Industrial hygiene merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan oleh setiap industri untuk menghindarkan pekerja dari bahaya. Adanya kebersihan industri akan meningkatkan produktivitas proses produksi dan menghindarkan pekerja dari cidera di tempat kerja. Oleh karena itu, perusahaan harus mempunyai sistem yang baik untuk merancang kebersihan industri demi kelancaran produksi dan kesehatan pekerja di dalamnya.

Apa itu Industrial Hygiene

Dilansir dari Harvard School of Public Health, industrial hygiene atau kebersihan industri berkaitan dengan proses mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengendalikan bahaya di lingkungan tempat kerja yang nyata atau potensial yang dapat berdampak pada kesejahteraan pekerja dan anggota masyarakat.

Industrial hygiene bertujuan untuk fokus pada keselamatan pekerja dengan menerapkan pengendalian yang efektif terhadap bahaya di tempat kerja. Praktik ini melindungi karyawan dari berbagai jenis cedera dan penyakit, seperti penyakit tidak fatal, kondisi pernapasan, penyakit kulit, keracunan, gangguan pendengaran, dan cedera stres berulang.

Salah satu cara untuk mempraktikkan kebersihan industri adalah dengan mewajibkan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) untuk memperbaiki kondisi kerja, memberikan perlindungan pernapasan, dan mencegah pekerja terhadap paparan bahaya.

Baca juga: Daftar Alat Instrumentasi Industri yang Perlu Anda Ketahui

Prinsip Dasar Industrial Hygiene

Industrial Hygiene
Sumber: Pexels

Ahli kebersihan industri, melakukan penilaian risiko untuk mengantisipasi masalah kesehatan dan keselamatan, sehingga mereka dapat membuat dan menerapkan solusi dan rencana untuk pencegahan. Berikut dasar-dasar industrial hygiene yang bisa diterapkan:

Antisipasi

Pada tahap ini, perlu adanya dokumentasi menyeluruh untuk mengetahui bagaimana posisi tempat kerja, operasi, proses, tugas kerja tertentu, bahan, hingga populasi pekerja. Antisipasi bahaya kebersihan industri ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan lembar data keselamatan.

Lembar data keselamatan berisi informasi penting tentang sifat setiap bahan kimia, berbagai bahaya, tindakan perlindungan, dan tindakan pencegahan keselamatan untuk penanganan, penyimpanan, dan pengangkutan bahan kimia yang tepat.

Identifikasi

Untuk mengenali bahaya ditempat kerja, Anda dapat menerapkan suatu sistem untuk mensurvei setiap pekerja tentang bagaimana mereka menyelesaikan pekerjaannya. Pengusaha harus mempertimbangkan tata letak tempat kerja, karena karyawan yang memiliki tempat kerja berdekatan satu sama lain, dapat menimbulkan paparan bahaya bagi mereka.

Evaluasi

Tahap evaluasi merupakan tahap penilaian apakah ada paparan yang masuk dan dapat membahayakan pekerja. Evaluasi ini biasanya dilakukan oleh ahli profesional yang berkualifikasi seperti ahli kesehatan industri. Proses ini melibatkan evaluasi risiko paparan dan menentukan siapa, apa, di mana, kapan, dan bagaimana, berdasarkan lingkungan kerja dan instrumen kebersihan industri yang diperlukan.

Kontrol

Terdapat 3 cara untuk mengurangi paparan karyawan terhadap bahaya kerja, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kontrol teknik
    Kontrol ini bertujuan untuk mengurangi atau menghilangkan bahaya pada sumbernya atau mengisolasi pekerja dari bahaya itu sendiri. Kontrol ini dilakukan dengan membatasi operasi kerja, memasang sistem ventilasi umum dan lokal, menghilangkan bahan kimia beracun, dan menggantinya dengan yang tidak beracun.
  2. Kontrol praktik kerja
    Praktik ini dilakukan dengan tujuan untuk mengamanatkan praktik kerja yang aman dan meminta pekerja untuk mengikuti prosedur yang tepat untuk meminimalkan paparan. Kontrol ini dapat dilakukan dengan menerapkan praktik tata graha di tempat kerja dan memberikan pedoman pengawasan yang baik.
  3. Kontrol administratif
    Mengatur jadwal produksi dan tugas adalah kunci untuk mengendalikan paparan bahaya karyawan. Kontrol ini dapat dilakukan dengan menjadwalkan produksi dengan paparan tinggi selama hanya beberapa karyawan yang hadir.

Konfirmasi

Langkah terakhir adalah memeriksa kinerja dari apa yang telah diterapkan. Konfirmasi proaktif melibatkan penyelidikan masalah, baik yang ada maupun yang potensial, dan menerapkan tindakan korektif yang melengkapi inisiatif program hygiene industry Anda.

Jenis-Jenis Bahaya Pada Industrial Hygiene

Industrial Hygiene
Sumber: Pexels

Terdapat beberapa bahaya yang menjadi pusat perhatian dalam kebersihan industri, diantaranya adalah sebagai berikut:

Lingkungan

Bahaya pada jenis ini seperti aerosol, serat, asap, kabut, gas, dan uap

Kimia

Jenis ini mencakup senyawa kimia berbahaya berupa padat, cair, gas, kabut, dan debu yang dapat menimbulkan efek buruk bagi kesehatan karyawan.

Biologis

Jenis bahaya biologis, bertanggung jawab atas infeksi akut dan kronis yang disebabkan oleh virus, bakteri, dan jamur yang masuk ke dalam tubuh.

Fisik

Bahaya fisik di tempat kerja seperti tingkat paparan panas, kebisingan, radiasi, dan getaran yang berlebihan.

Ergonomis

Bahaya ergonomis di tempat kerja seperti ketegangan mata, gerakan berulang, dan masalah angkat berat. Bahaya ini disebabkan oleh kondisi tertentu di tempat kerja yang disebabkan oleh perubahan teknologi dan tugas pekerjaan yang dirancang dengan buruk.

Baca juga: Jenis-Jenis Chiller dan Aplikasinya dalam Dunia Perindustrian

Implementasi Pengendalian Bahaya

Untuk mengendalikan bahaya, maka perusahaan harus memiliki prinsip dan program untuk mengambil tindakan pencegahan atau langkah yang tepat untuk melindungi kesehatan pekerja. Pengendalian tersebut dapat diwujudkan dengan melakukan penilaian ulang serta komunikasi dan dokumentasi.

Penilaian ulang dilakukan dengan melakukan tinjauan berkala menyeluruh terhadap paparan. Sementara komunikasi dan dokumentasi dilakukan dengan mendokumentasi profil paparan pekerja, penilaian paparan, hasil pemantauan, dan tindakan pengendalian bahaya.

Baca juga: Mengenal Flange JIS 10K dan Komponen-Komponen Lainnya

Jual Alat-Alat Industrial Hygiene

Bagi Anda yang membutuhkan alat-alat industrial hygiene, PT. Mitra Katiga Sejahtera adalah solusinya. PT. Mitra Katiga Sejahtera menjual alat lab penguji lingkungan standar Eropa dengan kualitas terbaik, beraneka ragam, dan harga terjangkau. Jadi, tunggu apalagi? Segera kunjungi websitenya dan buat penawaran hari ini!


Author

%d bloggers like this: