Anda gunakan untuk konstruksi non struktural atau arsitektur. Pasalnya besi beton polos tarik ini tidak dibuat khusus untuk menahan beban bangunan pada struktur utama bangunan.

2. Besi Beton MSS

Besi beton MSS mempunyai kode BJKU yang dapat digunakan untuk konstruksi umum. Namun hanya dapat Anda pakai untuk lingkup kepentingan umum saja.

Jual Besi Beton Ulir 8 MSS BjKU Jawa Timur - CV. Dua Putra Petir |  Indonetwork

Untuk pembangunan rumah satu lantai, kios, pagar, atau jenis bangunan umum lainnya bisa menggunakan besi beton MSS. Untuk jembatan penyebrangan setapak dan rangka jerjak juga dapat menggunakan material besi beton MSS ini.

Besi Beton MSS ini tersedia mulai dari diameter 8 mm hingga 12 mm. Untuk harga per kilogramnya mulai Rp 7.000,00 per kilogram.

Mengenal Pagar BRC, Jenis-Jenis, dan Harga Terbaru 2022

Baca juga: 5 LANGKAH MUDAH CARA PASANG PAGAR BRC UNTUK RUMAH

3. Besi Beton SPI

Besi Beton MSS hampir sama seperti besi beton MSS yang termasuk ke dalam baja batangan untuk kepentingan umumnya saja. Material ini terdiri dari berbagai jenis diameter dan belum punya standar SNI.

Jual Besi Beton Ulir 10 SPI BjKU oleh CV. Dua Putra Petir

Pihak perusahaan memproduksi jenis besi beton tulangan ini terbuat dari produksi yang berbeda. Jadi jangan heran kalau kode produksinya juga berbeda-beda.

Besi Beton Polos SPI BJKU berkisar Rp 8.000,00 per kilogram. Sementara untuk besi beton ulur SPI BJKU berkisar Rp 7.000,00 per kilogram.

4. Besi Beton SRB

Berbeda dengan ketiga jenis besi beton polos di atas, besi beton SRB sudah punya standar SNI. Jadi pada batangan besinya akan ada label SNI. Dengan begitu kualitas besi beton polos SRB ini tidak perlu Anda ragukan lagi.

Besi beton 8 SRB SNI | SIPLah
Sumber: siplahtelkom.com

Harga besi beton SRB baik untuk polos maupun ulir pada kisaran Rp 10.000,00 per kilogram.

5. Besi Beton IBD

Besi beton ini juga sudah berstandar SNI, namun hanya untuk besi polosnya saja. Sementara untuk besi beton IBD ulirnya belum mempunyai standar SNI.

Daftar Harga Besi Beton Merk IBD SNI Murah di Toko Besi Permata · Besi  Permata
Sumber: besibeton.net

Harga besi beton IBD  baik untuk polos maupun ulir pada kisaran Rp 10.000,00 per kilogram.

6. Besi Beton KS

KS (Krakatau Steel) merupakan perusahaan industri baja terpadu terbesar di Indonesia. Perusahaan ini memproduksi berbagai macam besi mulai dari bahan besi mentah hingga siap pakai.

Jual Besi Beton Krakatau Steel Terbaik | Klopmart
Sumber: klopmart.com

Semua produk besi beton polos yang diproduksi oleh KS sudah punya standar SNI. Dengan begitu Anda tidak perlu meragukan produk ini.

Harga besi beton KS  baik untuk polos maupun ulir pada kisaran Rp 12.000,00 per kilogram.

Demikianlah daftar harga besi beton polos per kg yang dapat Anda jadikan referensi. Perlu diperhatikan bahwa harga diatas mungkin saja berbeda untuk di setiap toko atau perusahaannya.

Editor: Deky Ahmad Syah

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks