Besi beton memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah konstruksi bangunan. Meskipun harga besi beton ulir per kg itu sangat mahal, namun tetap harus menggunakannya supaya bangunan tetap kokoh.

Bangunan yang terbuat dari material besi beton ulir yang berkualitas tentu saja akan mempunyai daya tahan yang sangat lama. Apalagi jika akan dipakai untuk kebutuhan bangunan umum seperti jembatan, jalan raya, hotel, gedung bertingkat, dan masih banyak lagi.

Meskipun harga besi beton ulir itu relatif mahal, namun harganya sangat bervariasi dan bisa disesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Tapi meskipun harganya bervariasi, namun pastikan harus memilih besi beton ulir yang berkualitas.

Besi beton baik berulir maupun polos diklasifikasikan ke dalam dua jenis yaitu Baja Tulangan Keperluan Umum (BJKU) dan Baja Tulangan Deformasi (BJTB). Pastikan kedua jenis besi beton tersebut harus memiliki standar SNI.

Daftar Harga Besi Beton Ulir Per Kg

Bagi Anda yang tertarik ingin membeli besi beton ulir, berikut ini adalah daftar harga besi beton ulir per kg yang dapat Anda jadikan referensi.

1. Besi Beton MSS BJKU

Besi Beton MSS sudah mempunyai kode BJKU yang dapat Anda gunakan untuk keperluan konstruksi bangunan umum. Namun Besi Beton MSS hanya dapat Anda memakainya dalam lingkup kepentingan umumnya saja.

Anda dapat menggunakan besi beton ulir ini untuk pembangunan rumah satu lantai, kios, pagar rumah, dan lainnya. Intinya, konstruksi bangunan yang akan dibuat tidak punya struktur yang khusus seperti gedung bertingkat dan jembatan.

Besi Beton MSS tersedia dalam ukuran 13 mm, 16 mm, dsn 18 mm. Semakin besar diameternya, harga besi beton per kg juga akan semakin mahal. Namun perbedaannya tidak begitu signifikan. Harga besi beton ulir per kg MSI mulai dari Rp8 ribuan.

2. Besi Beton SPI

Sama seperti dengan besi beton MSS, besi beton SPI juga sudah mempunya kode BJKU. Dengan kata lain, Anda dapat menggunakan besi beton ini untuk keperluan konstruksi bngunan umum.

Namun sangat disayangkan bahwa besi beton SPI ini belum mempunyai sertifikasi SNI. Namun jika akan digunakan untuk keperluan bangunan umum, besi ini tentu saja masih layak untuk digunakan.

Bila dilihat dari fungsinya, besi beton ini mempunyai fungsi yang sama dengan besi beton pada umumnya. Hanya saja, perusahaan yang membuat besi beton SPI ini berasal dari pabrik produksi yang berbeda.

Jadi jangan heran kalau pada permukaan besinya mempunyai kode yang berbeda dari setiap produsennya. Harga besi beton ulir per kg SPI mulai dari Rp8 ribuan.

3. Besi Beton SRB

Semua beton SRB baik yang polos maupun berulir sudah memenuhi SNI, jadi Anda akan menemukan kode SNI pada permukaan besinya. Dengan begitu, kualitas dari besi beton SRB ini tidak perlu diragukan lagi.

Harga besi beton ulir SRB per kg mulai dari Rp8 ribuan hingga Rp10 ribuan.

4. Besi Beton IBD

Jika akan menggunakan besi beton IBD, perlu kamu ketahui bahwa besi beton ini mempunyai dua jenis yang sering digunakan. Besi beton berulir IBD sudah mendapatkan standar SNI, sementara untuk besi beton polosnya belum mendapatkan SNI.

Diameter dari besi beton ulir IBD ini lebih bervariasi mulai dari 13 mm, 16 mm dan 19 mm. Harga besi beton IBD berkisar Rp9 ribuan hingga Rp11 ribuan per kilogramnya.

Baca juga: DAFTAR MERK BESI BETON SNI TERBAIK DAN TERKENAL DI INDONESIA

5. Besi Beton TJ

Besi Beton TJ sudah memiliki standar SNI dengan ukuran diamter yang berbeda-beda. Besi beton TJ baik untuk ulir maupun polos keduanya sudah punya standar SNI dari BSN.

Harga besi beton TJ  berkisar Rp9 ribuan hingga Rp11 ribuan per kilogramnya.

6. Besi Beton Krakatau Steel (KS)

Krakatau Steel (KS) merupakan pabrik industri baja terpadu terbesar dan terpopuler di Indonesia. Perusahaan yang satu ini menjual berbagai bahan besi baik besi mentah hingga siap pakai.

Banya distributor di Indonesia yang jual besi beton ulir Krakatau Steel, salah satunya adalah Baja Mas Abadi. Untuk harga besi beton KS berkisar Rp10 ribuan hingga Rp13 ribuan per kilogramnya.

Demikianlah daftar harga besi beton ulir per kg dari berbagai merk. Dari keenam merk tersebut, pastikan untuk menggunakan besi beton ulir yang sudah berstandar SNI supaya dapat digunakan dengan aman.


Author

%d bloggers like this: