Penggunaan shipping container saat ini telah banyak digunakan oleh berbagai industri di Indonesia. Biasanya istilah container ini selalu identik dengan pengiriman barang dengan jumlah besar-besaran. Jenis shipping container juga beragam yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Body dan desain container juga disesuaikan dengan jumlah barang yang akan ditampung. Selain itu container ini juga sangat kuat karena harus tahan terhadap air laut dan guncangan besar.

Shipping container ini tentu saja sangat penting untuk membantu pengiriman antar industri di Indonesia. Karena logistik merupakan nyawa supaya proses produksi bisa berjalan dengan semestinya.

Barang yang ada di dalam container ini juga sangat beragam mulai dari bahan organik seperti tanaman dan hewan ternak hingga bahan bangunan seperti besi.

Jenis Shipping Container

Shipping container yang ada di Indonesia sekarang ini sudah beragam. Berikut ini adalah beberapa jenis shipping container yang biasa digunakan di Tanah Air.

1. Open Top Container

Jenis container ini mempunyai atap convertible yang bisa dihilangkan. Shipping container ini punya bukaan di bagian atasnya, sehingga akan mempermudah Anda untuk mengambil barang yang ada di dalamnya.

Biasanya container ini bisa disimpan di helikopter. Sementara untuk ketinggiannya bervariasi mulai dari 20 kaki hingga 40 kaki.

2. Tunnel Container

Jenis Tunnel Container mempunyai bukaan di kedua sisi depan dan belakangnya. Jika diperhatikan, jenis shipping container ini hampir mirip seperti lorong yang dapat mengeluarkan barang dari dua sisi yang searah.

Tunnel Container ini mempunyai ukuran yang panjang seperti halnya lorong. Namun untuk ketinggiannya tetap yaitu hanya 20 kaki saja.

3. Open Side Container

Open Side Container menyediakan pintu sisi sampingnya yang bisa dibuka secara lebar. Sehingga jenis shipping container ini memiliki ruangan yang lebih luas untuk penyimpanan bahan-bahan.

Jenis Open Side Container ini biasanya dipakai untuk memuat muatan besar yang sangat sulit untuk dipotong atau dibongkar. Peralatan berat untuk bangunan biasanya akan diangkut di dalam container yang satu ini. Sehingga lebih leluasa untuk penyimpanannya.

4. Double Door Container

Sesuai dengan namanya. Double Door Container mempunyai dua pintu yang membuatnya dapat lebih luas untuk bongkar bahan. Bahan bangunan seperti baja dan besi akan diangkut dengan menggunakan container yang satu ini.

Ketinggian dari shipping container yang satu ini hanya terdapat dua varian yaitu 20 kaki dan 40 kaki saja.

5. Container Kulkas

Suhu yang ada di dalam container kulkas ini bisa diatur dan selalu mempunyai suhu yang rendah. Container Kulkas biasanya dipakai untuk pengiriman bahan-bahan organik yang mudah terurai seperti sayuran, buah-buahan, dan daging.

6. Tank Container

Jenis container ini biasanya digunakan untuk membawa bahan-bahan cair. Container ini terbuat dari baja yang sangat kuat dan tahan terhadap korosi. Sehingga tank container bisa digunakan dengan waktu yang sangat lama.

7. Cargo Stroll Container

Jenis Cargo Stroll Container juga sering disebut dengan kontainer lipat. Container ini dapat digunakan untuk mengangkut set atau tumpukan bahan.

Cargo Stroll Container terbuat dari besi wiremesh yang tebal dan kuat. Bahkan sudah dilengkapi dengan katrol supaya proses pemuatan dan pembongkaran barang menjadi lebih mudah.

Baca juga: Keunggulan Penggunaan Container Cafe & Harganya

Itulah beberapa jenis shipping container yang biasa digunakan di indonesia. Penggunaan shipping container perlu diperhatikan, terutama bahan yang akan dimuatnya. Kemudian disesuaikan dengan jenis container yang digunakan supaya barang bisa sampai dengan aman.

Salah satu perusahaan yang kami rekomendasikan untuku membeli shipping container adalah Kontainer Nusantara. Perusahaan ini tidak hanya jual shipping container, namun juga jenis container lainnya seperti container office dan container cafe.

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks