Indonetwork, Elektronik Perkembangan zaman dengan era teknologi yang semakin canggih ini, visual tempat usaha sebagai media promosi offline menjadi andalan bagi setiap pebisnis untuk manggai pada calon konsumen. Konsumen biasanya akan melihat penampilan toko dari berbagai referensi baik secara langsung maupun melalui sosial media, sebelum hendak mengunjunginya. Jika dekorasi toko terlihat menarik biasanya konsumen akan tertarik dan merasa nyaman berada di tempat tersebut.

Lalu bagaimana huruf timbul sebagai media promosi luar ruang dapat mempengaruhi minat konsumen?

Apa itu Huruf Timbul

Huruf timbul adalah papan reklame dengan huruf atau logo yang terlihat seperti bentuk 3D dalam ukuran besar maupun sedang. Biasanya tulisan ini terlihat lebih menonjol dibanding alas peletakannya, sehingga perannya dalam sarana promosi luar ruang akan berfungsi dengan jelas bagi pengunjung yang melihatnya dari kejauhan.

Terkadang di Jakarta dan sekitarnya, pembuatan huruf timbul sedang marak digunakan bagi fasilitas publik maupun cafe karena suatu tempat akan terlihat lebih menarik dan aesthetic, selain itu pembuatan huruf timbul juga ada yang menggunakan lampu neon di sekelilingnya untuk mendapatkan kesan lebih menarik, namun ada juga yang hanya memesan huruf timbul dengan tampilan polos yang lebih elegan. Huruf timbul murah sendiri terbuat dari beberapa pilihan material seperti akrilik, galvanil, galvanis, stainless, kayu, maupun jenis material lainnya, yang digunakan sebagai sebuah identitas mengenai apa yang ada di lokasi tersebut.

Trend Cafe Pakai Neon Sign di Jakarta

Baca juga: TREND CAFE PAKAI NEON SIGN DI JAKARTA

Tujuan Memasang Huruf Timbul di Jakarta

Hadirnya media promosi luar ruang yang menggantikan fungsi banner, terkesan klasik dan tidak aesthetic bagi konsumen milenial zaman sekarang. Sehingga semakin berkembangnya teknologi, memberikan angin segar bagi pelaku bisnis khususnya dibidang kuliner dan jasa lainnya.

Berikut beberapa fungsi pemasangan huruf timbul yang menjadi keunggulan media promosi luar ruang:

1. Persuasif

Apa itu Kalimat Persuasif dan Contohnya ? Ketahui Ciri-Ciri Kalimat  Persuasif dan Pengertiannya - Tribunpontianak.co.id
Sumber : pontianak.tribunnews.com

Huruf timbul sebagai media persuasif harus dapat menciptakan kesan pada calon konsumen, dengan kata lain orang yang melihat huruf timbul sebagai logo pembuka merek dapat memberikan anggapan, kesan dan pandangan terhadap suatu perusahaan. Logo yang terpampang harus memberikan deskripsi kepada target pasar mengenai apa yang mereka jual dan bagaimana segmentasinya.

2. Branding

Huruf timbul sebagai media branding harus mampu membangun identitas dari bisnis Anda seperti nama perusahaan, karena huruf timbul dipasang pada lokasi yang pastinya dapat diakses dengan jelas oleh masyarakat. Pemasangan huruf timbul juga dapat menjadi sarana toko untuk memperkenalkan mereknya pada masyarakat lebih luas, semakin besar dengan panduan warnanya yang menarik logo perusahaan terpasang maka sarana komunikasi yang dilakukan akan semakin efektif.

Apa itu Huruf Timbul
Sumber: Pienters

3. Trusted

4 Trusted Stamp (PNG Transparent) | OnlyGFX.com
Sumber : www.onlygfx.com

Terpasangnya huruf timbul pada lokasi usaha Anda, menyatakan bahwa Anda serius dalam mengelola bisnis dan memberikan dampak kepada masyarakat yang lebih percaya terhadap kualitas dari produk yang Anda berikan.

4. Promosi Jangka Panjang

Jenis Promo Bikin Laris Manis
Sumber : www.aturtoko.id

Tidak seperti  brosur atau banner, pemasangan huruf timbul juga dapat dijadikan media promosi jangka panjang, karena umumnya huruf timbul lebih tahan lama, awet dan kuat terhadap cuaca. Ukurannya yang cukup besar, membuat pemasangannya pun dibuat secara permanen, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya promosi secara berulang.

Pemasangan huruf timbul yang umum digunakan para pelaku usaha di berbagai kota besar seperti Jogjakarta, Bandung, Jakarta, Bali, Surabaya dan lain sebagainya memberikan dampak positif bagi pelaku usaha karena semakin terkenalnya suatu brand dan semakin ramainya pengunjung yang merasa penasaran dengan dekorasi yang dibuat lebih menarik.

