Indonetwork, Peralatan Industri – Mesin logam memiliki peran penting dalam industri manufaktur. Mesin tersebut bertugas sesuai dengan jenisnya seperti menggunting, memotong, mengebor, memukul, menggiling, dan menekan. Secara umum, mesin logam juga mesin baja ringan adalah mesin pemotong atau pembentuk logam yang digerakkan oleh tenaga yang digunakan untuk mengubah benda kerja ke ukuran dan bentuk yang diinginkan dengan memotong bagian yang tidak diinginkan, proses mesin listrik yang terkontrol bekerja dengan cara pengepresan, penyegelan, penarikan, atau pergeseran. Mesin logam dioperasikan secara manual atau dengan kontrol otomatis. Ada berbagai macam peralatan mesin  yang meliputi peralatan mesin pemotong logam, peralatan mesin pembentuk logam, dan peralatan mesin lainnya termasuk mesin baja ringan murah. Mesin pemotong logam termasuk – bubut, mesin bor, mesin penggilingan, mesin gerinda, dan lain-lain. Pada artikel yang membahas berbagai jenis peralatan mesin pemotong logam ini juga akan disampaikan mengenai rekomendasi produsen jual mesin baja ringan murah.

Jenis-jenis Mesin Logam / Baja Ringan

1. Bubut

Mesin bubut adalah alat mesin pemotong logam yang memutar benda kerja pada suatu sumbu rotasi untuk membuat suatu benda yang simetris terhadap sumbu tersebut. Dengan alat pemotong bubut, berbagai operasi seperti pemotongan bawah, alur, knurling, pembubutan polos dan langkah, menghadap, threading, pengeboran, pemotongan, pembentukan, chamfering, reaming, pengarsipan dan pemolesan, pembubutan lancip dilakukan. Berbagai jenis alat potong bubut diperlukan dalam operasi yang berbeda dalam pekerjaan mesin bubut.

Jenis-Jenis Mesin Bubut Berdasarkan Dimensinya

  1. Mesin Bubut Ringan
  2. Mesin Bubut Sedang (Medium Lathe)
  3. Mesin Bubut Standar (Standard Lathe)
  4. Mesin Bubut Meja Panjang (Long Bed Lathe)

Jenis Mesin Bubut Berdasarkan Prinsip Kerjanya

  1. Mesin Bubut Centre Lathe
  2. Mesin bubut sabuk
  3. Mesin Bubut Vertical Turning & Boring Milling
  4. Mesin Bubut Facing Lathe
  5. Mesin Bubut Turret
  6. Mesin Bubut Turret Jenis Sadel
  7. Mesin Bubut Turret Vertikal

Baca Juga: MENGENAL PROSES BENDING PLAT DAN RESIKONYA

2. Mesin Drill

Salah satu proses pemesinan yang paling kompleks adalah mesin drill. Gabungan pemotongan dan ekstrusi logam pada tepi pahat di tengah bor adalah karakteristik utama mesin bor, yang membedakannya dari operasi pemesinan lainnya. Salah satu mesin yang paling umum dan berguna yang digunakan di industri untuk memproduksi lubang pembentuk dan penyelesaian di tempat kerja adalah mesin drill. Sistem kerja berbeda yang dapat dilakukan oleh mesin drill ini adalah reaming, boring, drilling, tapping, lapping, counterboring, countersinking, grinding, spot facing, dan trepanning. Mulai dari mesin portabel sederhana hingga mesin otomatis yang sangat kompleks dan dikontrol secara numerik, tersedia berbagai macam mesin bor.

  1. Mesin drill portable
  2. Mesin drill sensitif
  3. Mesin drill tegak
  4. Mesin drill radial
  5. Mesin spindle
  6. Mesin drill otomatis
  7. Mesin drill lubang dalam

3. Mesin Milling

Mesin Ini adalah salah satu jenis alat pemotong logam yang memotong logam saat benda kerja diumpankan ke pemotong multipoint yang berputar. Karena tepi tajam yang banyak, pemotong berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi dan memotong logam dengan kecepatan yang sangat cepat. Mesin pemotong logam ini juga dapat menahan pemotong tunggal atau ganda secara bersamaan. Oleh karena itu, mesin milling merupakan salah satu mesin terpenting di bengkel. Semua operasi dapat dilakukan dengan akurasi tinggi, di mesin ini. Mesin milling ini memiliki permukaan akhir yang lebih baik dan akurasi yang baik. Dan itulah alasan mengapa mesin milling memiliki aplikasi yang luas dalam pekerjaan produksi.

Berbagai jenis operasi mesin milling adalah gear milling, form milling, side milling, profile milling, plain milling, face milling, gang milling, end milling, saw milling, milling keyways, grooves and slot, straddle milling, angular milling, thread milling, cam milling, dan helical milling. Sedangkan jenis-jenis mesin milling sendiri adalah sebagai berikut:

  1. Tipe kolom dan lutut
  2. Tipe manufaktur (Bed type)
  3. Tipe planar
  4. Tipe khusus

Baca Juga: INGIN KERJA NYAMAN, GUNAKAN PROFESSIONAL TOOLS BERIKUT INI

4. Mesin Boring

Juga disebut pembubutan internal, pemboran digunakan untuk meningkatkan diameter dalam lubang. Dengan mesin boring, kita dapat mencapai 3 hal – ukuran, kelurusan, dan konsentrisitas. Operasi pembubutan yang terjadi bersamaan dengan pembubutan eksternal juga dapat ditemukan pada pemboran. Namun, pilihan pahat sangat dibatasi oleh diameter dan panjang lubang benda kerja, dengan pembubutan internal atau pemboran. Seperti kebanyakan peralatan mesin lainnya, mesin bor juga dapat diklasifikasikan dalam beberapa tipe yaitu mesin bor horizontal, vertikal, presisi, dan jig.

5. Mesin Grinding

Dibandingkan dengan peralatan mesin standar lainnya di industri manufaktur, mesin gerinda atau grinding telah lebih maju dalam konstruksi, kekakuan, desain, dan aplikasi dalam dekade terakhir. Terdapat lima jenis mesin grinding yaitu surface grinders, internal grinders, cylindrical grinders, centerless grinders, dan special grinders.

6. Mesin Baja Ringan

Mesin baja ringan adalah mesin pemotong baja ringan untuk keperluan industri. Komponen-komponen yang ada dalam mesin ini yaitu panel kontrol otomatis, hydraulic oil power pack, pisau otomatis tanpa west dan pisau pemotong west, serta uncoiler coil. 

Rekomendasi Mesin Baja Ringan Murah

Mesin jenis pemotong baja di pasaran ini berkisar antara 100.000.000 rupiah hingga 200.000.000 rupiah. Harga tersebut tentu saja dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada harga komponen atau bahan penyusunnya dan permintaan pasar. namun, Anda bisa mendapatkan mesin baja ringan murah pada PT. Karya Usaha Sukses. Tidak hanya baja ringan, perusahaan tersebut juga menyediakan mesin potong baja lainnya untuk daerah di seluruh Indonesia.

Author

Enable Notifications OK No thanks