Sebelum membuat rumah, tentu banyak hal yang mesti Anda persiapkan salah satunya material bangunannya seperti besi. Berfungsi sebagai pondasi, besi punya peranan yang sangat penting. Banyak jenis besi untuk rumah yang harus Anda persiapkan di awal.

Jenis besi yang harus Anda siapkan itu ada berbagai macam sesuai dengan kebutuhannya. Dan setiap jenis besi itu dijual dengan harga yang berbeda-beda. Dengan begitu Anda bisa memperkirakan berapa biaya yang diperlukan untuk membangun rumah.

Jenis Besi Untuk Rumah yang Harus Disiapkan

Berikut ini adalah beberapa jenis besi yang harus Anda persiapkan sebelum membangun rumah.

1. Besi Beton

Jenis besi beton yang biasa digunakan untuk bangunan rumah adalah besi bertulang. Besi ini digunakan sebagai pondasi dalam sebuah bangunan termasuk rumah.

Ada dua jenis besi beton yang tersedia di pasaran yaitu model besi ulir dan besi polos. Keduanya juga sangat berperan penting dalam konstruksi rumah, terutama sebagai pondasi. Namun jenis besi beton berulir banyak dipakai untuk konstruksi bangunan.

2. Pipa Besi

Besi yang satu ini terbuat dari baja dan Anda juga akan sering menemuinya di toko-toko bangunan. Pipa ini memiliki permukaan khas yaitu berwarna hitam.

Harga untuk pipa besi ini tergolong cukup mahal mulai dari Rp122 ribu sampai Rp4 jutaan. Ukuran besi pipa terkecil adalah 2,63 mm dan terbesarnya adalah ukuran 7,80 mm.

3. Besi Siku

Besi ini digunakan pada tangga, rak besi, atau menara air. Intinya, pembangunan yang mempunyai sudut pasti akan memerlukan besi siku. Jenis besi ini mempunyai sudut kemiringan sebesar 90 derajat.

Besi siku ini tersedia dalam berbagai variasi mulai ukuran 2 cm sampai 5 cm. Untuk harganya sendiri juga bervariasi mulai dari Rp8.200 sampai Rp10 ribu per kilogram.

4. Beli Hollow

Besi Hollow merupakan besi yang mempunyai bentuk kotak dan rongga kosong di tengahnya. Jenis besi ini terbuat dari baja yang dicampurkan dengan galvanis supaya tidak mudah berkarat. Kemudian untuk permukaannya dilapisi dengan seng dan alumunium.

Jenis besi hollow ini biasanya digunakan sebagai kanopi, pagar besi, atau gerbang bangunan. Harga untuk besi hollow dengan panjang 6 meter berkisar Rp71 ribu hingga Rp500 ribuan.

5. Besi CNP

Besi yang satu ini memiliki model seperti huruf C yang biasa digunakan dalam konstruksi bangunan. Besi CNP ini biasanya dipakai untuk kebutuhan rangka atap.

Harga untuk besi CNP dengan panjang 6 meter dijual sekitar Rp95 ribu hingga Rp250 ribuan. Perbedaan harga itu sendiri ditentukan oleh tipe dan ketebalan besinya itu sendiri.

6. Besi UNP

Selain besi CNP, Anda juga perlu mempersiapkan besi UNP yang juga biasa dipakai untuk bagian atap atau penopang dinding. Banyak tukang las yang menggunakan besi ini untuk membuat rangka.

Harga untuk besi UNP cenderung lebih mahal dibandingkan dengan jenis besi CNP. Harga besi UNP dengan ukuran 6 meter bisa mencapai Rp1,1 juta tergantung dari ketebalan dan jenis besinya itu sendiri.

Baca juga: Jenis & Fungsi Besi Baja Dalam Kontruksi Bangunan

7. Besi Wire Mesh

Besi ini juga perlu dipersiapkan sebelum membangun rumah. Fungsi utama dari jenis besi ini yaitu untuk menguatkan dak beton dan peranannya sangat krusial.

Tidak mengherankan kalau jenis besi ini dijual dengan harga yang lebih mahal. Namun pastikan untuk membeli besi wiremesh yang sudah punya label SNI supaya aman ketika digunakan.

Harga besi yang telah kami jelaskan di atas dijual dengan harga yang bervariasi. Harga besi Surabaya dan daerah lainnya juga akan berbeda, terutama dengan bukan kota-kota besar.

Salah satu perusahaan yang jual besi Surabaya adalah Aneka Steel Teknik. Perusahaan ini juga besi murah Surabaya yang bisa Anda pertimbangkan.

Itulah beberapa jenis besi yang harus Anda persiapkan sebelum membuat rumah. Untuk kebutuhan material besi saja tentu saja Anda harus memerlukan budget yang cukup besar.