Indonetwork (Jakarta) – Kemajuan teknologi dewasa ini telah memiliki perkembangan yang sangat pesat. Memungkinkan teknologi dapat dimanfaatkan banyak kalangan untuk melakukan penjualan online .

Olejh sebab itu, melakukan penjualan secara online saat ini sudah bukanlah hal yang mengejutkan lagi, dari bisnis pada bidang jasa, sampai dengan bisnis dagang pun kini telah berbasis online (daring).

Tapi tahukah, jika dalam melakukan penjualan online, hal yang sangat lah penting adalah penempatan konten. Konten adalah hal yang ingin disampaikan untuk masyarakat luar lewat media..

Pada dewasa ini, konten penjualan online tentunya sudah bisa dibagikan melalui banyak media sosial, antara lain, Instagram, Facebook, Youtube, Twitter , dan tentunya masih banyak lagi media sosial yang bisa di gunakan. Konten yang kita buat dapat berupa foto, dan sebagainya.

Oleh sebab itu, sangat banyak yang selalu mengatakan bahwa konten adalah penentu untuk penjualan online. Ya tentu, itu betul. Karena dengan dibuatnya konten yang menarik dan berkualitas, kedepanya tentunya akan menghasilkan feedback dan juga akan meningkatkan brand value publik.

Lalu, cara seperti apakan agar kita dapat membuat konten yang baik untuk para pelaku penjualan online?

Dalam talkshow Meningkatkan Brand Awareness Melalui Konten yang Kreatif dan Inovatif, menurut Patrix Tenario (Creative Content Director, Connect Part of GroupM) setidaknya terdapat 5 kunci utama dalam membuat konten yang tepat untuk bisnis online, seperti dilansir oleh Indonetwork.co.id.

  1. Rencanakan Publikasi Publik

Dalam pembuatan konten tentunya membutuhkan perencanaan yang sangatlah matang. Merencanakan konten yang akan kita dibagikan memang sangat penting.

Apabila tidak direncanakan atau dirancang dengan baik sebelumnya, tentu akan adanya kesalahan yang pasti akan membuat semuanya hancur  berantakan.

Selalu rencanakan untuk membuat konten yang harus diunggah setiap hari, kemudian konten mingguan, serta konten bulanan.

Satu hal yang tentunya jangan sampai kita lupakan, adalah dengan melakukan analisis untuk konten yang telah dibagikan juga sangat penting. Hal ini dilakukan untuk mengetahui jumlah feedback yang dihasilkan dari konten tersebut.

  1. Tentukan Tema Konten

Perencanaan konten sudah dilakukan, maka hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah bahwa konten harus sesuai sasaran. Bagaimana membuat semua berhasil ?

Anda perlu mengetahui siapa sasaran untuk bisnis tersebut. Apakah diperuntukan bagi remaja, anak-anak, orang tua, atau lainya.

Anda tentunya tidak ingin jikalau kontenya salah target. Konten yang salah target bisa menjadi penyebab bisnis online Anda alami kesulitan di  dalam perkembangannya.

Oleh sebab itu, mengetahui target konten memang amat sangat penting. jadi. Tidak hanya itu, kita sebagai content creator, harusnya Anda juga amat perlu menempatkan diri anda berganti peran sebagai audiens agar bisa memastikan jikalau konten Anda memang tidak salah target.

  1. Gunakan Prinsip Peniruan

Anda bisa menerapkan prinsip yang terbilang cukup nyeleneh ini jika anda merasa perkembangan anda tidak berjalan mulus atau disitu situ saja dan tentunya bosan atau anda berfikir kehabisan ide untuk membuat konten.

Anda bisa menerapkan prinsip meniru kapan pun. Tapi yang harus ketahui, dalam prinsip meniru, untuk kata ‘Tiru” bukanlah mengartikan bahwa Anda mengambil konten milik orang lain dan di upload ulang.

Jika Anda melakukan hal semacam  itu, maka Anda harus bersiap untuk menerima tuntutan melanggar hak produksi.

Mudah mudahan tips ini dapat dipergunakan dengan baik, salam sukses Indonetworkers.