Kawat Bendrat punya peranan yang cukup penting dalam konstruksi bangunan. Material ini sangat diperlukan dalam proses pengecoran yang berperan untuk pengikat. Tidak heran jika perusahaan yang jual kawat bendrat di Indonesia juga sudah banyak.

Salah satu keunggulan dari kawat yang satu ini adalah sangat kuat, namun sangat mudah untuk diatur. Oleh sebab itulah kawat bendrat banyak dipakai untuk mengikat struktur bangunan.

Fungsi Kawat Bendrat

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh kawat bendrat.

1. Pengikat

Seperti sudah kami singgung sebelumnya, kawat ini sangat bagus digunakan sebagai pengikat dalam konstruksi. Rangkaian besi dengan diameter sedang dan bersifat kaku bisa diikat dengan kawat bendrat.

Kawat bendrat juga banyak digunakan untuk mengikat komponen lainnya dalam konstruksi bangunan. Misalnya untuk mengikat rangkaian pagar baik pagar kawat, pagar besi, hingga dinding pagar beton.

2. Penahan Kerangka Kunci Balok Besi

Kawat Bendrat juga dapat Anda pakai untuk menawahan rangka bangunan yang memakai material kawat besi. Nantinya kawat ini akan dililitkan di setiap sudut rangkaian balok besi.

Jenis Kawat Bendrat

Kawat bendrat terdiri dari berbagai jenis yang pada umumnya diklasifikasikan berdasarkan ketebalannya. Selain itu harga yang tersedia di pasaran juga bervariasi. Berikut ini adalah beberapa jenis kawat bendrat yang tersedia di pasaran.

1. Kawat Bendrat BWG 21

Dibandingkan dengan jenis kawat yang lain, kawat bendrat BWG 21 dijual dengan harga yang paling mahal. Karena kawat ini mempunyai spesifikasi yang sangat bagus ketimbang kawat lainnya.

Ketebalan kawat bendrat BWG 21 sangat besar dibandingkan jenis kawat bendrat lainnya. Dengan karakteristiknya tersebut, kawat ini sangat cocok dipakai untuk mengikat struktur bangunan dengan kuat. Selain itu ketahanan yang dimiliki oleh kawat Bendrat BWG ini sangat kuat.

2. Kawat Bendrat BWG 16

Kawat Bendrat BWG 16 punya ketebalan yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis kawat bendrat BWG 21. Biasanya kawat yang satu ini dipakai untuk mengikat struktur besi polos atau berulir.

3. Kawat Bendrat BWG 8

Ketebalan yang dimiliki kawat bendrat BWG 8 jauh lebih kecil dibandingkan dengan dua jenis kawat sebelumnya. Karena mempunyai ketebalan yang tidak begitu besar, kawat ini hanya digunakan untuk mengikat besi sebelum dilakukan pengecoran saja.

Perkiraan Harga Kawat Bendrat

Kawat bendrat dijual dengan satuan yang berbeda-beda. Ada yang dijual per meter, per kilogram, dan per rol.

Anda bisa membeli kawat bendrat dengan satuan per meter jika untuk keperluan menambal kekurangan saja. Harga untuk kawat bendrat per meternya itu relatif lebih murah. Harga paling murahnya yaitu sekitar Rp2 ribu per meter.

Namun jika Anda tidak membutuhkan kawat bendrat dengan jumlah yang besar untuk konstruksi, membelinya dalam satuan per kilogram adalah pilihan yang sangat tepat.

Namun satuan per kilogram ini tidak cocok jika Anda ingin memiliki kawat bendrat dengan jumlah yang sangat banyak. Karena kami sarankan lebih baik membelinya dalam satuan per rol supaya harganya lebih terjangkau.

Baca juga: 4 Keunggulan Pipa Galvanis Untuk Sistem Perpipaan

Pemilihan kawat per rol sangat cocok untuk kebutuhan konstruksi berskala besar seperti untuk membangun gedung. Satu rol kawat bendrat ini bisa mencapai 50 kg. Sehingga Anda akan lebih irit jika menggunakan satuan per rol.

Bagi Anda yang berada di Surabaya dan sekitarnya bisa melakukan pembelian kawat bendrat di PT Baja Mas Abadi. Tapi perusahaan ini juga jual kawat bendrat secara online. Anda bisa mengaksesnya melalui laman resmi pabrikbesisurabaya.com.

Demikianlah ulasan kami kali ini mengenai kawat bendrat yang perlu Anda ketahui. Perusahaan maupun toko bangunan yang jual kawat bendrat ini sudah banyak di Indonesia. Sehingga Anda tidak akan begitu kesulitan untuk menemukannya.


Author

%d bloggers like this: