Indonetwork, Peralatan Industri – Stainless steel merupakan salah satu bagian penting dari kehidupan yang modern, mulai dari hal terkecil seperti resleting hingga gedung-gedung pencakar langit. Kekuatan stainless steel untuk menghalau korosi dan perawatannya yang terbilang mudah membuatnya menjadi bahan yang ideal untuk berbagai aplikasi. Tidak heran para supplier bahan bangunan turut jual stainless steel lembaran maupun batangan ini yang juga memiliki siklus hidup panjang dan 100% dapat didaur ulang.

Di dunia ini ditemukan setidaknya 150 kelas stainless steel, 15 di antaranya biasa digunakan dalam aplikasi sehari-hari. Berbagai bentuk stainless steel lembaran, pelat, gulungan, batangan, ataupun tabung untuk digunakan dalam dunia industri dan rumah tangga. Material ini merupakan salah satu solusi yang paling efektif dalam spektrum industri yang luas seperti konstruksi, otomotif, dan lainnya.

Kegunaan Stainless Steel Lembaran, Batangan, dan Bentuk Lainnya

1. Arsitektur dan Konstruksi

Jual Stainless Steel
Sumber: Ny.curbed.com

Stainless steel pertama kali menjadi terkenal dalam konstruksi selama periode art-deco. Terkenal, bagian atas Gedung Chrysler dibangun dari material stainless steel lembaran dan beberapa bentuk lainnya.

Karena kekuatan, fleksibilitas, dan ketahanannya terhadap korosi, stainless steel sekarang umum digunakan dalam konstruksi modern. Material ini digunakan baik pada eksterior maupun interior seperti pada pegangan tangan / handle, counter tops, backsplash, dan banyak lagi.

Stainless steel juga mudah dilas. Hasil akhirnya yang menarik dan perawatan yang mudah menjadi alasan material ini ditampilkan secara menonjol dalam arsitektur modern profil tinggi termasuk Terminal Eurostar di Stasiun Waterloo London, Jembatan Helix di Singapura, dan One World Trade Center di New York.

Produsen jual stainless steel juga mendukung tren menuju pembangunan berkelanjutan atau ramah lingkungan karena material yang mereka pakai terdiri dari 90% logam daur ulang. Bukan hanya itu, stainless steel yang telah dipoles dapat membantu membawa cahaya alami ke dalam gedung, sehingga mengurangi konsumsi energi.

2. Otomotif dan Transportasi

plat stenlis
Sumber: Stanch.com

Stainless steel pertama kali digunakan dalam industri otomotif pada tahun 1930-an oleh Ford Motor Company untuk membuat berbagai mobil konsep. Dewasa ini, penggunaan stainless steel dalam industri otomotif semakin meningkat. Material ini secara tradisional digunakan dalam sistem pembuangan mobil, trim dan panggangan, tetapi standar pengurangan emisi baru dan masalah lingkungan mendorong produsen jual stainless steel untuk meningkatkan produksinya sehingga material ini juga dapat digunakan dalam komponen struktural transportasi.

Stainless steel digunakan dalam semua bentuk transportasi termasuk kontainer kapal, tanker jalan, dan kendaraan pengangkut sampah. Material ini sangat baik untuk transportasi bahan kimia, cairan, dan produk makanan. Kekuatannya yang tinggi menekan kekhawatiran meskipun bentuknya lebih tipis sehingga menghemat biaya bahan bakar. Selain itu, ketahanannya terhadap korosi mengurangi biaya pembersihan dan perawatan.

3. Medis

Stainless steel sangat ideal untuk lingkungan yang higienis karena mudah disterilkan dan tahan terhadap korosi. Material ini digunakan dalam konstruksi instrumen bedah dan gigi, meja operasi, serta peralatan medis lainnya seperti kanula, sterilisasi uap dan pemindai MRI. Implan bedah juga menggunakan stainless steel, bahkan sendi pengganti seperti pinggul buatan. Pin dan plat stainless steel digunakan untuk memperbaiki tulang yang patah agar kembali pada tempatnya.

Baca Juga: 7 ALASAN STAINLESS STEEL DIGUNAKAN DALAM BIDANG KESEHATAN

4. Energi dan Industri Berat

Industri kimia, minyak, dan gas beroperasi di lingkungan yang melibatkan panas tinggi dan zat yang sangat beracun. Nilai khusus pada stainless steel telah dikembangkan untuk digunakan dalam industri ini yang menghasilkan peningkatan ketahanan terhadap korosi pada rentang suhu yang lebih luas. Stainless steel bermutu tinggi sangat penting dalam konstruksi tangki penyimpanan, katup, pipa, dan komponen lainnya.

Baja super duplex sering digunakan karena kekuatannya yang tinggi. Kegunaan stainless steel lembaran besar yang meminimalkan pengelasan dan memaksimalkan integritas struktural. Kekuatannya yang lebih tinggi juga mengurangi kebutuhan akan dukungan struktural dan pondasi tambahan, sehingga mengurangi biaya konstruksi.

Stainless steel juga sangat penting untuk rig minyak lepas pantai. Minyak mentah sangat korosif dan rig modern dibangun dari baja paduan tinggi yang tangguh dan ringan. Teknologi energi terbarukan termasuk tenaga surya, panas bumi, hidro, dan angin juga menggunakan komponen stainless steel karena mampu menahan kerasnya lingkungan air laut yang sangat korosif.

Baca Juga: FABRIKASI TANGKI STAINLESS STEEL DAN JENIS-JENISNYA

5. Makanan dan Katering

Stainless steel lembaran digunakan dalam berbagai aksesoris dapur, peralatan makan, dan peralatan masak. Nilai baja yang kurang ulet digunakan untuk membuat bilah pisau dengan ujung yang tajam. Nilai baja yang lebih ulet digunakan untuk barang-barang yang harus dibentuk menjadi bentuk seperti kompor, pemanggang, bak cuci, dan panci. Stainless steel juga digunakan sebagai pelapis untuk lemari es, freezer, meja dan mesin pencuci piring.

Stainless steel sangat ideal untuk produksi dan penyimpanan makanan karena tidak mempengaruhi rasa makanan. Ketahanan korosi stainless steel lagi-lagi menjadi komponen penting karena beberapa makanan, seperti jus jeruk, bisa bersifat asam. Sifatnya yang mudah dibersihkan juga membantu menjaga dari kuman yang tidak diinginkan. Material ini juga penting dalam produksi es krim karena memungkinkan penggunaan produk pembersih anti bakteriologis yang kuat.

Rekomendasi Distributor Jual Stainless Steel Lembaran, Batangan, dan Bentuk Lainnya

PT. Sinar Djaja LKS jual stainless steel merupakan distributor dan stockist baja terbesar di Indonesia. Produk perusahaan ini telah dipercaya oleh pelanggan dari seluruh Indonesia dengan jaminan harga dan kualitas produk terbaik. Dengan ahli industri yang siap melayani Anda, Anda bisa mendapatkan konsultasi berdasarkan proyek yang sedang Anda kerjakan.

Author

Enable Notifications OK No thanks