Besi hollow merupakan material yang banyak digunakan untuk kebutuhan konstruksi rumah. Meskipun harga pipa hollow tidak begitu mahal, namun peranannya cukup penting dalam konstruksi.

Terdapat beberapa jenis pipa hollow yang ada di pasaran jika dilihat dari ukuran dan coating yang digunakannya. Namun jenis besi hollow yang banyak sering ditemukan adalah besi pipa hollow yang memakai lapisan galvanis dan galvalum.

Lapisan galvanis terdiri dari 98% zink dan 2% alumunium. Sementara untuk galvalum terdiri 45% zink dan 55% alumunium. Keduanya cukup efektif untuk membuat besi pipa hollow terhindar dari korosi.

Jenis dan Harga Pipa Hollow

Meskipun besi hollow ini termasuk material yang relatif murah, namun Anda tetap harus memilih besi yang berkualitas. Berikut ini adalah beberapa jenis dan harga pipa hollow yang dapat Anda jadikan referensi.

1. Pipa Hollow Biasa

Ukuran pipa hollow biasa ini terbagi ke dalam beberapa ukuran dengan panjang yang sama yaitu 6 meter. Namun pipa hollow yang dipakai untuk plafon panjangnya berukuran 4 meter.

Pipa hollow yang panjangnya 6 meter harganya mulai dari Rp70 ribuan hingga Rp600 ribuan. Semakin besar ukurannya, semakin besar pula harganya. Sementara untuk pipa hollow plafon harganya mulai Rp14 ribuan hingga Rp24 ribuan.

2. Pipa Hollow Galvanis

Harga pipa hollow galvanis harganya relatif mahal. Bahkan untuk ukuran 3×3 mm dengan panjang 6 meter saja harganya sudah mencapai Rp120 ribuan. Untuk ukuran paling besar yaitu 5×5 mm dengan panjang 6 harganya sekitar Rp190 ribuan.

3. Pipa Hollow Gypsum

Untuk pipa hollow gypsum harganya relatif murah karena panjangnya hanya sebesar 4 meter. Anda bisa mendapatkan pipa hollow ini dengan harga mulai dari Rp14 ribuan hingga Rp25 ribuan.

Fungsi Besi Hollow

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari besi hollow yang perlu Anda ketahui.

1. Furniture Industri

Salah satu fungsi dari besi pipa hollow yaitu untuk membuat furniture dengan konsep industrial. Jika akan digunakan untuk kebutuhan furniture, memakai pipa hollow dengan ukuran 36 x 36 mm saja sudah cukup bagus.

2. Railing Pagar

Pipa Hollow juga dapat Anda gunakan untuk membuat pagar atau railing pagar. Anda dapat memakai pipa hollow berukuran 40 x 40 mm hingga 50 x 100 mm dengan ketebalan 1,6 mm pada penampangnya.

Sementara untuk jari-jarinya bisa menggunakan ukuran 20 x 40 mm dengan ketebalan 1,2 mm.

3. Railing Tangga

Anda tidak hanya bisa menggunakan pipa hollow untuk railing pagar saja, namun juga untuk railing tangga. Untuk kebutuhan railing tangga dan pagar sebaiknya gunakan jenis pipa hollow galvanis karena rentan terkena korosi.

Biasanya pipa hollow yang dipakai untuk railing tangga berukuran 30 x 60 mm dengan ketebalan 1,6 mm untuk bagian pegangan dan tiangnya. Sementara untuk jari-jarinya bisa memakai pipa hollow dengan ukuran 20 x 40 mm dengan ketebalan 1,2 mm.

4. Rangka Plafon

Kebanyakan orang saat ini memakai pipa hollow untuk membuat rangka plafon. Ketimbang plafon yang terbuat dari kayu, plafon yang terbuat dari besi pipa hollow cenderung lebih kuat dan tahan lama.

Ukuran pipa hollow yang dipakai untuk rangka plafon biasanya berukuran 40 x 40 mm.

Baca juga: 3 CARA MENGETAHUI AVR GENSET RUSAK DAN MENGATASINYA

Itulah perkiraan harga pipa hollow yang bisa Anda jadikan referensi. Namun perlu diperhatikan bahwa harga di atas mungkin saja berbeda untuk di setiap tokonya. Bahkan untuk tahun depan harganya akan berbeda meskipun tidak begitu signifikan.

Untuk mendapatkan pipa hollow, Anda bisa membelinya di toko terdekat. Misalnya untuk Anda yang ada di Surabaya bisa membelinya di Dua Putra Petir. Perusahaan ini jual berbagai jenis bahan bangunan, termasuk jual besi beton SNI dengan harga terjangkau.


Author

%d bloggers like this: