Indonetwork, Bahan Bangunan – Dalam dunia konstruksi bangunan, kawat bendrat punya peranan yang sangat penting. Meskipun harga kawat bendrat per kg yang relatif murah, namun dalam konstruksi bangunan material ini sangat dibutuhkan.

Pada struktur bangunan, terutama yang ada cakar ayam dan pengecoran, sangat memerlukan kawat bendrat. Fungsi utama dari kawat ini yaitu untuk mengikat material lainnya.

Meskipun punya kekuatan yang sangat tinggi, namun Anda bisa mengaturnya dengan sangat mudah. Oleh sebab itulah banyak orang yang menggunakan material ini untuk mengikat struktur bangunan.

Fungsi Kawat Bendrat

Ada dua fungsi utama dari material kawat bendrat ini. Kedua fungsi tersebut yaitu sebagai berikut.

1. Untuk Mengikat

6 Ukuran Kawat Bendrat dan Kodenya yang Harus Anda Ketahui
Sumber : www.klopmart.com

Fungsi utama dari material kawat bendrat ini yaitu untuk mengikat material lain dalam konstruksi bangunan. Rangkaian besi yang berdiameter sedang dan kaku bisa diikat dengan kawat bendrat.

Selain banyak digunakan untuk mengikat struktur dalam bangunan, kawat bendrat juga dapat dipakai untuk mengikat material lainnya. Misalnya untuk mengikat pagar besi, pagar kawat, dan dinding pagar beton.

2. Penahan Kerangka Kunci Balok Besi

Apa itu Bendrat? Ini Jenis, Spesifikasi Ukuran, dan Harganya | Pengadaan (Eprocurement)
Sumber : www.pengadaan.web.id

Selain sebagai pengikat, kawat bendrat juga dapat Anda gunakan untuk menahan rangka bangunan yang terbuat dari material kawat besi. Kawat ini nantinya akan dililitkan di setiap sudut rangkaian balok besi.

Daftar Harga Bendrat per Kg

Kawat bendrat mempunyai ukuran yang beragam mulai dari 6 meter hingga 16 meter. Kawat bendrat ini tidak hanya dijual dalam satuan kilogram, namun juga ada yang per meter dan per roll.

Berikut ini adalah daftar harga kawat bendrat per kg.

  • Ukuran 6: Rp16 ribu
  • Ukuran 8: Rp15 ribu
  • Ukuran 10: Rp 15 ribu
  • Ukuran 12: Rp17 ribu
  • Ukuran 14: Rp 19 ribu
  • Ukuran 16: Rp22 ribu

Perlu diperhatikan bahwa harga yang kami berikan di atas sifatnya tidak baku. Harga di atas akan berbeda di setiap tokonya. Dan di setiap tahunnya harga tersebut bisa saja mengalami kenaikan atau justru lebih murah.

harga besi beton ulir per kg

Baca juga: DAFTAR HARGA BESI BETON ULIR PER KG DARI BERBAGAI MERK TERBAIK

Varian Kawat Bendrat

Kawat bendrat tersedia dalam berbagai variasi. Setiap variasi tentu saja mempunyai harga dan kualitas yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa varian dari kawat bendrat.

1. Kawat Bendrat BWG 21

Jual KAWAT BENDRAT 20 KG BWG 21 / KAWAT BETON HITAM - Kota Tangerang - sinar surya toko | Tokopedia
Sumber : www.tokopedia.com

Kawat Bendrat BWG 21 adalah variasi kawat bendrat yang paling mahal dan kualitasnya paling bagus. Ketebalan yang dimiliki oleh kawat bendrat yang satu ini lebih besar dibandingkan dengan jenis kawat bendrat lainnya.

Kawat Bendrat BWG 21 ini sangat cocok Anda gunakan untuk mengikat struktur bangunan dengan lebih kuat. Sehingga ketahanannya akan lebih baik dibandingkan dengan memakai kawat bendrat lainnya.

2. Kawat Bendrat BWG 16

Jual Kawat Seng BWG16 Kawat Ikat BWG 16 - Per Roll 50 KG - Jakarta Timur - Mister Project | Tokopedia
Sumber : www.tokopedia.com

Ketebalan yang dimiliki oleh Kawat BWG 16 lebih kecil, sehingga dalam penggunaannya sangat cocok untuk mengikat besi polos atau berulir.

3. Kawat Bendrat BWG 8

Jual Kawat Seng BWG 8,10,12,14, - Kab. Tangerang - PT.kriswijayakarya | Tokopedia
Sumber : www.tokopedia.com

Jenis kawat yang satu ini mempunyai permukaan yang mengkilap yang berfungsi untuk mengikat struktur besi sebelum dilakukan pengecoran. Ketebalan yang dimiliki oleh kawat bendrat BWG 8 paling kecil dibandingkan kawat bendrat yang lainnya.

Itulah perkiraan harga kawat bendrat per kg yang bisa Anda jadikan referensi. Untuk pembeliannya bisa dilakukan di Baja Mas Abadi. Perusahaan ini jual besi kawat bendrat dengan harga terjangkau.

Perusahaan ini tidak hanya menjual kawat bendrat saja, namun jual menjual berbagai material konstruksi bangunan lainnya. Misalnya adalah besi beton SNI baik ulir maupun polos.

 

Editor : Muhammad Riva Ibnu Safwan

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks