Indonetwork, Peralatan Industri – Kemajuan dunia industri saat ini dapat semakin dirasakan masyarakat. Kegiatan industri bukan hanya memerlukan sumber daya manusia yang baik, namun dibutuhkan juga peralatan serta infrastruktur yang memadai. Salah satu komponen yang paling umum dari beragam kebutuhan infrastruktur tersebut adalah stainless steel. Berbagai industri membutuhkan adanya daftar harga stainless steel terbaru. Industri otomotif, food and beverage, kimia farmasi, heat exchangers, hingga industri minyak dan gas memerlukan daftar tersebut terutama karena mereka menggunakan pipa stainless steel.

Gambaran Umum Pipa Stainless Steel

daftar harga stainless steel 304
Sumber: Nipponsteel.com

Pipa stainless steel adalah jenis pipa yang populer digunakan di berbagai industri. Hal ini dikarenakan pipa jenis  ini menggunakan bahan yang efektif dan kokoh. Stainless steel adalah jenis baja paduan yang komponen utamanya adalah besi dan mengandung  sekitar 10% kromium. Baja tahan karat memiliki bahan campuran lain seperti karbon yang membentuk struktur besi-ke-baja. Chromium sendiri membantu meningkatkan pencegahan karat pada  baja kelas ini. Selain campuran karbon, beberapa bahan kimia lain juga  ditambahkan ke dalam pipa stainless steel seperti Nikel dan molibdenum.

Baca Juga: Pipa Seamless: Karakteristik dan Metode Pembuatannya

Jenis Pipa Stainless Steel Berdasarkan Bentuk dan Tekstur

daftar harga hollow stainless
Sumber: Savoypipingimc.com

1. Pipa Ornamen

Pipa ini memiliki karakteristik permukaan halus dan mengkilat. Pipa jenis ini sering digunakan sebagai material bangunan dan konstruksi bangunan mewah. Pipa ini dianggap memiliki keindahan tersendiri.

2. Pipa Hollow

Pipa hollow atau besi hollow merupakan material konstruksi berbentuk kotak dengan rongga di bagian tengah sehingga sering dianggap juga sebagai pipa. Sebagaimana bentuknya, pipa ini juga disebut dengan pipa kotak. Pipa ini berbentuk kotak sehingga terlihat menarik dan lebih modern. Pipa ini sering digunakan dalam bangunan dengan konsep minimalis dan futuristic yang memanfaatkan bentuk pipa yang menarik.

3. Pipa Bulat

Pipa ini memiliki bentuk seperti pipa pada umumnya yang bulat. Pipa bulat lebih variatif dan memiliki beragam jenis ukuran dibanding dengan pipa lainnya. Pipa ini cocok dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan tiap pelaku industri.

4. Pipa Dove

Pipa dove memiliki karakteristik yang cukup berbeda dengan pipa lainnya. Pipa ini memiliki tekstur yang buram atau tidak mengkilap. Namun, pipa ini masih lebih variatif dibanding dengan pipa hollow dan pipa ornamen.

5. Pipa Elbow

Pipa ini memiliki karakteristik yakni bentuk yang agak bengkok dan melingkar. Pipa ini berperan sebagai pelengkap dan penghubung pipa yang akan disambungkan. Pipa jenis ini memiliki ukuran yang variatif, menyesuaikan dengan ukuran pipa yang beredar. Sebagai penghubung, pipa ini sangat pas untuk beragam kegiatan industri.

daftar Harga Stainless Steel dan Grade Pipa Stainless Steel

kelebihan stainless steel
Sumber: Id.misumi-ec.com

1. Stainless Steel 310S

Pipa stainless steel tipe 310S biasanya digunakan dalam kegiatan industri dengan suhu tinggi. Penggunaan pipa ini secara terus menerus dapat digunakan dalam suhu hingga 1150O C dan dalam penggunaan yang tidak teratur hingga 1895OF. Pipa tipe ini tahan terhadap oksidasi dan korosi serta diaplikasikan pada lingkungan dengan karburasi sedang. Pipa stainless steel 310 dengan spesifikasi OD 60MM/ 2″ SCH 40 X 6M dapat dijual dengan harga sekitar Rp13.000.000.

2. Stainless Steel 201

Pipa stainless tipe ini memiliki penghematan bahan produksi pada nikel. Nikel digantikan dengan penambahan bahan mangan dan nitrogen. Hal tersebut dapat dilakukan melalui pendinginan dengan kekuatan peregangan yang tinggi. Tipe 201 pada dasarnya tidak magnetik dalam kondisi anil dan dapat menjadi magnet pada suhu dingin. Biasanya tipe ini digunakan pada bagian rangka struktural yang sudah terbentuk seperti dinding dan atap untuk kereta api atau pada trailer. Pipa jenis ini tersedia mulai dari ukuran 1/2″ hingga 4″ dengan harga berkisar antara Rp150.000 hingga Rp1.250.000.

3. Stainless Steel 304

Pipa jenis ini memiliki komposisi kandungan kromium sebesar 18% dan nikel sebesar 8%. Kromium ini berfungsi untuk menyatukan oksigen di permukaan pipa dan melindungi bahan dari proses oksidasi yang nantinya memiliki efek karatan pada pipa. Komposisi nikel akan menjadikan pipa stainless bersifat lebih tahan terhadap karat. Semakin besar kandungan nikel maka semakin besar kemampuan mencegah korosi. Kandungan nikel juga membuat pipa lebih kokoh. Dengan diameter variatif sebagaimana pipa stainless steel 304, pipa ini tersedia dengan harga sekitar Rp250.000 untuk ukuran terkecil dan Rp2.000.000 untuk ukuran terbesar.

4. Stainless Steel 316L

Tipe ini mengandung kromium sebesar 16-18% dan kromium sebesar 11-14%. Tipe 316L sering digunakan dalam industri yang erat dengan proses-proses kimiawi, industri kertas, industri makanan olahan, dispensing, dan kondisi lingkungan yang korosif. Tipe 316L juga sering digunakan dalam kegiatan industri kelautan karena bersinggungan dengan kadar garam yang tinggi. Selain pada industri kelautan yang tahan terhadap korosi, tipe 31L juga diterapkan pada pemrosesan bahan kimia, alat kesehatan, dan alat penyulingan. Karena sering digunakan maka perlu untuk mengetahui daftar harga stainless steel terbaru untuk menunjang kegiatan industri Anda. Jenis pipa ini dengan ukuran 3/4″OD, ketebalan 0,120″, dan panjang 6 meter tersedia hingga harga Rp3.750.000.

Baca juga: KEGUNAAN STAINLESS STEEL LEMBARAN, BATANGAN, DAN BENTUK LAINNYA

Daftar harga stainless steel pipa tersebut mungkin saja berubah sesuai dengan ketersediaan bahan dan keadaan pasar. Anda dapat menemukan pipa sesuai kebutuhan di PT. Sinar Djaja LKS, penyedia pipa stainless steel terlengkap dan terjamin kualitasnya di kawasan Jakarta.  Perusahaan ini merupakan distributor beragam jenis pipa stainless steel yang dapat digunakan dalam beragam kegiatan industri seperti pipa stainless steel 310S, stainless steel 201, stainless steel 304, dan stainless steel 316L.

 

Author

Enable Notifications OK No thanks