Bermain di playground tentu saja akan memberikan dampak positif bagi anak. Tumbuh kembang si anak juga akan lebih cepat karena banyak permainan yang tersedia.

Bermain di playground ternyata tidak hanya bisa membuat si kecil senang, namun tumbuh kembangnya juga akan meningkat. Dalam sebuah penelitian yang berjudul The Benefits of Playground, bermain di playground bisa meningkatkan perkembangan kognitif, emosi, sosial, maupun motorik anak.

Di playground biasanya akan terdapat berbagai macam permainan yang berbeda-beda. Misalnya ada wall sensorik yang dapat meningkatkan kemampuan sensorik si anak. Mereka bisa merasakan tekstur dari suatu benda yang berbeda-beda.

Dampak Positif Bermain di Playground Bagi Anak-Anak

Banyak muncul stigma bahwa bermain di playground masih berbahaya karena sulit untuk mengawasi si kecil, apalagi si kecil juga mudah terpapar penyakit akibat terlalu banyak sosialisasi bersama teman-teman lainnya. Namun, bermain di playground atau taman bermain memiliki manfaat sendiri loh bagi si kecil! Berikut ini dampak positif membiarkan anak-anak bermain di playground yang perlu Anda ketahui.

1. Bersosialisasi Sekaligus Bermain Bersama

Playground merupakan tempat umum bermain bagi anak-anak. Mereka bisa  bermain dengan teman-temannya maupun dengan memainkan aneka permainan yang tersedia di playground.

Kondisi seperti ini ternyata memberikan manfaat untuk si anak, salah satunya perkembangan kognitifnya meningkat. Mereka akan belajar banyak hal dengan berbagai aneka permainan yang ada dan banyak bersosialisasi dengan teman-temannya.

2. Mengasah Kemampuan Bahasa

Ketika akan diajak bermain bersama anak-anak yang lain, si kecil biasanya akan lebih semangat dan saling berbicara dengan yang lainnya. Hal ini ternyata sangat bagus untuk menstimulasi kemampuan belajar bicara anak.

Anda bisa menuntun Anda untuk berbicara atau mengucapkan kata-kata yang sulit diucapkan ketika ngobrol dengan teman sebayanya. Karena biasanya mereka akan bermain satu sama lain dan meminta mainan yang ingin mereka pegang.

Disinilah peranan ibu sangat penting karena bisa memberikan pelajaran cara meminjam mainan yang baik. Anda juga bisa mengajarkan terima kasih ketika mendapatkan pinjaman mainan dari teman sebayanya.

Baca Juga: 4 Karakteristik Rumah yang Disukai Walet

3. Belajar Mendisiplinkan Anak

Aturan di setiap playground Indonesia kurang lebih sama. Anak-anak biasanya harus memakai kaos kaki dan jangan sembarangan membawa makanan dan minuman ke playground. Kecuali jika Anda bermain di outdoor playground yang biasanya tidak ada lantai khusus.

Peraturan seperti itu tentu saja tidak akan mudah diikuti oleh anak. Banyak dari mereka yang ingin membawa makanan dan minuman ke dalam playground. Ketika hal itu terjadi, Anda sebagai ibu jangan langsung mengikuti kemauan si anak.

Anda harus mengajarkan si kecil untuk disiplin dan mengikuti aturan yang ada di playground. Perlihatkan ke sekitarnya kalau teman sebayanya juga tidak ada yang memakai kaos kaki maupun membawa makanan dan minuman ke playground.

4. Mengajarkan Menjaga Diri

Ketika sudah memutuskan untuk bermain di playground, berikanlah kebebasan bagi si anak untuk bergerak. Jangan selalu mengikutinya dan batasi ruang geraknya.

Anda tidak perlu khawatir karena permainan yang ada di playground sudah dirancang sedemikian rupa supaya tidak membahayakan keselamatan anak. Namun sebelumnya Anda harus memberikan pengertian terlebih dahulu supaya berhati-hati dan tidak boleh melukai orang lain.

Anda harus meyakinkan kalau Anda selalu berada disana dan siap membantu jika memerlukan bantuan. Dengan begitu, si kecil bisa tetap menjaga dirinya sendiri. Dia juga akan belajar supaya tahu bagaimanakah dirinya bisa aman dan menghindari bahaya.

5. Kemampuan Problem Solving Makin Terasah

Di dalam arena playground biasanya akan terdapat berbagai mainan yang memerlukan strategi. Misalnya adalah permainan halau rintang yang memerlukan keberanian dan cara tepat untuk melewati jembatan jaring-jaring.

Secara tidak langsung hal ini mengasah kemampuan anak untuk menyelesaikan masalah yang dimulai dari hal kecil. Namun jika mereka memerlukan bantuan, segeralah untuk membantunya.

Itulah beberapa dampak yang diberikan kepada anak ketika bermain di playground. Anda tidak perlu khawatir dengan aneka permainan yang ada di sana. Karena ketika pembuatan playground, permainan tersebut sudah dirancang sedemikian rupa supaya aman bagi anak-anak.

 


Enable Notifications    OK No thanks