Huruf timbul yang digunakan sebagai sarana iklan yang dapat meningkatkan kredibilitas dan citra perusahaan harus dibuat dengan memiliki presisi yang tepat serta nilai estetika tinggi supaya dapat terlihat profesional dan menarik. Umumnya pemasangan media ini dilakukan pada gerbang, ruang resepsionis atau pintu masuk hotel, mall, restoran, kantor, dan bangunan lainnya dengan ukurannya yang besar supaya jelas terlihat.

Bahan yang Digunakan Pada Huruf Timbul

Beberapa bahan yang umum digunakan sebagai media promosi huruf timbul di Jakarta pada area luar ruangan, yaitu:

1. Bahan Stainless Steel

Stainless Steel: Definisi Dan 4 Macam Jenis Stainless Steel | INDONUSA
Sumber : indonusa-conblock.com

Huruf timbul yang terbuat dari stainless steel memiliki bahan yang awet dan cocok untuk ditempatkan di luar ruang. Selain itu warna perak yang dihasilkan dari bahan stainless steel menampilkan kesan yang kokoh sekaligus cukup futuristik saat dilihat.

Bahan stainless sendiri memiliki beberapa variasi, yakni stainless biasa, stainless mirror, dan stainless hairline. Di antara ketiganya, jenis mirror merupakan jenis plat yang paling mahal dan memberi kesan mengilat seperti kaca, dan jenis hairline biasanya masih akan menimbulkan garis-garis tipis satu arah pada permukaan plat.

2. Bahan Galvanil

Harga Plat Besi Galvanil Tebal 0.6mm | ASIA Jaya Steel
Sumber : betonbesibaja.com

Bahan ini hampir sama dengan stainless steel, namun tidak punya sifat anti karat yang cukup baik, sehingga warna galvanis timbul cenderung lebih gelap dan tidak mengkilap Anda perlu melakukan proses finishing yang dapat dipoles dengan spray painting atau cat.

Galvanis merupakan jenis logam yang terbuat dari campuran seng dan besi sehingga memiliki kekuatan yang lebih baik dibandingkan seng biasa serta bahan yang agak kaku.

3. Bahan Acrylic

Mengenal Akrilik, Jenis, Kelebihan, dan Harga Terbaru
Sumber : www.rumah.com

Akrilik merupakan bahan seperti fiber yang terbuat dari perpaduan polimer dan plastik. Sifat utama bahan ini adalah transparan seperti kaca, tetapi Anda dapat menemukan akrilik berwarna putih susu, hitam, atau yang lainnya.

Material acrylic merupakan bahan dasar yang paling umum digunakan karena pembuatannya paling fleksibel hanya direkatkan menggunakan lem saja.

Biasanya bahan jenis ini akan dikombinasikan dengan lampu LED sebagai penerangnya sehingga akan terlihat lebih menarik jika dipasang di luar ruang saat malam hari. Terdapat dua jenis acrylic yaitu berbahan bening dan putih susu, dengan pilihan material yang berisi solid ataupun kopong. 

4. Bahan Kuningan

Jual Plat Kuningan 0.2mm (36cm x 120cm) - CV. Timur Sarana Persada -  Surabaya , Jawa Timur | Indotrading
Sumber : m.indotrading.com

Material huruf timbul yang terbuat dari bahan plat kuningan biasanya memberikan kesan lebih eksklusif dan tahan lama pada rangkaian huruf, sehingga tidak heran jika harganya pun lebih mahal dibanding material huruf timbul lainnya. Bahan kuningan sendiri cukup rentan akan proses oksidasi yang justru membuatnya berwarna hitam. Maka dari itu, untuk menjaga warnanya awet, plat peru diberikan coating khusus. Biasanya pemasangnya pun dilakukan hanya pada tempat yang eksklusif saja.

5. Bahan Kayu

Jenis huruf timbul yang terbuat dari kayu biasanya memiliki harga yang lebih murah dan kualitas yang lebih lemah jika diletakkan pada luar ruangan karena materialnya yang tidak cukup kuat terhadap terpaan cuaca dan tidak tahan lama. Fungsi huruf timbul dari kayu akan memberikan kesan yang lebih klasik dan sebaiknya digunakan pada dekorasi dalam ruangan untuk mempercantik interior bukan sebagai media promosi offline.

Cara Pesan Huruf Timbul

Jika Anda membutuhkan huruf timbul murah yang terpasang pada lokasi bisnis Anda, untuk media promosi luar ruang, maka JAV Adv merupakan jasa pembuatan huruf timbul murah di Jakarta dengan pilihan yang tepat, kualitas terpercaya dan harga yang cukup bersaing.

Sebelum Anda memesan huruf timbul untuk media promosi, pastikan Anda telah melakukan konsultasi dengan pihak penyedia jasa kebutuhan dan anggaran yang dimiliki. Tenang saja karena JAV Adv dapat memberikan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda.  Setelah proses pemasangan selesai pihak JAV Adv akan memberikan cara mudah merawat huruf timbul agar tidak cepat rusak.

 

Editor : Muhammad Riva Ibnu Safwan

Author

Enable Notifications OK No thanks