Jenis Pipa Besi – Pipa banyak dikenal sebagai alat untuk mengalirkan air, tapi sebenarnya fungsinya tidak hanya itu saja. Jenis pipa besi banyak digunakan untuk berbagai keperluan seperti pagar rumah, penyangga rumah, dan rangka plafon. Terlebih jenis pipa besi juga sangat beragam.

Salah satu alasan kenapa banyak orang yang lebih memilih pipa besi dibandingkan pipa lainnya adalah ketahanannya. Pipa besi memiliki kandungan anti karat, sehingga akan membuatnya bisa tahan terhadap korosi. Jadi jangan heran jika pipa ini tetap awet meskipun dibiarkan bertahun-tahun.

Mengenal Jenis Pipa Besi Di Pasaran

Jika Anda sudah tertarik ingin menggunakan pipa besi untuk keperluan rumah maupun bangunan lainnya, ada beberapa jenis yang bisa Anda gunakan, sebagian besar sudah tersedia di pasaran. Berikut ini beberapa jenis pipa bisa yang bisa Anda gunakan.

1. Pipa Hollow

Kebanyak orang sering menyebut pipa ini sebagai pipa kotak karena bentuknya seperti kotak. Jika Anda akan membuat pagar rumah atau gerbang, jenis pipa ini bisa Anda gunakan.

Tetapi sebagian besar orang menggunakan pipa besi hollow ini untuk plafon atau kanopi rumah. Dibandingkan dengan rangka kayu, penggunaan pipa ini sebagai plafon tentu jauh lebih menguntungkan.

Menggunakan pipa hollow untuk plafon tentu saja merupakan langkah yang tepat dibandingkan menggunakan kayu. Karena pipa ini tidak akan mudah lapuk dimakan usia. Bahkan sangat kuat terhadap korosi, jadi tidak akan berkarat meskipun bertahun-tahun.

Berbeda dengan kayu, pipa hollow juga sangat kuat terhadap api. Jadi rumah Anda akan terhindar dari bahaya kebakaran.

Anda bisa memperoleh Pipa besi hollow disini.

2. Pipa Ductile

Jenis pipa ini lebih banyak digunakan sebagai alat untuk menyuplai air. Seiring berjalannya waktu, kualitas dari pipa ini juga semakin baik untuk berbagai keperluan. Pipa Ductile ini sangat kuat, awet, dan tahan terhadap karat.

Sekarang ini pipa ductile juga sudah tersedia dalam berbagai jenis. Padahal pada awalnya hanya memiliki satu jenis saja, tapi sekarang sudah tersedia dalam berbagai diameter yang berbeda.

Karena memiliki diameter yang berbeda-beda, kini pipa ductile juga lebih efektif digunakan sebagai sambungan jika terjadi gempa. Tekanan yang datang dari luar tidak akan membuat sambungan pipa patah. Tapi justru akan memuai dan melengkung.

3. Pipa Seamless

Berbeda dengan pipa ductile, pipa seamless justru tidak memiliki sambungan. Pipa ini dibuat dengan cara melubangi silinder, sehingga nantinya akan dihasilkan pipa yang utuh.

Ketika akan membeli pipa ini, pastikan untuk melihat sisi bagian dalamnya. Pastikan memiliki permukaan yang mulus dan tidak memiliki bekas sambungan. Jika ada bekas sambungan, Anda harus mulai curiga.

Daya tahan dari pipa seamless ini juga tidak perlu diragukan lagi. Bahkan untuk nilai jualnya juga tergolong lebih tinggi dibandingkan pipa besi welded yang selanjutnya akan kamu ketahui.

Anda bisa memperoleh Pipa besi seamless disini.

4. Pipa Besi Welded

Pada awalnya pipa ini hanya sebuah pelat yang kemudian dilengkungkan dan dilas menjadi pipa. Karakteristik dari pipa besi welded ini adalah terdapat garis memanjang yang merupakan sambungan dari pelat tersebut.

Pembuatan pipa besi welded ini harus dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang sudah bersertifikasi. Karena jika dibuat dengan sembarangan, daya tahannya tidak akan lama. Karena penentu kualitas dari pipa ini adalah terletak pada sambungannya.
Pipa besi welded dengan kualitas buruk akan membuat pipanya menjadi bocor. Bahkan bisa berujung pada ledakan dan kebakaran.

Anda bisa memperoleh Pipa besi welded disini.

5. Pipa Oval

Siapa bilang pipa besi hanya tersedia dalam bentuk kotak atau silinder saja. Di pasaran Anda juga akan menemukan pipa besi berbentuk oval. Jenis pipa ini banyak digunakan dalam industri furnitur, otomotif, bahkan fashion.

Knalpot motor yang Anda pakai terbuat dari pipa besi oval. Kursi dan meja yang saat ini Anda gunakan untuk membaca artikel ini juga terbuat dari pipa besi oval. Jadi fungsi dari pipa besi oval ini sangatlah beragam.

Baca juga: 3 Jenis Pompa Hirdrolik Paling Populer

6. Pipa Galvanis

Pipa Galvanis banyak dipakai untuk konstruksi bangunan, drainase, dan interior ruangan yang bergaya industrial. Daya tahan dari pipa ini tentu saja tidak perlu dipertanyakan lagi.

Jangan heran kalau sekarang ini juga telah banyak orang yang menggunakan pipa galvanis sebagai pagar rumah. Karena pipa ini sangat kuat terhadap karat meskipun tanpa perawatan.

Anda bisa memperoleh Pipa besi galvanis disini.

7. Pipa ERW

Pipa Electric Resistance Welded (ERW) dibuat dengan cara dilas menggunakan las listrik. Pembuatan tersebut dengan cara memanfaatkan ketahanan dari masing-masing permukaan logam.

Biasanya pipa ini digunakan untuk saluran air bersih, saluran uap, konstruksi dan tiang pancang bangunan. Bahkan juga ada industri-industri besar seperti minyak gas dan bumi yang menggunakan pipa ERW berjenis API SPEC 5CT.

PIPA_BESIDari ketujuh jenis pipa besi di atas, Anda tinggal sesuaikan dengan kebutuhan. Pastikan untuk membeli besi yang berkualitas tinggi dan sudah berstandar SNI supaya lebih aman ketika digunakan.

(Bahan Bangunan – Indonetwork)