Indonetwork, Bahan Bangunan – Salah satu cara untuk membuat rumah menjadi aman yaitu dengan memasang pagar. Pagar ini bisa Anda beli dengan harga yang sangat terjangkau. Cara pasang pagar BRC juga sangat mudah dan bisa dilakukan oleh Anda sendiri.

Pagar BRC sendiri termasuk salah satu pagar yang sangat efektif dan punya keunggulan dibandingkan dengan jenis pagar lainnya. Salah satu keunggulan dari pagar BRC ini adalah tahan karat yang bisa membuatnya tahan lama.

Tidak hanya itu, pagar BRC juga terkenal sangat kokoh dan harganya sangat terjangkau. Dengan begitu Anda tidak perlu budget yang sangat besar untuk investasi ketentraman properti Anda.

Alat dan Bahan Pemasangan Pagar BRC

Sebelum melakukan pemasangan, pastikan Anda sudah mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Untuk alat yang diperlukan yaitu sebagai berikut.

  •  Waterpass
  • Linggis
  • Kunci pas ring
  • Sekop
  • Meteran
  • Marker atau penanda bisa berupa cat atau patok kayu.

Sementara untuk bahan-bahan yang diperlukan yaitu sebagai berikut.

  • Panel Pagar BRC
  • Tiang Pagar BRC
  • Klem dan mur baut
  • Semen
  • Pasir
  • Batuan kerikil
  • Air untuk adukan semen

Cara Pasang Pagar BRC

Pemasangan pagar BRC bisa Anda perhatikan tipsnya berikut ini.

1. Bersihkan Lahan

Pembersihan lahan
Sumber: quora.com

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum melakukan pemasangan pagar BRC adalah membersihkan lahannya terlebih dahulu. Material seperti batu-batuan baik besar maupun kecil harus dibersihkan.

Bahkan tanaman kesayangan Anda pun harus dipindahkan jika memang mengalami jalur pemasangan pagar. Karena lokasi pemasangan pagar BRC ini harus benar-benar bersih.

2. Marking

Marking Bangunan
Sumber: docplayer.info

Sebelumnya Anda harus menarik benang pas dimanakah Anda akan membangun pagar dan membersihkan tempatnya. Kemudian buat tanda titik di tempat yang akan dilakukan pemasangan pagar.

Perlu Anda ketahui bahwa ukuran standar panel BRC itu adalah 2,4 meter. Sementara kolam yang akan digunakan adalah dua inchi. Dengan begitu jarak antar kolom Anda dapat dipakai adalah 2,5 meter.

3. Penggalian Lubang

Menggali Lubang
Sumber: depositphotos.com

Langkah pemasangan pagar BRC yang selanjutnya adalah penggalian lubang untuk penempatan kolam BRC di titik yang telah Anda marking. Diameter lubang yang harus Anda buat sekitar 20 hingga 30 cm.

Sementara untuk kedalamannya disesuaikan dengan ketinggian kolam yang akan Anda pasang. Semakin tinggi tiangnya, maka semakin dalam lubangnya. Namun pada umumnya kedalamannya berkisar 30 hingga 50 cm.

4. Penanaman Tiang

Riang BRC

Setelah membuat lubang, langkah yang selanjutnya adalah menanamkan tiang ke dalamnya. Sebelumnya perlu dibuat tanda pada tiang seberapa panjang yang akan ditanam. Cek kelurusan kolam dengan memakai waterpass.

Jika sudah benar-benar lurus, segera cor lubang dan tiangnya dengan adonan cor semen yang sebelumnya telah dipersiapkan. Tunggulah hingga semen tersebut kering dan lakukan pada kolom berikutnya hingga semua kolom tertanam dengan benar.

Baca juga: 6 Manfaat Baja I WF Dalam Kehidupan

5. Pasang Lembaran Pagar ke Tiang

Pagar BRC
Sumber: satriamadangkara.com

Biasanya cor lubang memerlukan satu hingga dua hari hingga akhirnya benar-benar kering. Jika cuacanya hujan, pastikan untuk melindunginya. Jika sudah benar-benar kering, langkah selanjutnya yaitu memasang lembar pagar BRC ke tiang.

Beri jarak sekitar 5 hingga 12 cm dari tanah hingga ke panel pengaman supaya terlihat lebih bagus. Namun jika pagar BRC ingin langsung menempel ke tanah juga bisa.

Perhatikan juga kelurusan lembar pagar dengan waterpass. Jika dirasa sudah lurus, kencangkan semua baut dan murnya. Lakukan langkah yang sama untuk pemasangan lembaran pagar BRC yang lainnya.

Itulah 5 langkah cara pasang pagar BRC yang bisa kamu lakukan. Sebaiknya lakukan pemasangan dari orang yang berpengalaman supaya hasilnya maksimal. Untuk pagarnya sendiri bisa Anda dapatkan dari distributor pagar BRC terdekat salah satunya adalah PT Baja Mas Abadi.

Editor: Muhammad Arsyah Al Bassam

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks