Indonetwork, ElektronikJika berada di gedung pasti akan menemukan sebuah perangkat yang bernama panel listrik. Sebetulnya perangkat ini tidak hanya ada di gedung saja, di rumah Anda juga terdapat perangkat. Karena jenis panel listrik ini sangat beragam.

Fungsi dari panel listrik sendiri yaitu untuk mendistribusikan listrik dari pusat ke konsumen sebagai pemakai. ukuran, bahan, model, dan spesifikasi dari panel listrik sangat ditentukan oleh harganya.

Jenis Panel Listrik

Berikut ini adalah ulasan kami mengenai beberapa jenis panel listrik yang biasa digunakan beserta dengan spesifikasinya. Untuk mendapatkannya, Anda bisa beli di distributor panel listrik terdekat.

1. Panel Listrik LVMDP dan LVSDP

LVMDP (Low Voltage Main Distribution Panel)berfungsi untuk memeriksa daya yang berasal dari transformator. Kemudian daya tersebut didistribusikan ke panel yang bernama LVSDP.

Fungsi dari LVSDP (Low Voltage Sub Distribution Panel) yaitu untuk mendistribusikan daya ke berbagai alat elektronik lainnya.

2. Main Distribution Panel (MDP)

Fungsi utama dari jenis panel listrik MDP ini yaitu untuk menerima dan membagikan listrik yang berasal dari LVMDP. Setelah itu mensuplaynya kembali menuju panel listrik yang selanjutnya.

Jadi jenis panel ini tidak akan disalurkan langsung ke konsumen. Tetapi dari Main Distribution Panel ini akan dilanjutkan ke panel listrik yang selanjutnya.

3. Sub Distribution Panel (SDP)

Sub Distribution Panel (SDP) menggunakan Moulded Case Circuit Breaker (MCCB). Fungsi dari perangkat ini yaitu untuk mendistribusikan listrik yang berasal dari panel LVMDP.

4. Panel Synchronizing

Panel ini terdiri dari dua atau lebih genset yang dapat dioperasikan baik secara manual maupun otomatis. Panel Synchronizing ini juga dikenal dengan istilah panel synchron genset.

Setiap genset yang terdapat pada panel synchronizing ini juga mempunyai kapasitas yang bervariasi. Fungsi dari genset sendiri yaitu untuk menerima beban secara bersama-sama dan dapat dipakai sesuai dengan kebutuhan.

5. Panel Level Control

Jenis panel listrik yang satu ini juga dikenal dengan istilah Water Level Control (WLC). Panel ini dioperasikan dengan cara memanfaatkan energi listrik sebagai motor listrik. Energi tersebut nantinya digunakan untuk memompa air.

Sebagian besar industri pompa air menggunakan jenis panel WLC. Bahkan tak sedikit juga rumah tangga yang menggunakan jenis panel listrik ini.

Fungsi utama dari WLC ini yaitu untuk mengontrol tangki penampungan supaya sesuai dengan kapasitas air. Pada panel ini sudah dilengkapi dengan pelampung yang fungsinya untuk menentukan batas air di dalam penampungan.

Karena ada pelampung, Anda tidak perlu khawatir tabungnya penuh. Karena panel secara otomatis akan langsung mati ketika airnya sudah penuh.

6. Panel KWH

Panel KWH berperan sebagai tempat berkumpulnya beberapa KWH secara sekaligus. Manfaat lainnya dari jenis panel listrik ini yaitu untuk mengukur daya yang digunakan oleh bebannya masing0masing.

Panel KWH ini biasanya akan digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang sudah berskala besar.

7. Panel Capacitor Bank

Biasanya panel yang satu ini berperan sebagai penurun ampere dengan beban motor. Daya induktif pada motor juga bisa dihilangkan dengan panel listrik ini. Sehingga motor yang Anda gunakan akan tetap stabil, dingin, dan hemat pemakaian listrik.

8. Panel Genset AMF ATS

Fungsi dari panel AMF (Automatic Main Failure) ini yaitu untuk menghidupkan genset secara otomatis jika terjadi pemadaman listrik dari pihak PLN. Sementara ATS (Automatic Transfer Switch) berfungsi untuk menutupi aliran listrik dari PLN dan membuka suplay secara otomatis.

9. Panel Change Over Switch

Fungsi panel listrik ini yaitu untuk memutus sambungan aliran arus listrik yang berasal dari pusatnya langsung. Perangkat ini dapat dioperasikan secara manual maupun otomatis.

Itulah beberapa jenis panel listrik yang bisa digunakan dalam berbagai industri. Perangkat ini tentu sangat penting untuk mengontrol daya listrik dari sumber listrik ke konsumen. Sekarang sudah banyak perusahaan yang jual panel listrik, misalnya panel listrik bekasi yaitu Trafoindonesiamurah.com yang menawarkannya dengan harga terjangkau.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks