Teman teman pastinya sudah tidak asing dengan olahraga tenis, olahraga yang melibatkan 2 orang atau lebih ini adalah olahraga yang cukup terkenal di dunia, olahraga yang memiliki begitu banyak peminat ini adalah olahraga yang memang cukup menguras tenaga, ada beberapa komponen yang ada dalam permainan tennis seperti raket, bola tenis, net, dan juga lapangan tennis itu sendiri, untuk raket dan komponen lainya anda bisa dapatkan di toko yang menyediakan alat olahraga sedangkan lapangan tenis anda bisa sewa atau anda bisa buat sendiri lapangan nya dengan jasa pembuatan lapangan tenis.

Permainan tenis memang sudah di kenal di dunia, namun taukah anda komponen apa sajakah yang ada pada permainan tenis?
Permainan tenis sudah ada sejak abad ke 16 di eropa, permainan ini di mainkan oleh keluarga kerajaan dan juga para bangsawan, mereka memainkan tenis di lapangan yang masih berumput, tenis mencapai puncak ketenaran nya pada tahun 1874.

Dalam permainan ini ada beberapa bagian yang paling vital, yaitu lapangan tenis, bola tenis, raket dan net, bila element itu tidak lengkap maka permainan ini tidak bisa dimainkan .

Tahukah anda ada berapa jenis lapangan tenis saat ini?
Jenis lapangan tenis saat ini ada 3 yaitu grass court, hard court, clay court, ketiga jenis lapangan ini adalah lapangan yang sampai saat ini telah digunakan dalam permainan tenis.

Pada pembahasan kali ini penulis akan membahas mengenai jenis jenis lapangan tenis berikut ulasan nya :

1. Grass Court
Jenis lapangan ini adalah lapangan yang paling licin, kompetisi Wimbledon lebih sering menggunakan lapangan jenis ini .
Jenis lapangan grass court ini adalah lapangan yang memiliki kontur tanah yang tidak rata, yang akan membuat daya pantul dari bola akan menajdi rendah, namun daya pantul ini juga di pengaruhi oleh kualitas dari rumput.

Untuk biaya pemeliharaan tentunya grass court akan lebih mahal karena masih ada rumput yang harus di jaga kebersihan dan juga harus di potong serta dilakukan penyiraman air setiap harinya agar rumput tidak mati.

Kelemahan lapangan ini adalah ketika terjadi hujan lapangan akan sulit sekali untuk di keringkan karena banyak sela sela rumput yang tidak mungkin di bersihkan semua ketika hujan, namun rumput ini lebih ramah terhadap atlit karna atlit tidak akan mengalami cedera apabila terjatuh di lapangan ini, lapangan ini bisa anda buat dengan jasa pembuatan lapangan tenis.

2. Hard Court
Hard Court adalah kebalikan dari grass court, jika grass court memilki permukaan yang tidak rata dan lembut tentunya hal ini berbanding terbalik dengan hard court, lapangan ini memiliki kontur yang keras dan juga tidak di tumbuhi oleh rumput.

Lapangan ini di buat dari beton atau aspal kemudian di lapisi oleh sintetis atau kbahan kimia lain.
Karena lapangan ini lebih keras, tentunya daya pantul dari bola menjadi lebih lambat dan mudah untuk di tebak serta akan menjadi lebih tinggi daya pantulnya.

Namun daya pantul ini juga di tentukan oleh pasir dan kandungan akrilik di dalam lapisan lapangan tersebut, jika jumlah pasirnya tidak terlalu banyak maka daya pantul dari bola akan menjadi lebih cepat.

Lapangan ini sangat mudah di temui di daerah amerika utara, dan digunakan untuk pribadi atau untuk umum.

3. Clay Court
Pada perhelatan olehraga tenis international yang di adakan oleh French Open Championship clay court lah yang paling banyak digunakan.

Pada clay court kecepatan dari bola tenis akan lebih lambat dan pantulan nya akan menjadi lebih tinggi dibanding 2 lapangan di atas.

Pemeliharaan clay court ini memang lebih mahal karna garis batas dari lapangan ini mudah hilang dan harus selalu di cat kembali .
Memang biaya pembuatan clay court lebih ,murah di bandingkan dengan baiya pembuatan grass dan hard court, namun lapangan ini harus dipelihara lebih baik dan sering di banding 2 lapangan sebelumnya.

baca Juga: 5 Dampak positif playground pada anak

Lapangan ini berwarna antara hijau dan juga biru, dan lapangan ini di buat dari material batuan beku atau kita kenal dengan basal yang di hancurkan, ketiga lapangan ini bisa anda buat sendiri dengan memakai jasa pembuatan lapangan tenis.

Ulasan tadi adalah jenis jenis lapangan tenis yang harus anda ketahuai, mudah mudahan artikel ini bisa membantu anda dalam menentukan lapangan tenis mana yang lebih anda minati dalam melakukan permainan tenis, ketiga lapangan di atas bisa anda buat dengan memakai jasa pembuatan lapangan tenis, hubungi PT Jaya Persada Nusantara di nomor telepon 0816 4824 4272 untuk info lebih lanjut.


Enable Notifications    OK No thanks